Surat Pembaca
Blibli

Pengalaman Buruk Belanja Online di Blibli dengan Kode Promo

Rabu, 29 Juli 2020 | 22:53 WIB

Pada 25 Juli 2020 saya membeli HP Huawei P40 Pro senilai Rp11.800.000,- di Blibli. Saya memakai kode promo 9% cashback maksimal Rp999.000,- yang berlaku sampai dengan 25 Juli 2020. Untuk pengiriman saya menggunakan jasa GoSend Instant dengan estimasi barang sampai di hari itu juga.

Saya menunggu hingga sore hari tetapi barang tidak dikirim-kirim. Kemudian saya menelepon Customer Service Blibli untuk menanyakan mengapa barang saya tidak dikirim, dan Customer Service Blibli merespons bahwa seller tutup.

Saya mengajukan cancel transaksi dan dana direfund ke Blipay. Malam hari di tanggal yang sama, saya mencoba lagi membeli produk dan kode promo yang sama, tetapi beda seller dari transaksi pertama.

Transaksi kedua di seller bernama Super Gadget yg berada di Jakarta Pusat. Check out barang berhasil dengan pembayaran via Blipay. Kali ini saya memilih opsi pengiriman BES Express dengan estimasi barang dikirim 26-29 Juli 2020.

Hari pertama, 26 Juli 2020 saya memaklumi dikarenakan hari Minggu kemungkinan seller libur. Status barang "sedang proses".

Hari kedua, Senin 27 Juli 2020 saya menghubungi Customer Service Blibli untuk mengingatkan seller dikarenakan status barang masih "sedang proses".

Hari ketiga, Selasa 28 Juli 2020 saya kembali menghubungi Customer Service Blibli untuk mengingatkan seller. Pada hari tersebut status pesanan saya berubah jadi "siap kirim".

Hari keempat, Rabu 29 Juli 2020 seharusnya barang sudah sampai jika dikirimkan sesuai dengan estimasi. Tetapi sampai hari terakhir barang tersebut masih dalam status "siap kirim". Saya benar-benar kecewa.

Pada hari tersebut saya intens menghubungi Customer Service Blibli untuk meminta seller mengirim barangnya, tapi tetap saja barang tidak dikirim.

Saya diinformasikan Customer Service Blibli ada keterlambatan seller untuk menyiapkan paket. Menurut saya alasan ini aneh, sejak hari Senin saya sudah menghubungi Customer Service Blibli untuk mengingatkan seller.

Sampai dengan 29 Juli 2020 barang saya masih belum dikirim juga.

Dikarenakan tidak ada fitur chat langsung ke seller jadi merepotkan. Pembeli tidak bisa mengontak seller langsung untuk menanyakan apakah stok ready, bisa dikirimkan kapan, dan lain-lain. Menurut saya, komunikasi ke seller melalui Customer Service Blibli sepertinya belum bisa diandalkan. Karena setiap ada keluhan pembeli, Customer Service Blibli hanya sebatas membuat laporan saja tapi tidak ada perubahan sama sekali.

Saya beberapa kali diminta Customer Service Blibli untuk memilih pembatalan transaksi. Tetapi kalau saya membatalkan transaksi, dana akan dikembalikan ke Blipay dan promonya hangus. Demikian pengalaman saya yang mengecewakan. Terima kasih. (VEN)

Dafrin
Tangerang, Banten
Blibli

Pengalaman Buruk Belanja Online di Blibli dengan Kode Promo

Rabu, 5 Agustus 2020 | 14:06 WIB

Pertama-tama kami ucapkan terima kasih atas kepercayaan Bapak Dafrin untuk bertransaksi di Blibli dan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami seperti dimuat di Surat Pembaca Kompas.com pada hari Rabu, 29 Juli 2020.

Sejalan dengan komitmen kami memberikan layanan Customer Satisfaction First, kami memberitahukan bahwa pesanan pelanggan sudah dibatalkan dan pembayaran sudah di-refund ke Blipay pelanggan dan saldo Blipay yang dikembalikan telah di tarik oleh pelanggan. Promo cashback 9% yang dikeluhkan hangus juga telah dikembalikan ke dalam bentuk voucher di akun pelanggan dan dapat digunakan untuk berbelanja.

Apabila ada pertanyaan lebih lanjut seputar produk dan kebutuhan informasi seputar belanja di Blibli.com, kami menyediakan layanan Customer Care Blibli.com yang beroperasi selama 24 jam/7 hari melalui email di: customer.care@blibli.com dan nomor telepon: 0804-1-871-871.

Kami juga mengucapkan terima kasih kepada rekan redaksi Kompas.com yang telah memuat tanggapan ini.

Hormat kami,

Dedy Cahyadi - Blibli Loyalty Team Service (BLITS) Manager
Graha Niaga Thamrin, Jakarta Pusat
Tanggapan Lain
Lihat Semua
Pegadaian
Top Up Tabungan Emas di Pegadaian Digital Bermasalah
PT Telekomunikasi Indonesia Tbk
Lambatnya Pemasangan IndiHome dan Perbaikan Telepon Rumah
JNE
Sudah Lebih dari Seminggu Paket LCD KVM Aten Belum Diterima
PT TELKOM INDONESIA TBK
Penghentian Langganan Telkom dan Internet
Bank Central Asia Tbk
Debit Mastercard Tidak Dapat Digunakan
Surat Pembaca
Lihat Semua
Lazada
Pengajuan Refund Smart TV Selalu Diminta Menunggu Konfirmasi
Bank BTPN Jenius
Alamat Email Tidak Dapat Digunakan Untuk Mendaftar Jenius Karena Sudah Digunakan Orang Lain
PT Allianz Life Indonesia
Permasalahan Dana Tidak Diterima Sesuai Polis Telah Selesai, Allianz Menyelesaikan Masalah dengan Baik
PT Traveloka Indonesia
Tiket Refundable Traveloka Tidak Bisa Diproses
Bank Commonwealth Denpasar
Bank Commonwealth Denpasar Mempersulit Nasabah