Surat Pembaca
Bukalapak

Transaksi Dibatalkan, Bukalapak Belum Melakukan Refund

Senin, 11 Februari 2019 | 23:22 WIB

Pada tanggal 11 November 2018, saya membeli sebuah kamera di Bukalapak seharga Rp5.114.004 dengan nomor transaksi 181383890871. Pembayaran saya lakukan dengan metode cicilan 3x menggunakan kartu kredit Bank Mandiri dengan nomor tagihan BL1811NGRZE7INV. Kamera yang saya terima tidak sesuai dengan deskripsi produk yang dituliskan oleh penjual. Akhirnya, saya pun mengembalikan unit tersebut kepada penjual. Proses pengembalian barang dikatakan akan selesai pada 15 November 2018 dan dana akan dikembalikan ke limit kartu kredit.

Pada billing tagihan bulan Desember, muncul tagihan pertama untuk transaksi yang sudah saya batalkan. Saya menghubungi pihak Bukalapak. Saya disarankan untuk tidak membayar tagihan tersebut dan menunggu billing bulan berikutnya. Saya pun mengikuti saran tersebut. Pada bulan Januari 2019, terbit billing kartu kredit dan tagihan kedua untuk transaksi tersebut. Saya pun kembali menghubungi pihak Bukalapak. Customer service Bukalapak menyarankan hal yang saya dengan sebelumnya. Saya diminta agar tidak membayar tagihan itu dan menunggu billing bulan berikutnya. Hingga saat ini, belum ada solusi terkait masalah tersebut. Tagihan pertama pada bulan Desember pun sudah dikenakan bunga oleh pihak Bank Mandiri.

Pada tanggal 13 Januari 2019, pihak Bukalapak menyatakan bahwa proses pembatalan transaksi sudah berhasil dilakukan per tanggal 23 November 2018 dengan nomor pelaporan 20181116001119. Pihak Bukalapak menyarankan saya agar menghubungi Bank Mandiri untuk konfirmasi lebih lanjut. Saya pun mengikuti saran tersebut. Pihak Bank Mandiri menyatakan bahwa belum ada dana refund yang diterima dari Bukalapak. Pada akhirnya, bulan Februari 2019 terbit billing kartu kredit dan tagihan ketiga untuk transaksi tersebut. Saya sangat kecewa karena terus menerus diberikan tagihan atas transaksi yang sebenarnya sudah saya batalkan. Saya harap pihak Bukalapak segera menanggapi dan menyelesaikan masalah ini.

 

Eka Yudha Utama
Jl KSU Blok F No. 2 RT.009.005, Kel. Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Depok
Bukalapak

Transaksi Dibatalkan, Bukalapak Belum Melakukan Refund

Senin, 18 Februari 2019 | 18:00 WIB

Menindaklanjuti keluhan yang dialami oleh Bapak Eka, kami sudah melakukan konfirmasi secara langsung kepada Bapak Eka terkait kendala yang dialami pada nomor transaksi 181383890871. Setelah dilakukan pengecekan lebih lanjut, transaksi terkendala karena adanya kendala pada pihak bank. Saat ini Bapak Eka sudah memahami perihal kendala yang terjadi. Kami sampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan ini.

Bukalapak akan selalu berkerja sama dengan para Pelapak dan Pembeli kami, demi kenyamanan mereka selama bertransaksi berjualan dan juga berbelanja. Kami percaya bahwa transparansi penting untuk memastikan kepercayaan konsumen kami di Bukalapak.

Demikian surat tanggapan ini kami buat dan kami mohon kerja sama yang baik untuk dapat dimuat sebagai tanggapan resmi.

Salam,

Evi Andarini - Public Relations Manager
Jl. Kemang Timur No 22, Jakarta Selatan, 12560
Tanggapan Lain
Lihat Semua
XL Axiata
Sinyal XL dan Axis Hilang
XL Axiata
Hati-Hati dengan Penawaran Promo Telemarketer
PT XL Axiata
Sinyal 3G dan 4G Hilang, Digantikan Sinyal 2G
Indihome
Survey Robot yang Sangat Mengganggu Privasi
Bank CIMB Niaga
Potongan Biaya pada Tabungan Tiba-Tiba Muncul
Surat Pembaca
Lihat Semua
Bank BNI
Lebih dari 14 Hari Uang Tertelan Saat Setor Tunai, Hingga Kini Belum Ada Kabar
J&T express
Kiriman Barang Sesama di Surabaya Tak Kunjung Sampai
Indosat
Sudah 2 Minggu Sim Card Masih Belum Aktif
LinkAja
Belum Diberikan Cash Back dari Festival LinkAja
PT. Benelli Anugerah Motor Pusaka
Kecewa Plat Nomor dan STNK Belum Diterima