Surat Pembaca
BRI

Transfer Kliring Gagal, Dana Belum Juga Kembali ke Rekening

Rabu, 7 Oktober 2020 | 10:38 WIB

Saya nasabah tabungan BRI dengan nomor rekening 0633010003XXXXX. Pada 1 Oktober 2020 sekitar pukul 09.05 WIB, saya melakukan transfer kliring ke BCA dengan nominal Rp 80 juta dan saya mendapatkan informasi melalui email bahwa transaksi gagal.

Pada hari yang sama, saya menghubungi call center BRI, dan diterima oleh Ibu Keti. Kemudian dibuatkan laporan dengan nomor 30853262, dan diproses.

Pada 2 Oktober 2020, saya mendapat notifikasi SMS dari BRI dengan informasi sebagai berikut "Yth. Nasabah BRI, kami informasikan pengaduan Bapak/Ibu nomor 30853262 terhadap transaksi yang gagal telah diselesaikan dan uang telah dikembalikan ke rekening. Terima kasih"

Setelah menerima SMS tersebut, saya langsung cek saldo rekening saya. Ternyata dana belum masuk ke rekening saya.

Saya kembali menghubungi call center BRI dan dibantu oleh Bapak Lukman. Beliau mengatakan dana akan dikembalikan maksimal pada Senin, 5 Oktober 2020 dikarenakan saya telah menerima SMS pengembalian dana.

Setelah menunggu sampai dengan tanggal yang diinformasikan. Ternyata dana belum juga masuk ke rekening.

Saya kembali menghubungi call center BRI dan dibantu oleh Ibu Rica. Beliau mengatakan agar saya menunggu selama 1 x 24 jam terlebih dahulu. Saya kembali menunggu sampai batas waktu yang diinformasikan. Namun, dana tidak juga masuk ke rekening saya.

Pada 6 Oktober 2020, saya kembali menghubungi call center BRI dibantu oleh Ibu Ine. Beliau mengatakan bahwa ada kendala jaringan dan belum dapat dijanjikan kapan pengembalian dana ke rekening saya.

Pada 7 Oktober 2020, saya kembali menghubungi call center BRI dan dibantu oleh Ibu Nindi. Hasil dari percakapan dengan beliau adalah menunggu 4 sampai dengan 6 hari setelah menerima SMS, tepatnya pada 8 Oktober 2020.

Jika di tanggal 8 Oktober dana masih belum masuk ke rekening, silahkan hubungi kembali  call center BRI untuk ditindaklanjuti atau dibuatkan nomor laporan yang baru. Call center hanya dapat menginformasikan sejauh mana proses berjalan, sedangkan untuk penyelesaian dilakukan oleh back office.

Sangat mengecewakan cara kerja BRI. Saya sudah melakukan komplain berkali-kali ke call center BRI dan hasilnya nihil sampai hari ini.

Parahnya lagi SMS yang dikirimkan oleh pihak BRI pada 2 Oktober 2020 menginformasikan bahwa dana telah dikembalikan ke rekening. Kata “telah” seharusnya berarti sudah dilakukan pengembalian. 

Jika realtime, maka seharusnya saat itu juga. Jika kliring, maka maksimal 1 hari kerja. Namun, ini sudah dari 2 Oktober 2020 dan sampai hari ini 7 Oktober 2020, dana tidak juga masuk ke rekening. Apakah saat pengembalian dana, tersangkut kembali karena masalah jaringan?

Jawaban dari call center BRI juga berbeda-beda. Sangat membingungkan dan mengecewakan. Menunggu masalah ini selesai saja sudah sangat menyita waktu. Ditambah lagi harus dihadapkan dengan call center yang jawabannya berbeda-beda, sangat menguras tenaga.

Saya harap BRI benar-benar concern terhadap masalah ini dan semoga sumber daya manusia (SDM) di call center lebih diperhatikan dalam menangani permasalahan nasabah, sehingga tidak membuat nasabah bingung. Selain itu, SMS yang dikirim ke nasabah apakah melalui sistem dan kesalahan jaringan juga? Terima kasih. (IRA)

Budiman
Jl. Asia, Medan
Kirimkan Surat Anda
Login atau Register terlebih dahulu untuk mengirim surat Anda. Lihat syarat dan ketentuan di sini.
Surat Pembaca
Lihat Semua
Tanggapan Lain
Lihat Semua
TRAVELOKA & CIMB NIAGA
Kecewa Dengan Pelayanan Traveloka dan CIMB
Lazada Indonesia
Saldo Ditahan dan Toko Ditutup oleh Lazada
Lazada Indonesia
Kecewa Akun Seller Center Lazada Dibatasi, Dikenakan Pelanggaran dan Banding Ditolak
Panin Dai-Ichi Life
Lamanya Proses Klaim Asuransi Kematian Panin Dai-Ichi Life
First Media
Sulitnya Proses Berhenti Layanan Televisi First Media