Surat Pembaca
Sayurbox dan Tokopedia

Sayurbox Tidak Menginformasikan Pelanggan Saat Barang yang Dipesan Tidak Tersedia

Senin, 2 November 2020 | 14:55 WIB

Saya membeli sayur sebanyak 13 item di Sayurbox melalui Tokopedia pada Jumat, 30 Oktober 2020, dengan nomor invoice INV/20201030/XX/X/663821135. Paket dari Sayurbox tiba pada Sabtu, 31 Oktober pukul 13.41 WIB.

Setelah saya buka paket, ada tiga barang yang tidak ada, yaitu kunyit conventional 200 gram, pisang mas imperfect 1 sisir, dan curly kale conventional 200 gram.

Di kardus, Sayur Box menyertakan voucher refund, tetapi tidak dapat dipakai untuk pembelian di Tokopedia. Saya coba mengikuti langkah yang diberikan Tokopedia untuk refund, tetapi tidak berhasil karena yang disebutkan di petunjuk berbeda dengan praktiknya.

Saya kontak customer care-nya, yang memberikan informasi bahwa syarat refund harus disertai foto packing-an awal saat diterima, foto simulasi penempatan ke dalam packing-an, dan foto keseluruhan produk.

Saya coba tanya ke Sayurbox dan mendapat tanggapan yang sama, yaitu harus menyertakan foto saat diterima dan dalam sistem tidak ada keterangan refund.

Saya memang tidak membuat video maupun foto saat membuka paket, karena sejak awal tidak menyangka ada yang kurang. Tetapi, mestinya Sayur Box sudah mencatat kalau barang yang dikirim ke pembeli ada yang kurang.

Nilai ketiga barang itu hanya sebesar Rp 24.200, tetapi tidak seharusnya penjual berbuat demikian. Saya memilih merelakan tanpa refund daripada berbelit-belit seperti mengemis.

Sayurbox seharusnya memberikan informasi jika barang yang didisplay sedang kosong, atau proaktif memberikan informasi jika barang yang dibeli kosong, sekaligus memberikan informasi mengenai cara meminta refund.

Jangan menggampangkan pembeli hanya dengan memberikan voucher. Sepertinya ini terakhir saya membeli di Sayurbox. (IRA)

Alina
Breeze, Pondok Aren, Tangerang Selatan
Sayurbox

Sayurbox Tidak Menginformasikan Pelanggan Saat Barang yang Dipesan Tidak Tersedia

Rabu, 4 November 2020 | 13:43 WIB

Saya atas nama Sayurbox memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami Ibu Alina perihal kendala refund yang dialami sebelumnya.

Menanggapi keluhan yang disampaikan, Saya sebagai Head of Communications Sayurbox telah menghubungi Ibu Alina untuk menyampaikan permohonan maaf dan menyelesaikan permasalahan yang dialami oleh Ibu Alina. Atas nama pribadi dan Sayurbox, saya sekali lagi menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami oleh Ibu Alina.

Kami sangat menghargai masukan dan saran yang diberikan demi meningkatkan kualitas layanan Sayurbox agar lebih baik lagi. Kami harap Ibu Alina dan Keluarga diberikan kesehatan selalu di masa pandemi ini dan besar harapan kami agar Ibu Alina berkenan untuk memberikan kepercayaan kembali sebagai pelanggan setia Sayurbox. (IRA)

Best Regards,

Oshin Hernis - Head of Communications
Pejaten Barat, Jakarta
Tanggapan Lain
Lihat Semua
Surat Pembaca
Lihat Semua
Taspen Semarang
Keluhan ke Taspen Semarang yang Tidak Memberikan Informasi Perubahan Rekening
Thai Airways
Thai Airways Menolak Permintaan Konsumen untuk Cash Refund
Bank CIMB Niaga
Tarik Tunai dengan Kartu Kredit Tidak Berhasil, Nasabah Tetap Ditagih Pembayaran
PT.Kumala Cemerlang Abadi (Dealer Wuling Gorontalo)
Sudah Dua Bulan, Pengembalian Uang Tanda Jadi Belum Juga Dikembalikan
halodoc
Sudah Dua Kali Mendaftar Test Lab di Halodoc, Namun Ditolak Tanpa Konfirmasi