Surat Pembaca
Adidas Indonesia (PT. aCommerce Solusi Lestari)

Adidas Salah Kirim Produk, Dana Refund Ongkos Kirim Hingga Kini Belum Diterima

Jumat, 15 Januari 2021 | 15:05 WIB

Pada 10 November 2020, saya membeli 4 items produk Adidas yang terdiri dari 2 buah sepatu EQT Gazelle dan 2 buah jaket hoddie. Nomor order AID20608432.

Pada 18 November, paket saya terima akan tetapi barang yang dikirim tidak sesuai dengan barang yang saya beli. Hari itu juga saya menghubungi pihak Adidas dan disarankan untuk difoto, dijelaskan kronologinya, dan barangnya dikirim kembali ke gudang Adidas.

Paket dikirim balik keesokan harinya, dan diterima oleh Adidas pada 20 November 2020. Saya sempat bersitegang karena proses refund tidak bisa dilakukan, menunggu proses quality check.

Sesuai syarat dan ketentuan (kebijakan) retur yang saya baca di website adidas.co.id, disebutkan bahwa proses quality check membutuhkan waktu maksimal 3 hari kerja setelah produk diterima, dan Adidas dapat melakukan pengembalian ongkos kirim dengan kriteria retur tertentu, misalnya – Adidas Indonesia mengirimkan produk yang salah atau produk mengalami kerusakan karena proses produksi.

Namun, pengalaman yang saya dapatkan tidak sesuai dengan ketentuan yang mereka buat. Proses quality check baru selesai dilakukan di awal bulan Desember, itu pun setelah saya komplain berkali-kali. Dana akhirnya di-refund pada 11 Desember 2020. Untuk ongkos kirim, akan dilakukan dengan transfer.

Nomor detail rekening sudah saya kirimkan pada 30 November 2020. Setiap minggu saya berkorespondensi by email dengan CS bernama April, menanyakan penggantian ongkos kirim. Jawabannya sangat standar, yaitu akan diinformasikan ke pihak terkait dan akan diusahakan secepatnya.

Awal 2021, refund ongkos kirim masih belum saya terima. Kembali dijawab akan diusahakan di minggu pertama 2021. Saat surat ini dibuat, minggu kedua Januari sudah lewat, tetapi refund belum juga saya terima.

Surat ini saya buat agar konsumen lebih berhati-hati, belajar dari pengalaman saya terkait proses retur produk dan pengembalian dana. Sebagai konsumen hanya bisa pasrah mendapatkan penggantian dari Adidas, dengan alasan sedang Work from Home, proses retur dan refund tidak bisa dipastikan waktunya. Padahal syarat dan ketentuan tertulis di website Adidas. (IRA)

Dedy Widjaja
Gg. Saleh, Cicendo, Bandung
Kirimkan Surat Anda
Login atau Register terlebih dahulu untuk mengirim surat Anda. Lihat syarat dan ketentuan di sini.
Surat Pembaca
Lihat Semua
Tanggapan Lain
Lihat Semua
TRAVELOKA & CIMB NIAGA
Kecewa Dengan Pelayanan Traveloka dan CIMB
Lazada Indonesia
Saldo Ditahan dan Toko Ditutup oleh Lazada
Lazada Indonesia
Kecewa Akun Seller Center Lazada Dibatasi, Dikenakan Pelanggaran dan Banding Ditolak
Panin Dai-Ichi Life
Lamanya Proses Klaim Asuransi Kematian Panin Dai-Ichi Life
First Media
Sulitnya Proses Berhenti Layanan Televisi First Media