Surat Pembaca
Indihome

Survey Robot yang Sangat Mengganggu Privasi

Selasa, 23 April 2019 | 09:48 WIB

Saya adalah pelanggan Indihome. Sejak 18 April 2019 nomor HP saya yang terdaftar di Indihome selalu diteror dengan survey robot kepuasan pelanggan dari 021-1500 600. Saya ikuti alur surveynya pada panggilan yang pertama, namun ternyata masuk terus panggilan-panggilan selanjutnya.

Jumat, 5 April 2019, saya adukan masalah tersebut via akun Twitter @telkomcare. Jawaban customer service selalu sama, akan diprioritaskan dan diperbaiki, namun faktanya sampai hari ini saya masih dapat teror survey tersebut. Saya follow up setiap hari, namun jawabannya selalu sama dan tidak ada perbaikan.

Saya masih terus dihubungi untuk melakukan survey hingga kemarin tanggal 22 April 2019. Saya memutuskan untuk menghubungi Customer Service 147, namun hasilnya masih sama. Tidak ada perubahan dan saya tetap dihubungi.

Tanggal 23 April 2019 saya komplain kembali melalui 147, jawabannya tetap sama dan normatif, akan di-follow up untuk diperbaiki. Faktanya, beberapa menit setelah komunikasi terakhir saya dengan 147, survey robot itu kembali menelepon saya.

Total telepon survey dari 021-1500 600 mencapai 55 panggilan dalam waktu 6 hari dan terus berlanjut. Sekitar 9-10 panggilan dalam satu hari. Sangat mengganggu dan melanggar privasi saya.

Saya sudah berusaha untuk bertahan dengan upaya komunikasi yang kooperatif bersama Customer Service Twitter ataupun 147, namun tidak adanya perkembangan positif membuat saya gusar dan marah. Karena survey ini terus merusak privasi dasar saya di waktu-waktu yang ada.

Sampai kapan teror ini berlanjut? Sampai kapan privasi saya diganggu? Sudah 6 hari sejak aduan pertama masih belum ada perbaikan sama sekali.

Haekal Rasyid
Jl. Prabu Siliwangi No. 69, Perumnas III, Tangerng
Telkom Regional II Jakarta

Survey Robot yang Sangat Mengganggu Privasi

Kamis, 16 Mei 2019 | 16:19 WIB

Terimakasih kepada kompas.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Bapak Haekal Rasyid pada tanggal 23 April 2019 terkait keluhan, "Survey Robot yang Sangat Mengganggu Privasi".

Menanggapi surat pembaca Bapak Haekal Rasyid perihal keluhan tersebut, kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan pelayanan Telkom yang Bapak rasakan.

Menindaklanjuti keluhan Bapak Haekal Rasyid, kami telah melakukan pengecekkan pada system yang mensupport perangkat 1500620 ( bukan 1500600 seperti yang disampaikan Bapak Haekal ) memang telah terjadi gangguan teknis. Namun demikian gangguan ini telah dapat kami atasi dan perbaiki sehingga sudah kembali normal. Hal ini telah kami konfirmasikan dengan Bapak Haekal, dan saat ini sudah tidak ada lagi panggilan masuk dari nomor 1500620 ke pesawat di rumah Bapak Haekal.

Demikian disampaikan, atas perhatian dan kepercayaan Bapak kepada Telkom kami ucapkan terimakasih.

Hormat kami,

Retno Isro Wardhani - Public Relation Telkom Regional II Jakarta
Graha Merah Putih, Lantai 1, Jl.Gatot Soebroto Kav.52, Jakarta
Surat Pembaca
Lihat Semua
Bank BNI
Lebih dari 14 Hari Uang Tertelan Saat Setor Tunai, Hingga Kini Belum Ada Kabar
J&T express
Kiriman Barang Sesama di Surabaya Tak Kunjung Sampai
Indosat
Sudah 2 Minggu Sim Card Masih Belum Aktif
LinkAja
Belum Diberikan Cash Back dari Festival LinkAja
PT. Benelli Anugerah Motor Pusaka
Kecewa Plat Nomor dan STNK Belum Diterima
Tanggapan Lain
Lihat Semua
JNE
Dijanjikan Sehari Sampai, Hingga Kini Belum Ada Informasi
Bank BNI
Tagihan Transaksi Kartu Kredit Terlambat 9 bulan
XL Axiata
Sinyal XL dan Axis Hilang
XL Axiata
Hati-Hati dengan Penawaran Promo Telemarketer
PT XL Axiata
Sinyal 3G dan 4G Hilang, Digantikan Sinyal 2G