Surat Pembaca
JNE Indonesia

Berharap JNE Tanggung Jawab Atas Pengiriman Barang yang Tidak Kunjung Sampai

Selasa, 3 Januari 2023 | 15:51 WIB

Saya menulis surat pembaca ini dengan harapan ada keadilan untuk saya sebagai konsumen yang sudah membayar jasa kirim JNE. Berikut kronologi permasalahannya:

Pada 20 Desember 2022, penjahit saya mengirim bahan kain 2 roll senilai Rp1.520.000 untuk diretur ke toko kain di Bandung via JTR (JNE truck) dengan nomor resi 541070014502822.

Pada 26 Desember 2022, kain belum sampai. Coba di-tracking oleh penerima (toko kain) ternyata ada di gudang Bandung dengan alasan "Tertinggal di kantor". Kemudian dilaporkan via Cabang Bandung tapi hanya dijawab akan dilaporkan ke pusat saja.

Pada 27 Desember 2022, saya sebagai pengirim mulai kesal karena penerima (toko kain) akan tutup untuk libur tahun baru.

Saya bolak-balik chat dan telepon pihak JNE, namun hanya ditanggapi dengan jawaban template saja.

Setelah saya menghabiskan pulsa berjam-jam dan marah-marah ke CS JNE, barulah ada pihak gudang Bandung yang menghubungi WA saya. Isi WA-nya adalah bahwa paket kain 2 roll saya sudah berubah menjadi kasur busa.

Jadi ada oknum JNE yang melepas lakban alamat dan resi lalu menempelkan ke barang lain.  Ada bukti foto bekas lakban yang sudah dicopot. Pihak JNE bilang mau cek CCTV dahulu untuk mengetahui pelakunya.

Saya langsung membuat klaim barang hilang dan mengirimkan berkas-berkas yang dibutuhkan ke email CS JNE supaya bisa diproses.

Saya sabar menunggu sejak tanggal 28 Desember 2022 sampai dengan 1 Januari  2023.

Pada 2 Januari 2023, saya kaget karena pihak cabang JNE mengklaim bahwa paket sudah terkirim pada 2 Januari 2023 jam 00.

Ketika saya konfirmasi ke penerima (toko kain), tidak ada yang menerima paket dan pada jam tersebut tidak mungkin ada kiriman. Logikanya tidak mungkin kurir kirim barang pada tengah malam.

Kembali lagi saya menghabiskan waktu dan pulsa untuk menghubungi pihak JNE yang hanya menjawab dengan jawaban template saja.

Ketika saya minta bukti penerimaan barang, tidak ada satupun yang bisa memberikan bukti tersebut. Tidak mungkin ekspedisi sekelas JNE tidak punya bukti penerimaan barang.

Saya bertanya mengenai klaim hilang saya, namun pihak JNE bilang tidak diproses, karena mereka bersikeras bahwa paket sudah terkirim.

Jujur saya kaget dengan tindakan JNE sekarang, karena bertahun-tahun lalu ketika mereka masih market leader, mereka selalu bertanggung jawab jika ada kasus. Namun mungkin keadaan sudah berubah.

Saya menuntut keadilan sebagai konsumen yang sudah membayar jasa kirim, dan menghabiskan waktu dan tenaga untuk kasus ini. (IRA)

Stephanie
Duri Kepa Mas, Jakarta
JNE Express

Berharap JNE Tanggung Jawab Atas Pengiriman Barang yang Tidak Kunjung Sampai

Senin, 16 Januari 2023 | 16:09 WIB

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di surat pembaca kompas.com pada tanggal 3 Januari 2022 berjudul “Berharap JNE Bertanggung Jawab Atas Pengiriman Barang Yang Tak Kunjung Sampai”, pertama - tama kami ingin menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami oleh Ibu Stephanie Tunggal.

JNE Selalu berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, sebagai bentuk itikad baik dan tanggung jawab kami terhadap pelanggan.

Melalui Surat Tanggapan ini kami menginformasikan bahwa JNE telah menghubungi Ibu Stephanie Tunggal selaku pihak pengirim dan telah memberikan penjelasan terkait barang kiriman tersebut dan kami telah memproses pergantian pada tanggal 11 Januari 2023.

Demikian surat tanggapan ini kami sampaikan, terima kasih atas kepercayaan selama ini menggunakan jasa kiriman melalui JNE.

Terkait informasi mengenai layanan JNE dapat menghubungi petugas Customer Care: 021-29278888 atau e-mail : customercare@jne.co.id. (SUC)

Kurnia Nugraha - Head Of Media Relations Dept
Jl. Soekarno Hatta 452 Bandung
Kirimkan Surat Anda
Login atau Register terlebih dahulu untuk mengirim surat Anda. Lihat syarat dan ketentuan di sini.
Surat Pembaca
Lihat Semua
Aplikasi Dana
Transfer Berhasil, namun Dana Tidak Masuk
Bank BTN
Debitur Sudah Meninggal Hampir 1 Tahun, namun Keluarga Terus Ditagih Pembayaran Cicilan
Telkom Indihome
Nama Saya Digunakan Untuk Penagihan Atas Nama Orang Lain
PT Bank Central Asia TBK
Top Up Flazz Melalui BCA Mobile Gagal, Dana Terpotong dan Tak Kunjung Dikembalikan
Asuransi Simas Insurtech
Terjebak Proteksi Asuransi Simas Insurtech di Tokopedia
Tanggapan Lain
Lihat Semua
Telkom Indihome
Nama Saya Digunakan Untuk Penagihan Atas Nama Orang Lain
Asuransi Simas Insurtech
Terjebak Proteksi Asuransi Simas Insurtech di Tokopedia
JNE Indonesia
Berharap JNE Tanggung Jawab Atas Pengiriman Barang yang Tidak Kunjung Sampai
Bank Mega
Bank Mega Mempersulit Penutupan Kartu Kredit Tambahan Sejak 2018
Allianz Indonesia
Asuransi Allianz Menolak Pembayaran Klaim
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.