Surat Pembaca
Tokopedia

Sebulan Lebih Saldo Refund di Tokopedia Tidak Bisa Ditarik

Selasa, 2 April 2019 | 20:24 WIB

Melalui surat pembaca ini saya ingin menyampaikan masalah transaksi yang saya alami di Tokopedia. Sekitar tanggal 19 dan 21 Februari 2019, saya melakukan order pembelian di Tokopedia  dan transaksi sukses dengan metode pembayaran menggunakan kartu debit.

Namun transaksi saya dibatalkan secara otomatis oleh sistem pada 22 Februari 2019 karena Penjual tidak merespon pesanan dalam waktu 1×24 jam terhitung sejak pembayaran diverifikasi.

Dana refund sebesar Rp 17.300.000 kembali ke saldo Tokopedia saya. Selanjutnya, saya segera menarik dana tersebut ke rekening saya, pada 22 Februari 2019. Namun saldo tersebut ditahan hingga sekarang oleh pihak Tokopedia.

Saya sudah mengirimkan pesan ke tim bantuan Tokopedia melalui aplikasi langsung dan juga Twitter. Pertama, respon dari mereka sangat bagus, mereka mengatakan bahwa kendala sedang dicek oleh tim fraud, mohon kesediaannya untuk menunggu, dan akan dikabari lagi selanjutnya melalui email.

Setelah saya menunggu cukup lama, sekitar 2 mingguan. Saya kembali menanyakan tentang proses pengecekan oleh tim fraud tersebut. Jawabannya sama, dimohon untuk menunggu lagi. Saya tunggu lagi sekitar 2 minggu, namun tidak ada kabar juga.

Saya kembali melayangkan pertanyaan ke pihak bantuan Tokopedia. Lagi-lagi, jawabannya sama, disuruh menunggu lagi. Jadi, sampai kapan saya harus menunggu? Tidak ada penjelasan dari pihak Tokopedia. Sampai sekarang saya sudah menunggu selama 40 hari. Terkesan kendala ini diabaikan oleh pihak Tokopedia.

Rudy Halim
Jl. Kina No. 08 RT. 001 RW. 001 Tangkerang Utara, Bukit Raya
Kirimkan Surat Anda
Login atau Register terlebih dahulu untuk mengirim surat Anda. Lihat syarat dan ketentuan di sini.
Surat Pembaca
Lihat Semua
Tanggapan Lain
Lihat Semua
TRAVELOKA & CIMB NIAGA
Kecewa Dengan Pelayanan Traveloka dan CIMB
Lazada Indonesia
Saldo Ditahan dan Toko Ditutup oleh Lazada
Lazada Indonesia
Kecewa Akun Seller Center Lazada Dibatasi, Dikenakan Pelanggaran dan Banding Ditolak
Panin Dai-Ichi Life
Lamanya Proses Klaim Asuransi Kematian Panin Dai-Ichi Life
First Media
Sulitnya Proses Berhenti Layanan Televisi First Media