Surat Pembaca
Shopeefood Indonesia

Dana Merchant Shopeefood Tidak Kunjung Cair

Selasa, 5 Juli 2022 | 10:17 WIB

Saya adalah owner dari merchant Shopeefood yakni Dalgona Boba Lima Warna - Jatiasih. Setiap bulan biasanya saya melakukan audit terhadap transaksi yang terjadi di merchant kami, baik itu transaksi penjualan maupun pencairan dana ke rekening pribadi saya.

Sabtu, 25 Juni 2022 saya melakukan audit terhadap transaksi Mei 2002. Pada audit tersebut saya menemukan bahwa tranksasi merchant saya dari tanggal 8 Mei 2002 - 25 Juni 2022 tidak masuk ke rekening saya.

Pada tanggal yang sama, saya langsung melakukan panggilan ke CS Shopeefood di nomor 08001500702 dan mendapatkan nomor tiket 1540617263904083969. Saya diinfokan bahwa bahwa keluhan akan ditangani dengan maksimal 1 - 3 hari kerja.

Setelah menunggu selama 3 hari kerja, pada Rabu, 29 Juni 2022 malam saya telepon kembali ke CS Shopeefood dan saya mendapat jawaban yang sama yaitu masih dalam pengecekan.

Setelah menunggu selama 2 hari kerja yakni pada Jumat, 1 Juli 2022 saya kembali melakukan panggilan ke CS Shopeefood dan mendapatkan jawaban yang mencerahkan, bahwa proses pencairan sudah dilakukan namun harus menunggu 1x24 jam dengan dicek secara berkala.

Pada 4 Juli 2022, dikarenakan dana belum masuk juga maka saya melakukan paggilan kembali ke CS Shopeefood untuk menagih janji mereka terkait pencairan dana, dan jawabannya masih dalam pengecekan.

Saya sesalkan proses pencairan dana dari tanggal 25 Juni sampai dengan 5 Juli 2022 masih belum masuk juga ke rekening saya.

Saya tidak habis pikir ada apa dengan perusahaan sebesar Shopee, mengapa sampai ada kejadian Shopee tidak mentransfer dana merchant, dimana dana tersebut adalah hak merchant?

Shopee juga tidak menginformasikan jika ada gangguan dalam proses transfer dana kepada merchant yang berakibat tidak ditransfernya dana transaksi. Selain itu Shopee juga tidak proaktif menginformasikan ke merchant jika ada tunggakan pencairan dana ke owner merchant.

Bagaimana dengan merchant lain yang tidak memiliki akses online setiap saat dan harus bolak- balik ke ATM. Saya harap dana saya cepat di transfer ke rekening saya karena itu merupakan hak saya. 

Update: Berdasarkan informasi dari penulis yang diterima oleh Kompas.com melalui email per 6 Juli 2022, bahwa saat ini permasalahan pencairan dana merchant Shopeefood sudah terselesaikan. (IRA)

Tommy
Grand Royal Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat
Kirimkan Surat Anda
Login atau Register terlebih dahulu untuk mengirim surat Anda. Lihat syarat dan ketentuan di sini.
Surat Pembaca
Lihat Semua
XL Axiata dan AXIS
Klaim Bundling e-SIM AXIS Untuk Samsung Galaxy A55 5G yang Sangat Membingungkan
Permata Bank
Kekecewaan Pada Permata Bank Dalam Melayani Sanggahan Transaksi Nasabah
J&T Cargo
Sudah Dua Puluh Lima Hari, Paket J&T Cargo Belum Juga Sampai
Shopee Indonesia dan JNE
Barang Dinyatakan Hilang, Shopee dan JNE Lepas Tangan
Bank Mandiri cab. Thamrin Jakarta Pusat
Lamanya Mencairkan Dana di Rekening Nasabah Bank Mandiri yang Sudah Meninggal
Tanggapan Lain
Lihat Semua
TRAVELOKA & CIMB NIAGA
Kecewa Dengan Pelayanan Traveloka dan CIMB
Lazada Indonesia
Saldo Ditahan dan Toko Ditutup oleh Lazada
Lazada Indonesia
Kecewa Akun Seller Center Lazada Dibatasi, Dikenakan Pelanggaran dan Banding Ditolak
Panin Dai-Ichi Life
Lamanya Proses Klaim Asuransi Kematian Panin Dai-Ichi Life
First Media
Sulitnya Proses Berhenti Layanan Televisi First Media