Surat Pembaca
XL Axiata

Paket Dihentikan Tanpa Pemberitahuan

Sabtu, 23 Maret 2019 | 22:34 WIB

Saya adalah pelanggan setia XL Prabayar sejak tahun 2004. Pada 2017 lalu, saya ditugaskan di daerah tambang yang kebetulan tidak ada sinyal untuk provider XL. Karena kondisi tersebut, saya pun tidak mengisi pulsa kartu XL tersebut karena sama sekali tidak dapat digunakan. Kemudian, kartu XL tersebut pun hangus. Kartu tersebut adalah kartu seluler pertama saya, sehingga saya merasa keberatan jika berganti dengan nomor lainnya. Oleh karena itu, saya pun menghubungi pihak XL untuk meminta solusi agar saya bisa mendapatkan kembali nomor pada kartu yang hangus tersebut.

Pada akhirnya, saya mendapatkan kembali nomor tersebut dengan berlangganan XL Prioritas. Saya pun berlangganan paket Prio GO Gold seharga Rp150.000,- per bulan dengan kuota 25GB, ditambah dengan paket Prio Apps Komplit yang seharusnya Rp50.000,- per bulan saya mendapat harga Rp40.000,- per bulan karena saya berlangganan otomatis (layanan secara otomatis diperpanjang).

Belum genap 1 tahun berlangganan XL Prioritas, saya dibuat kecewa. Seharusnya, dengan berlangganan paket Prio Apps Komplit, saya mendapatkan akses unlimited ke Youtube, Netflix, Iflix dan beberapa situs lainnya tanpa mengurangi kuota utama yaitu 25GB. Beberapa bulan berjalan, tidak ada masalah dalam penggunaan paket tersebut. Semua paket otomatis diperpanjang. Akan tetapi, pada Maret 2019, paket tersebut tidak diperpanjang secara otomatis. Tidak ada pula notifikasi bahwa paket tersebut dihentikan. Saya tersadar paket tersebut tidak aktif ketika melihat kuota utama yang hanya tersisa 7GB.

Saat ini, saya sudah mengaktifkan kembali paket Prio Apps Komplit. Akan tetapi, rasa kecewa saya belum hilang dengan adanya peristiwa di atas. Saya merasa dirugikan karena paket dihentikan tanpa adanya pemberitahuan. Saya sudah berusaha menghubungi pihak XL melalui Facebook. Admin XL di Facebook mengarahkan saya untuk menghubungi via Twitter. Admin XL di Twitter memberikan pertanyaan yang berputar-putar. Setelah itu, saya pun dibuatkan laporan oleh Admin XL di Twitter. Akan tetapi, laporan tersebut hanya untuk membantu saya mengaktifkan kembali paket Prio Apps Komplit. Padahal, upaya pengaktifan paket sudah saya lakukan melalui Aplikasi MyXL Postpaid. Saya berulang kali menjelaskan kepada Admin XL di Twitter bahwa yang saya permasalahkan adalah tidak adanya pemberitahuan dari pihak XL ketika paket dihentikan. Padahal saya sudah memilih berlangganan otomatis. Melalui surat pembaca ini, saya berharap pihak XL bersedia menanggapi keluhan saya.

Triwira
Jl. Jalak VI No. 66 RT.001/025, Kel. Palangka, Kec. Jekan Raya, Palangkaraya
PT XL Axiata Tbk

Paket Dihentikan Tanpa Pemberitahuan

Jumat, 26 April 2019 | 17:32 WIB

Menanggapi keluhan pelanggan atas nama Bapak Triwira melalui Kompas.com tanggal 23 Maret 2019 berjudul, “Paket Dihentikan Tanpa Pemberitahuan”, kami telah menghubungi pelanggan yang bersangkutan untuk menindaklanjuti permasalahan yang terjadi. Selanjutnya telah kami pulihkan layanan kepada pelanggan sesuai dengan paket yang dipilih sebelumnya. Selain itu, kami juga telah mengembalikan kuota utama milik pelanggan yang telah terpakai sejak paket mengalami kendala. Bapak Triwira telah menerima penjelasan dan solusi yang kami sampaikan sehingga permasalahan atau keluhan dianggap telah terselesaikan dengan baik.

Peningkatan kualitas layanan akan terus dilakukan dan perhatian Bapak Triwira merupakan acuan bagi kami untuk memberikan layanan yang lebih baik lagi di masa mendatang. Atas keluhan yang terjadi, tidak lupa kami sampaikan permohonan maaf.

Demikian tanggapan kami. Untuk informasi mengenai layanan XL, silakan menghubungi 817, 021 57959817/08170817707 dari telepon lainnya, mengunjungi XL Center terdekat, e-mail ke customerservice@xl.co.id, atau melalui Twitter @myXLCare. 

Atas perhatiannya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat kami,

Tri Wahyuningsih - Group Head Corporate Communication
Graha XL, JL.Dr.Ide Anak Agung Gde Agung Lot E4-7 No. 1, Kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, 12950
Surat Pembaca
Lihat Semua
Indosat
Tidak Bisa Berpindah Dari Paket Bundling
Indihome
Deposit Sudah Dibayar, Pemasangan Belum Dilakukan
Bank BRI
Tagihan Transaksi Tidak Sesuai, Kartu Kredit Belum Dinormalkan
Indomaret
Tidak Jelas Tanggal Expired E-Voucher
LG Elektronik
Sudah 6 Bulan Service Namun Kulkas Tak Kunjung Berfungsi
Tanggapan Lain
Lihat Semua
Blibli
Pengalaman Buruk Belanja Online di Blibli dengan Kode Promo
JD.ID
Pesanan Minta Dilanjutkan Namun Dibatalkan Sepihak
JNE
Barang Tidak Dikirim Tepat Waktu
PT Telkom Indonesia Tbk
Berkali-kali Koneksi Internet Tidak Lancar
Smartfren
Berkali-kali Kuota Smartfren Hilang