Surat Pembaca
JD.ID

Layanan Purna Jual JD.ID Sangat Mengecewakan

Senin, 12 Februari 2018 | 09:41 WIB

Pada tanggal 6 Januari 2018 saya melakukan pembelian beberapa item produk di JD.ID dengan nomor pesanan 224637959. Salah satu produk yang saya beli yaitu Downy Antibacteria Refill 1 L sebanyak 5 buah.

Setelah saya buka dan gunakan sebanyak satu buah, ternyata cairan Downy tersebut sudah sangat kental, tidak normal seperti cairan pewangi biasanya. Kemudian saya mencoba untuk mengecek tanggal produksi pada kemasan. Tanggal produksi yang tertulis yaitu bulan 2 tahun 2017. Artinya sudah melewati batas pemakaian maksimal, yaitu 10 bulan dari tanggal produksi.

Setelah menemukan hal tersebut, kemudian saya mengajukan layanan purna jual dengan harapan produk tersebut ditukar dengan produk yang masih bagus atau belum kedaluwarsa. Saya mengajukan layanan purna jual pada tanggal 13 Januari 2018, kemudian pada tanggal 15 Januari 2018 pengajuan saya diterima.

Pada tanggal 17 Januari 2018, saya mengirimkan Downy Antibacteria Refill 1 L sebanyak 4 buah ke alamat yang diinstruksikan yaitu Jl. Biak No. 46, Cideng, Jakarta Pusat. Saya mengirimkan produk tersebut melalui Pos Indonesia layanan ekspress dengan nomor pengiriman 16133472596.

Menurut status pengiriman dari Pos Indonesia bahwa barang telah diterima pada tanggal 18 Januari 2018 oleh pegawai bernama Deni S. Namun sampai dengan saat ini, saya belum menerima produk pengganti.

Pada tanggal 30 Januari 2018 saya menerima notifikasi bahwa pihak JD.ID belum menerima paket dan apabila dalam waktu 15 hari sejak permohonan purna jual disetujui JD.ID tidak menerima pengiriman tersebut maka layanan purna jual tersebut batal.

Saya pun mencoba untuk menghubungi JD.ID baik melalui chat yang ada pada aplikasi mobile maupun email. Saya sudah mencoba menghubungi JD.ID melalui email sebanyak enam kali dengan nomor case iduadcaseid800227392036di dan iduadcaseid800244222020di.

Sampai dengan saat ini status layanan purna jual tersebut seperti tidak ada kemajuan dan selalu proses menindaklanjuti ke pihak terkait. Sudah hampir satu bulan proses layanan purna jual tersebut dan ini sangat mengecewakan.

Andra
Pilar Asri Residence 1 No. C4 Jalan Al Hidayah, Tanah Baru Depok
PT Jingdong Indonesia Pertama

Layanan Purna Jual JD.ID Sangat Mengecewakan

Senin, 19 Februari 2018 | 15:59 WIB

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan pada kami oleh Bapak Andra pada12 Februari 2018 di halaman ini, kami dari JD.ID telah menghubungi konsumen untuk menjelaskan kondisi yang sebenarnya.

Perlu kami informasikan bahwa adanya kesalahan dalam pencantuman nomor pesanan pada produk yang diretur membuat pihak after sales membutuhkan waktu lebih untuk menemukan produk milik konsumen. Kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanannya. Per Kamis (15/2) produk pengganti telah diterima langsung oleh konsumen. Konsumen juga telah kami hubungi langsung untuk mengonfirmasi hal ini. Dengan demikian permasalahan ini dianggap selesai.

Kami ucapkan terima kasih atas perhatiannya. JD.ID selalu berkomitmen menghadirkan pengalaman berbelanja daring yang menyenangkan dan memberikan layanan prima kepada para pelanggan JD.ID di seluruh Indonesia.

Terima kasih.

Iwan Arigayota - Head of Customer Service
RDTX Tower, 8th floor, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. E-4 No. 6, Kuningan Timur, South Jakarta, 12950
Tanggapan Lain
Lihat Semua
TRAVELOKA & CIMB NIAGA
Kecewa Dengan Pelayanan Traveloka dan CIMB
Lazada Indonesia
Saldo Ditahan dan Toko Ditutup oleh Lazada
Lazada Indonesia
Kecewa Akun Seller Center Lazada Dibatasi, Dikenakan Pelanggaran dan Banding Ditolak
Panin Dai-Ichi Life
Lamanya Proses Klaim Asuransi Kematian Panin Dai-Ichi Life
First Media
Sulitnya Proses Berhenti Layanan Televisi First Media
Surat Pembaca
Lihat Semua
XL Axiata dan AXIS
Klaim Bundling e-SIM AXIS Untuk Samsung Galaxy A55 5G yang Sangat Membingungkan
Permata Bank
Kekecewaan Pada Permata Bank Dalam Melayani Sanggahan Transaksi Nasabah
J&T Cargo
Sudah Dua Puluh Lima Hari, Paket J&T Cargo Belum Juga Sampai
Shopee Indonesia dan JNE
Barang Dinyatakan Hilang, Shopee dan JNE Lepas Tangan
Bank Mandiri cab. Thamrin Jakarta Pusat
Lamanya Mencairkan Dana di Rekening Nasabah Bank Mandiri yang Sudah Meninggal