Surat Pembaca
Gerai Indosat Saladin Square Depok

Butuh 7 Hari Kerja Untuk Aktivasi Penggantian SIM Card yang Rusak

Senin, 12 Oktober 2020 | 15:25 WIB

Komplain saya mengenai pelayanan Gerai Indosat di Saladin Square Depok. Saya adalah pelanggan Indosat semenjak sekolah menengah pertama tahun 2005. Saya telah merasakan manis pahitnya pelayanan. Namun, baru kali ini saya benar-benar kecewa.

Masalah terjadi ketika nomor IM3 istri saya mendadak hilang sinyal (no service). Awalnya, saya mengira jaringan Indosat down. Setelah kami tunggu semalaman tidak ada hasil. Padahal sinyal IM3 di HP saya baik-baik saja.

Saya pun menanyakan ke petugas live chat via aplikasi IM3. Informasinya jaringan Indosat normal dan jika ada pengguna lain yang normal, maka masalahnya bukan pada jaringan.

Saya pikir masalahnya ada pada fisik SIM card atau HP istri.

Selama saya menggunakan IM3 sudah lebih dari empat kali melakukan replacement SIM card dengan nomor kartu yang sama entah itu karena rusak atau hilang.

Akhirnya, pada Sabtu, 3 Oktober 2020, saya datang bersama istri ke Gerai Indosat Saladin Square Depok. Setelah mengambil nomor antrean, kami duduk. Tidak begitu padat sehingga kami segera bertemu customer service di lantai atas.

Dijelaskan oleh Customer Service Eko Sutisna bahwa kartu terblokir. Saya bingung kenapa bisa terblokir padahal penggunaan baru dua tahun. Bapak Eko menjelaskan bahwa produk pabrik tidak diketahui kondisinya dan saya pun disarankan untuk mengganti SIM card secara berkala, yakni satu tahun sekali.

Saya meminta penggantian SIM card dan tetap menggunakan nomor IM3 istri yang lama.

Namun, saya ditawarkan pergantian kartu bundle dengan paket internet Indosat seharga 280 ribu dengan kuota 25 GB selama tiga bulan. Saya tidak setuju karena baru saja mengisi paket data. Saya minta kartu kosong saja.

Bapak Eko menjelaskan tidak ada kartu kosong, harus membeli paket bundle.

Saya teringat kalau mengalami kehilangan SIM card bagaimana prosedurnya. Informasinya, pelanggan harus mengurus surat kehilangan polisi dan akan diajukan SIM card kosong dengan approval selama tujuh hari kerja.

Setelahnya, saya bersikeras meminta penggantian kartu kosong. Rupanya Bapak Eko mengganti kalimat penawarannya. Dia meyakinkan bahwa di awal penawaran ada dua pilihan yaitu biasa atau paket bundle.

Bapak Eko kembali menginformasikan bahwa terdapat kerusakan di IC baseband HP mengakibatkan tidak dapat menerima sinyal.

Saya pun diminta menunggu selama tujuh hari kerja untuk penggantian SIM card.

Seingat saya, dahulu saat mengganti SIM card cukup menunggu selama satu jam, SIM card sudah bisa digunakan. Terima kasih. (DND)

Haris K
Perum UI, Pancoran Mas, Depok
Indosat Ooredoo

Butuh 7 Hari Kerja Untuk Aktivasi Penggantian SIM Card yang Rusak

Selasa, 3 November 2020 | 19:22 WIB

Terkait dengan keluhan yang disampaikan oleh Bapak Haris K yang dimuat di Kompas.com pada 12 Oktober 2020 mengenai pergantian kartu Indosat Ooredoo beliau, atas nama Manajemen Indosat Ooredoo, kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami oleh Bapak Haris.

Tim Customer Service Indosat Ooredoo telah menghubungi Bapak Haris untuk memberikan penjelasan dan penyelesaian terhadap kendala yang dihadapi oleh pelanggan.

Penjelasan kami dapat dipahami pelanggan dan permasalahan telah diselesaikan dengan baik.

Kami mengucapkan terima kasih untuk masukan Bapak Haris dalam upaya meningkatkan kualitas layanan kami kepada pelanggan. Terima kasih. (DND)

Adrian Prasanto - VP-Head of Strategic Communications
Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta
Tanggapan Lain
Lihat Semua
Surat Pembaca
Lihat Semua
Taspen Semarang
Keluhan ke Taspen Semarang yang Tidak Memberikan Informasi Perubahan Rekening
Thai Airways
Thai Airways Menolak Permintaan Konsumen untuk Cash Refund
Bank CIMB Niaga
Tarik Tunai dengan Kartu Kredit Tidak Berhasil, Nasabah Tetap Ditagih Pembayaran
PT.Kumala Cemerlang Abadi (Dealer Wuling Gorontalo)
Sudah Dua Bulan, Pengembalian Uang Tanda Jadi Belum Juga Dikembalikan
halodoc
Sudah Dua Kali Mendaftar Test Lab di Halodoc, Namun Ditolak Tanpa Konfirmasi