Surat Pembaca
Blibli.com

Pembelian Yamaha Aerox Melalui Blibli.com Mengakibatkan Kerugian

Selasa, 19 April 2022 | 15:20 WIB

Pada 27 Januari 2022, saya melakukan pembelian 1 unit motor Yahama All New Aerox 155 Connected ABS pada akun official Blibli karena tertarik adanya promo cashback.

Dalam beberapa menit saya telah berhasil melakukan transaksi tersebut dengan adanya konfirmasi via email. Namun, esok harinya saya mendapat email dari Blilbi Customer Care bahwa unit yang saya pesan baru dapat dikirim pekan ke-1 atau ke-2 bulan Maret.

Saya bersedia untuk melanjutkan pemesanan, namun meminta penjelasan mengenai prosedur dan mekanismenya melalui telepon karena pada keterangan order pengiriman maksimal 10 hari.

Setelah saya email beberapa kali dan chat ke Customer Care Blibli, 1 minggu kemudian saya baru dihubungi oleh Blibli, Customer Care menjelaskan bahwa estimasi pengiriman bisa disesuaikan jika pemesanan berupa kendaraan bermotor.

Dari pembicaraan dengan Customer Care, pihak Blibli mengkonfirmasi bahwa unit diperkirakan akan dikirim pekan ke-1 atau ke-2 bulan Maret, dan pihak Blibli juga menjanjikan kompensasi berupa voucher sebagai permintaan maaf.

Dari penjelasan tersebut saya agak lega dan berharap unit akan segera dikirim. Tapi permasalahan kembali muncul ketika pada 4 Maret 2022 saya mencoba menanyakan kepada pihak dealer  mengenai kejelasan kapan unit dikirim, saya kaget ketika diberitahu bahwa unit baru dapat dikirim bulan April tanpa adanya pemberitahuan sebelumnya.

Saya komplain dan meminta unit pesanan saya bisa dikirim tepat waktu. Setelah adanya konfirmasi adanya keterlambatan kembali pada unit pesanan saya, akhirnya saya mengirim email ke Blibli sebagai penjual unit yang saya pesan.

Namun respon dan balasan dari Customer Care Blibli tidak membantu dan terkesan melepaskan tanggung jawab, padahal saya membeli melalui akun official Blibli, bukan akun dealer. Dari jawaban email Customer Care Blibli, Pihaknya menjanjikan akan terus follow up agar unit saya segera dikirim oleh dealer.

Dengan usaha saya yang aktif menghubungi dealer akhirnya pada tanggal 17 Maret motor Yamaha Aerox saya dikirim dan sampai di rumah pada malam hari. Anehnya, dari pihak Blibli tidak mengetahui bahwa unit Yamaha Aerox saya sudah dikirim, padahal pihak Blibli menyatakan aktif follow up dealer, sehingga saya perlu memberitahukan ke pihak Blibli melalui email pada tanggal 20 Maret.

Setelah konfirmasi penerimaan unit, akhirnya pihak Blibli mengatur pada sistem di aplikasi bahwa unit sudah terima oleh saya, 2 hari kemudian akhirnya saya mendapat cashback promosi. Dan yang saya tambah kecewa adalah nominal voucher kompensasi yang diberikan pihak Blibli hanya Rp 100.000, sangat tidak sepadan dengan pembelian yang saya lakukan senilai puluhan juta dan kerugian waktu serta materiil yang saya alami karena keterlambatan pengiriman unit Yamaha yang saya pesan hampir 3 bulan, sampai surat-surat kelengkapannya sudah terbit.

Akhir kata yang menjadi beberapa catatan atas keluhan saya adalah respon Customer Care Blibli yang lambat dan tidak responsif dalam menjelaskan karena hanya copy paste jawaban-jawaban, pemilihan dealer rekanan yang salah, tidak memberikan solusi atas permasalahan dan membiarkan customer menunggu tidak jelas, pemberian kompensasi permintaan maaf yang tidak sepadan, terkesan melempar tanggung jawab atas permasalahan yang terjadi, kurang komunikasi dengan dealer sehingga menyebabkan permasalahan berlarut-larut.

Semoga dengan adanya tulisan ini, pihak Blibli dapat lebih baik lagi ke depannya dalam melayani konsumen sesuai dengan slogan yang menomor 1 kan customer, mengingat Blibli adalah grup besar yang disokong oleh bank swasta terbesar di Indonesia. Demikian tulisan saya, semoga dapat menjadi pelajaran kita bersama.

Salam. (FAP)

Dicky R
DKI Jakarta
Kirimkan Surat Anda
Login atau Register terlebih dahulu untuk mengirim surat Anda. Lihat syarat dan ketentuan di sini.
Surat Pembaca
Lihat Semua
Tanggapan Lain
Lihat Semua
IndiHome
Berhenti Layanan IndiHome, Sudah Tujuh Bulan Deposit Belum Juga Dikembalikan
Hisense Indonesia
Garansi Hisense Mengecewakan
Lazada Indonesia
Tiga Minggu Tidak Terima Hasil Penjualan dan Tidak ada Kepastian yang Jelas dari Lazada
AIA Financial
Terjebak Janji Agen AIA Financial
Indihome
Refund Deposit IndiHome Tidak Kunjung Dibayar
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.