Surat Pembaca
JD.ID

Permohonan Untuk Buka Blokir Kartu Kredit Belum Ada Titik Terang

Sabtu, 31 Juli 2021 | 14:15 WIB

Pada 5 Juli 2021, saya mengajukan keluhan kepada JD.id karena tiba-tiba kartu kredit Permata saya tidak bisa digunakan transaksi. Padahal saat saya konfirmasi dengan pihak bank, status kartu normal tidak ada masalah.

Kerja Customer Service JD.id sangat lambat. Menurut SOP akan direspon dalam waktu maksimal 2x24 jam. Faktanya, saya menunggu hingga satu minggu untuk direspon.

Itu pun berkali-kali hanya untuk minta bukti penunjang, dari screenshot, video sampai pertanyaan tipe dan model HP. Sementara keluhan di JD.id tidak ada kejelasan.

Pada 18 juli 2021, kartu kredit Permata juga tidak bisa digunakan di marketplace lain. Saya pun mengajukan keluhan yang serupa.

Tidak pakai lama dan permintaan macam-macam. Pada 19 Juli 2021, customer service marketplace tersebut menginformasikan bahwa kartu saya terblokir dari pihak payment gateway. Dia meminta lampiran lembar tagihan terakhir sebagai validasi untuk membuka blokir tersebut.

Pada 21 Juli 2021, keluhan saya di marketplace tersebut sudah terselesaikan dengan baik.

Kembali ke JD.id. Pada 26 Juli 2021, Customer Service JD.id Ami, telepon untuk menjelaskan bahwa kartu kredit terblokir oleh payment gateway midtrans yang digunakan oleh JD.id.

Awalnya, Customer Service Ami minta foto KTP dan kartu kredit Permata. Tentu saya keberatan karena itu data sensitif yang rawan disalahgunakan.

Akhirnya disepakati validasi cukup melampirkan lembar tagihan saja untuk membuka blokir tersebut. Bukti rekaman pembicaraan saya simpan.

Jadi, saya kirimkan screenshoot lembar tagihan kartu kredit. Hal ini sama persis dengan yang saya kirim untuk marketplace lain.

Pada 29 Juli 2021, Customer Service JD.id kembali kirim email dengan mengulang permintaan foto KTP dan kartu kredit disertai kalimat, "Jika tidak berkenan disarankan menggunakan metode pembayaran lainnya."

Padahal kesepakatan validasi cukup dengan lembar tagihan, namun ternyata diingkari oleh JD.id.

Di marketplace lain, kasus ini selesai dalam waktu 3 hari. Sedangkan JD.id hingga 20 hari kerja belum menunjukkan hasil, malah berkelit dan berputar-putar. (DND)

Djuwanda
Jl. Kranggan 82, Surabaya
Kirimkan Surat Anda
Login atau Register terlebih dahulu untuk mengirim surat Anda. Lihat syarat dan ketentuan di sini.
Surat Pembaca
Lihat Semua
Tanggapan Lain
Lihat Semua
TRAVELOKA & CIMB NIAGA
Kecewa Dengan Pelayanan Traveloka dan CIMB
Lazada Indonesia
Saldo Ditahan dan Toko Ditutup oleh Lazada
Lazada Indonesia
Kecewa Akun Seller Center Lazada Dibatasi, Dikenakan Pelanggaran dan Banding Ditolak
Panin Dai-Ichi Life
Lamanya Proses Klaim Asuransi Kematian Panin Dai-Ichi Life
First Media
Sulitnya Proses Berhenti Layanan Televisi First Media