Surat Pembaca
JNT dan Shopee

Barang Retur Tidak Kunjung Diterima, JNT dan Shopee Saling Lempar Tanggung Jawab

Jumat, 3 September 2021 | 19:14 WIB

Saya menulis surat pembaca ini karena JNT dan Shopee saling lempar tanggung jawab untuk barang returan COD yang belum diterima oleh saya sebagai penjual. Semoga membantu sesama penjual Shopee yang lain agar lebih berhati-hati.

Berikut kronologi permasalahan saya dengan nomor resi JNT JP2091886493 dan nomor pesanan 210710HB3MS9X3. 

Pada 10 Juli 2021, saya menerima pesanan COD di Shopee. Barang tersebut dikirim melalui ekspedisi JNT pada 19 Juli 2021. Namun, pesanan dinyatakan batal karena pembeli gagal melakukan pembayaran.

Pada 24 Juli 2021, menurut status dari JNT bahwa barang sudah dikembalikan kepada penjual. Tapi pada kenyataannya barang belum dikembalikan sama sekali.

Pada 28 Juli 2021, saya check ke JNT CP Sedayu Square atau tempat pertama paket di-pickup dari gudang dan dikirim. Informasi dari mereka bahwa paket tidak ada di tempat mereka. Awalnya saya kira itu wajar, karena mungkin belum diantar ke JNT CP Sedayu Square.

Pada tanggal 3 sampai dengan 6 Agustus 2021, masih belum ada kabar terkait paket saya yang diretur. Jadi saya menghubungi pihak JNT Call Center untuk dibuatkan laporan.

Beberapa hari kemudian, mereka menginformasikan jika paket saya sudah dikembalikan ke JNT CP Sedayu Square. Kemudian saya tanyakan lagi perihal ini ke JNT CP Sedayu Square, namun ternyata paketnya tidak ada.

Pada 10 Agustus 2021, saya kembali menghubungi JNT melalui email untuk menanyakan perihal paket saya yang diretur.

Info dari customer service bahwa jika permasalahan paket saya sedang dalam proses investigasi. Namun dua minggu berselang, saya tidak juga mendapatkan hasil investigasi keberadaan paket saya.

Pada 27 Agustus 2021, saya kembali mengirimkan email ke Customer Service JNT, untuk menanyakan perihal hasil investigasi. Namun, tidak dijawab sama sekali. Pada hari yang sama, saya juga email ke Customer Service Shopee, menjelaskan situasi.

Pada 29 Agustus 2021, saya kembali menghubungi Call Center JNT. Menurut mereka paket returan saya ada di JNT CP Sedayu Square. Saya kembali menanyakan hal ini ke staff JNT CP Sedayu Square, dan hasilnya paket tidak ada. Intinya saya merasa dipingpong sana-sini.

Pada 31 Agustus 2021, saya mendapatkan email dari Shopee yang menjelaskan bahwa jika paket saya ada di JNT Sedayu Square. Namun pada kenyataannya tetap tidak ada.

Saya sudah jelaskan ke pihak Shopee, bahkan dengan bukti screenshot WhatsApp dari JNT Sedayu Square. Tetapi pihak Shopee tetap saja tidak mempedulikannya. CS Shopee identik dengan robot yang tidak peduli dengan pelanggan.

Pada 1 September, saya menghubungi JNT Call Center dan menjelaskan semuanya. Namun CS JNT hanya menjawab dengan enteng, "kakak bisa claim kehilangan ke pihak Shopee."

Di hari yang sama, saya menghubungi CS Shopee kembali, dan saya mendapatkan kejutan luar biasa, "Informasi yang kami terima dari pihak J&T Express bahwa saat ini pihak J&T Express tidak dapat memproses pengecekan kembali karena telah melebihi batas maksimal pelaporan."

Kesimpulannya, jika paket sudah saya terima maka saya tidak perlu menghabiskan waktu untuk telepon dan email sana-sini untuk menanyakan keberadaan paket.

Saya sharing permasalahan ini kepada sesama penjual, agar lebih berhati-hati dengan layanan COD JNT yang sangat tidak bertanggung-jawab. Shopee juga bersikap melempar tanggung jawab dan tidak peduli.

Sebagai tambahan, setelah berjuang mencari tahu keberadaan paket selama satu bulan lebih, sampai detik ini saya tidak pernah dihubungi oleh JNT atau Shopee via telepon.

Sungguh mengecewakan, saya pernah menghadapi permasalahan yang mirip dengan kasus ini dengan JNE, dan masalah diselesaikan dalam waktu tidak lebih dari 10 hari. (IRA)

David
Jalan AIP II KS Tubun, Medan
Kirimkan Surat Anda
Login atau Register terlebih dahulu untuk mengirim surat Anda. Lihat syarat dan ketentuan di sini.
Surat Pembaca
Lihat Semua
PT Telkom Indonesia
Sudah 10 hari Indihome Mengatakan Sedang Perbaikan Central
Bagian Pelayanan dan Teknisi Telkomsel
Jaringan Internet Jelek, Optimasi Hanya Janji
Bank Danamon
Kecewa dengan Kartu Kredit Danamon Amex
Shopee
Transaksi QRIS Gagal, Tapi Saldo ShopeePay Malah Terpotong
Pemimpin Cabang Pembantu Bank BSI KCP Jakarta Pangkalan Jati 1
Respon Cepat dan Tindak Lanjut Solusi oleh Pihak BSI
Tanggapan Lain
Lihat Semua
IndiHome
Pelanggan Dikenai Denda Meski Kesalahan Terjadi Pada Sistem Pembayaran IndiHome
Bank Danamon
Kecewa dengan Layanan Bank Danamon
Bank Danamon
Kecewa dengan Kartu Kredit Danamon Amex
Customer Service Kartu Kredit BCA
Sulitnya Mengurus Surat Lunas Kartu Kredit BCA
Tunaiku - Amar Bank
Tagihan Sudah Lunas, Tunaiku Amar Bank Tidak Kunjung Memperbaharui Status SLIK OJK