Surat Pembaca
Tokopedia

Kecewa dengan Tokopedia yang Memperbolehkan Lokasi Pengiriman Berbeda dengan Lokasi Toko

Kamis, 29 Oktober 2020 | 15:45 WIB

Saya sebagai pengguna Tokopedia merasa kecewa, karena Tokopedia memperbolehkan seller untuk mengirim barang dari lokasi yang berbeda dengan lokasi atau alamat toko yang terdaftar di Tokopedia. Hal ini mengakibatkan pengiriman melewati estimasi waktu barang diterima.

Berikut kronologi permasalahan saya. Pada 21 Oktober 2020, saya memesan tiga barang dari tiga toko yang berbeda dalam rentang waktu1 jam, dan semua toko berlokasi di Jabodetabek.

22 Oktober 2020, dua barang tiba dengan baik esok harinya. Namun satu barang dengan nomor invoice: INV/20201021/XX/X/656950335 belum tiba, dan resi yang diinput tidak bisa dilacak.

23 Oktober 2020, saya konfirmasi ke seller terkait, kenapa barang belum diterima dan resi tidak bisa dilacak? Jawaban dari mereka adalah "nanti akan dibantu follow up ke JNE, toko di Jakarta tutup karena covid, dan pengiriman sementara dari cabang di Kepulauan Riau, dan butuh 3 sampai dengan 4 hari untuk menetralisir."

Sebelum melakukan pemesanan, saya pastikan bahwa saya membeli barang dari hasil searching toko dengan menggunakan fitur lokasi hanya di Jabodetabek, dan menanyakan stok secara langsung. 

Lalu kenapa pengiriman dari Kepulauan Riau? Kenapa tidak dibatalkan saja? Padahal mereka mempunyai fitur untuk melakukan itu.

Sebenarnya saya tidak masalah selama saya terima barang tersebut masih dalam estimasi waktu yang diberikan dan dikemas dengan rapi, karena pada saat pengiriman akan banyak perpindahan tangan dan rentan rusak. Barang yang saya pesan adalah motherboard/PCB.

24 Okotober 2020, mereka memperbaharui resi. Lalu saya cek, dan ternyata mereka baru menyerahkan barang tersebut pada 24 Oktober jam 4 sore. Jadi sebelumnya mereka memberikan resi JNE dummy, dan bahkan barangnya belum diterima oleh JNE (3 hari barang tertahan di seller).

25 Oktober 2020, tidak ada update. 26 Oktober 2020, barang masuk proses sortir. 27 Oktober 2020, saya bertanya ke Tokopedia Care, apakah pengiriman barang dari lokasi yang berbeda dengan lokasi atau alamat toko yang terdaftar di Tokopedia diperbolehkan? Jawaban dari tim Tokopedia Care adalah "hal tersebut diperbolehkan."

Sebagai pembeli saya merasa kecewa, karena bila lokasi pengiriman berbeda, patut diduga bahwa Tokopeda tidak berusaha dengan sungguh-sungguh untuk memenuhi estimasi waktu pengiriman yang mereka berikan.

Akhirnya saya mengajukan komplain di dalam aplikasi, dan masih harus menunggu hasil investigasi internal kurir hingga 7 hari.

28 Oktober 2020, tidak ada update. 29 Oktober 2020, jam 11.00 status barang masih dalam sortir di JNE trace.

Seandainya Tokopedia tidak memperbolehkan lokasi pengiriman barang berbeda dengan lokasi atau alamat toko yang terdaftar di Tokopedia, sudah tentu pesanan yang saya lakukan pada 21 Oktober 2020 kemungkinan bisa saya terima dengan baik pada 22 Oktober 2020.

Kepada tim Tokopedia, mohon perhatiannya untuk komplain saya di aplikasi. Barang ini saya butuhkan untuk mengejar deadline pekerjaan akhir minggu ini.

Apakah saya harus membeli motherboard lagi untuk menyelesaikan pekerjaan saya? dan bagaimana dengan motherboard yang terlambat dikirim dan menjadi tidak terpakai? (IRA)

Zaenal Arifin
Kenanga, Cipondoh, Kota Tangerang
Kirimkan Surat Anda
Login atau Register terlebih dahulu untuk mengirim surat Anda. Lihat syarat dan ketentuan di sini.
Surat Pembaca
Lihat Semua
Tanggapan Lain
Lihat Semua
TRAVELOKA & CIMB NIAGA
Kecewa Dengan Pelayanan Traveloka dan CIMB
Lazada Indonesia
Saldo Ditahan dan Toko Ditutup oleh Lazada
Lazada Indonesia
Kecewa Akun Seller Center Lazada Dibatasi, Dikenakan Pelanggaran dan Banding Ditolak
Panin Dai-Ichi Life
Lamanya Proses Klaim Asuransi Kematian Panin Dai-Ichi Life
First Media
Sulitnya Proses Berhenti Layanan Televisi First Media