Surat Pembaca
Shopee

Pemberhentian Fitur Gratis Ongkir Seller Sepihak

Sabtu, 5 Mei 2018 | 10:25 WIB

Saya merupakan seller aktif di Shopee dengan ID sparklingbeautyid. Pada bulan Maret 2016 saya ditawari oleh sales Shopee untuk bergabung menjadi seller di marketplace Shopee dengan salah satu iming-imingnya akan mendapatkan fitur 'free ongkos kirim (ongkir)' untuk semua pembeli barang di toko saya yang berbelanja dengan nominal tertentu.

Saat itu saya dijanjikan fitur tersebut akan terus aktif selama saya memenuhi syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh Shopee. Merasa tertarik dengan hal tersebut, saya memutuskan untuk bergabung dengan Shopee sebagai seller. Namun belakangan ini (pertengahan April 2018), beberapa calon pembeli di toko saya menanyakan perihal fitur free ongkir karena mereka tidak mendapatkan potongan ongkir walaupun sudah berbelanja degan minimum nominal yang seharusnya berhak atas free ongkir tersebut.

Alangkah terkejutnya saya ketika saya cek ternyata oleh Shopee fasilitas free ongkir toko saya telah diakhiri tanpa pemberitahuan apapun, sedangkan fitur tersebut masih dilanjutkan di Shopee untuk toko-toko lainnya. Padahal performa toko saya seperti yang tertera di aplikasi Shopee sendiri tertulis ‘Sangat Baik’ dan tidak pernah melakukan pelanggaran peraturan.

Saya sudah menghubungi Customer Service Shopee pada tanggal 30 April 2018 untuk menanyakan masalah ini dan dijawab oleh saudara Rully bahwa fitur free ongkir tidak diberikan karena saya belum melakukan verifikasi sebagai seller ke Shopee. Padahal saya sudah pernah melakukan registrasi KTP ke Shopee untuk diproses sebagai Star Seller satu tahun yang lalu (yang mana hingga sekarang pendaftaran sebagai Star Seller tersebut juga belum jelas statusnya).

Akhirnya saya melakukan registrasi ulang kembali, tapi ternyata hingga saat ini belum ada perkembangan dan toko saya masih belum mendapatkan free ongkir kembali. Proses keluhan lewat customer service berbelit-belit, lama dan tanggapan yang diberikan sepotong-sepotong sehingga tidak jelas. Hingga tanggal 5 Mei, belum ada jawaban jelas dari Shopee mengenai pengaktifan kembali fitur free ongkir untuk toko saya. Mohon bantuan Shopee supaya fitur free ongkir di toko saya segera diaktifkan kembali dan pendaftaran saya sebagai Star Seller segera dituntaskan.

Sebagai seller yang sudah bergabung dengan Shopee selama lebih dari 2 tahun dan selalu taat dengan segala syarat dan ketentuan Shopee, saya merasa kecewa karena tanpa fitur free ongkir dan Star Seller toko saya akan sulit berkompetisi secara adil dengan toko-toko lainnya. Terima kasih atas perhatiannya.

Dennis Kurnia
Taman Meruya Ilir Blok D 12 No. 3, Jakarta Barat
Kirimkan Surat Anda
Login atau Register terlebih dahulu untuk mengirim surat Anda. Lihat syarat dan ketentuan di sini.
Surat Pembaca
Lihat Semua
Tanggapan Lain
Lihat Semua
TRAVELOKA & CIMB NIAGA
Kecewa Dengan Pelayanan Traveloka dan CIMB
Lazada Indonesia
Saldo Ditahan dan Toko Ditutup oleh Lazada
Lazada Indonesia
Kecewa Akun Seller Center Lazada Dibatasi, Dikenakan Pelanggaran dan Banding Ditolak
Panin Dai-Ichi Life
Lamanya Proses Klaim Asuransi Kematian Panin Dai-Ichi Life
First Media
Sulitnya Proses Berhenti Layanan Televisi First Media