Surat Pembaca
Tokopedia - Grab

Kecewa dengan Pelayanan Tokopedia dan Grab

Minggu, 7 April 2019 | 13:49 WIB

Saya melakukan pembelian barang pada 5 April 2019 dengan nomor invoice INV/20190405/XIX/IV/293733198. Seharusnya barang dikirim pada hari yang sama, namun hingga hari berakhir barang belum juga diambil dari toko penjual. Padahal status barang sudah diantarkan ke rumah saya oleh pengemudi Grab.

Nomor telepon pengemudi Grab tidak pernah bisa dihubungi. Kemudian saya berkomunikasi dengan penjual dan melakukan komplain resmi pada hari yang sama, yakni pada pukul 17.40 WIB. Komplain masuk ke Pusat Resolusi Tokopedia. Kemudian komunikasi berlanjut via customer service, yang intinya meminta saya untuk menunggu resolusi dari Pusat Resolusi Tokopedia.

Pada 6 April 2019 pagi, informasi dari pusat resolusi adalah pihak Tokopedia akan melakukan penggantian pengemudi Grab. Namun hingga sore tidak ada perubahan status pengiriman sama sekali. Sementara komplain saya hanya ditanggapi secara pasif oleh Customer Service Tokopedia. Saya hanya diinformasikan untuk menunggu hingga 8 April 2019 pukul 14.43 WIB.

Pada hari yang sama pukul 16.30 WIB, saya memberi ultimatum untuk membatalkan pesanan jika barang masih belum diantar hingga batas waktu, yakni 7 April 2019 pukul 12.00 WIB. Setelah ada ultimatum itu, barulah Pusat Resolusi Tokopedia memberikan solusi. 

Solusinya adalah mencoba melakukan pengiriman kembali pada 7 April 2019 pukul 09.00 WIB. Namun hingga 7 April 2019 pukul 13.38 WIB barang masih juga belum diambil dari toko penjual. Padahal status pengiriman sudah dikirim ke rumah saya oleh pengemudi Grab.

Tidak ada satupun cara yang bisa saya lakukan untuk melakukan komplain kembali. Melalui Customer Service Tokopedia hanya dijawab oleh bot. Melalui Pusat Resolusi Tokopedia, mereka tidak menyediakan fitur agar saya dapat kembali mengajukan komplain. Melalui Grab pun, tidak ada fitur untuk melakukan komplain. Demikian keluhan dari saya untuk pelayanan Tokopedia dan Grab.

Jimmy Hannytyo
Jl. Teratai III No.16 RT. 002 RW. 013, Rawa Badak Utara, Koja
Kirimkan Surat Anda
Login atau Register terlebih dahulu untuk mengirim surat Anda. Lihat syarat dan ketentuan di sini.
Surat Pembaca
Lihat Semua
Tanggapan Lain
Lihat Semua
TRAVELOKA & CIMB NIAGA
Kecewa Dengan Pelayanan Traveloka dan CIMB
Lazada Indonesia
Saldo Ditahan dan Toko Ditutup oleh Lazada
Lazada Indonesia
Kecewa Akun Seller Center Lazada Dibatasi, Dikenakan Pelanggaran dan Banding Ditolak
Panin Dai-Ichi Life
Lamanya Proses Klaim Asuransi Kematian Panin Dai-Ichi Life
First Media
Sulitnya Proses Berhenti Layanan Televisi First Media