Surat Pembaca
Tiket.com

Kecewa Lambannya Penanganan Komplain di Tiket.com

Sabtu, 16 April 2022 | 00:36 WIB

Saya ingin menyampaikan perihal lamanya penanganan komplain saya di Tiket.com dengan nomor 07670488. Sejak 6 April sampai hari ini belum menemukan titik terang.

Setiap hari saya mencoba menghubungi customer service, jawaban mereka selalu "akan memprioritaskan penanganan kasus saya". Namun, hasilnya masih disuruh menunggu.

Berikut kronologinya, pada 6 April 2022 sekitar pukul 19.xx WITA saya memesan tiket kereta Lebaran rute Surabaya ke Jakarta.

Saat itu proses berjalan hingga halaman pembayaran. Saya juga menggunakan gift voucher 500k untuk memotong harga pada pembayaran. Keluarlah harga akhir, kemudian saya bayar via virtual akun Mandiri dan pembayaran berhasil.

Masalah dimulai ketika saya tidak menerima email konfirmasi tiket. Pada akun aplikasi Tiket.com saya juga tidak tercantum histori pemesanan tiket.

Saya menghubungi customer service via WhatsApp dan diberitahukan akan dihubungi dalam 1 (satu) jam ke depan, namun tak kunjung terjadi.

Saya harus memastikan mendapatkan tiket tersebut, mengingat tiket kereta Lebaran sisa beberapa kursi.

Kemudian saya menghubungi customer service via telepon, dan singkatnya saya diinfokan bahwa pemesanan saya tercancel otomatis karna terhapus dari sistem.

Setelah saya memastikan informasi tersebut saya berinisiatif mengajukan refund dan pengaktifkan kembali kode gift voucher yang saya gunakan.

Saya harus segera melakukan pemesanan tiket baru dengan rute dan data yang sama, karena seat yang tersisa sangat sedikit. Mengingat ini tiket mudik sehingga saya harus segera kembali memesan tiket. 

Kejanggalan mulai terlihat saat saya menggunakan gift voucher kembali pada menu pembayaran.

Setahu saya, ketika pemesanan tercancel maka gift voucher akan kembali bisa digunakan. Namun ini tidak, aplikasi menerangkan bahwa gift voucher saya telah digunakan sebelumnya.

Tiket baru pun telah saya isued dengan membayar harga normal.

Kemudian secara berkala saya menghubungi customer service untuk meminta kejelasan mengenai refund saya, dan mereka meminta saya menunggu untuk dihubungi.

Singkat cerita, beberapa hari kemudian tiba-tiba saya menerima email yang berisi e-tiket kereta api.

Diinfokan juga bahwa bookingan yang telah saya bayar dan pernah diinfokan terhapus ternyata berhasil. Namun dengan email berbeda yakni nindy@hnnmm.com yang notabene-nya sama sekali saya tidak tahu menahu perihal ini.

Yang saya tahu pada saat itu, booking dengan akun supian.borneo@gmail.com dengan kondisi terlogin di aplikasi Tiket.com versi paling baru.

Saya dihubungi oleh pihak Tiket.com perihal tiket tersebut dan diinformasikan bahwa tiket kereta hanya bisa dilakukan refund melalui channel KAI, yang artinya harus saya lakukan sendiri.

Saya menyanggah perihal ini karena saya tidak mengenal email tersebut, saya mengajukan refund penuh terkait pemesanan tiket tersebut karena akhirnya saya jadi memiliki double booking.

Selain itu, jika saya yang melakukan refund di KAI access maka saya akan kena penalti dari harga tiket yang artinya saya sudah terkena error aplikasi yang berakhir saya dirugikan.

Rugi pulsa untuk menghubung CS, rugi tenaga dan waktu untuk komplain dan menunggu dan rugi uang karena kena penalti.

Kemudian saya diminta bukti capture akun dan histori transaksi aplikasi saya yang menyatakan bahwa tidak ada transaksi tersebut di aplikasi saya. Namun hingga saat ini belum ada kejelasan seperti apa ujungnya kasus ini.

Saya lelah berharap dan menghadapi jawaban customer service yang terkesan template tanpa ada informasi sudah sejauh mana kasus saya ditangani.

Empat hari lalu mereka bilang diprioritaskan, namun barusan bilang masih dalam antrian.

Mohon Tiket.com dapat menuntaskan masalah ini dengan segera menghubungi saya terkait penyelesaiannya.

Sebagai informasi saya adalah pelanggan Tiket.com sejak puluhan tahun lalu. (IRA)

Supiani
Banua Hanyar, Pandawan, Kalimantan Selatan
Kirimkan Surat Anda
Login atau Register terlebih dahulu untuk mengirim surat Anda. Lihat syarat dan ketentuan di sini.
Surat Pembaca
Lihat Semua
Tanggapan Lain
Lihat Semua
TRAVELOKA & CIMB NIAGA
Kecewa Dengan Pelayanan Traveloka dan CIMB
Lazada Indonesia
Saldo Ditahan dan Toko Ditutup oleh Lazada
Lazada Indonesia
Kecewa Akun Seller Center Lazada Dibatasi, Dikenakan Pelanggaran dan Banding Ditolak
Panin Dai-Ichi Life
Lamanya Proses Klaim Asuransi Kematian Panin Dai-Ichi Life
First Media
Sulitnya Proses Berhenti Layanan Televisi First Media