Surat Pembaca
JNE

Kecewa dengan Pelayanan Jasa Pengiriman JNE

Senin, 11 Januari 2021 | 22:14 WIB

Saya mau mengutarakan unek-unek soal pengiriman/penanganan/pelayanan jasa pengiriman JNE. Sebelumnya perkenalkan saya adalah seller ikan hias (cupang) yang merintis usaha di daerah Jakarta Timur.

Saya dapat pembeli yang tinggalnya di Gorontalo, Sulawesi. Awalnya saya belum tahu bagaimana cara kirim ikan ke luar pulau Jawa. Akhirnya saya dan teman cari jasa pengiriman yang bisa kirim ikan hias (cupang) ke luar pulau Jawa, dan sampailah di jasa pengiriman JNE.

JNE bilang bisa mengirim ikan ke luar pulau Jawa, asalkan harus ada surat karantina ikan yang dibuat di kantor BKIPM yang ada dibandara. Percakapan saya dengan JNE ini terjadi pada Desember 2020.

Saya dengan pembeli sepakat akan mengirimkan ikan hias (cupang) di bulan Januari saja, supaya tidak full  di jasa pengirimannya.

Pada 4 Januari 2021, saya datang ke kantor pengurusan pembuatan surat karantina ikan BKIPM di Halim (bukti tersimpan). Saya mengurus surat karantina ikan yang sebelumnya diinfokan harus dibuat untuk persyaratan pengiriman ikan hias (cupang) keluar pulau Jawa.

Setelah itu sore harinya saya langsung kirim paket ikan ke JNE dekat Bandara Halim PK (bukti tersimpan). Saya beranggapan pengiriman akan berjalan lancar karena semua persyaratan sudah lengkap.

Pada 6 Januari 2021 jam 08:55, saya cek di aplikasi JNE ada keterangan lanjutan, intinya paket di-hold karena tidak lolos pengecekan X-ray (bukti tersimpan).

Saya dateng lagi ke cabang JNE awal kirim untuk konfirmasi. Setelah dicek mereka bilang, "Oh itu lolos X-ray, makanya ada surat karantina itu dibantu supaya enggak lewat pengecekan jalur X-ray" (Bukti rekaman tersimpan), dan saya disuruh menunggu sampai tanggal 8 Januari 2021.

Saya menunggu sampai dengan tanggal yang yang diinformasikan oleh agen JNE awal kirim paket. Namun, pada 8 Januari 2021, saya cek lagi di aplikasi JNE jam 17:25, ada keterangan lagi ternyata "Barang dikirim Kurir (Jakarta)."

Otomatis saya langsung kaget dan segera menghubungi agen JNE via WhatsApp, dan dia bilang ternyata tidak lolos X-ray dan paket akan balik lagi ke agen JNE (bukti chat tersimpan).

Saya tunggu paket datang, walaupun di-hold minimal paket sudah ditangan lagi, karena itu paket ikan yang tidak kuat lama bertahan.

Saya tanya lagi besoknya, apakah sudah ada update paketnya sudah sampe di agen? Jawaban agen, bahwa barangnya sudah dikirim, dan lolos X-ray (bukti chat tersimpan).

Saya mulai bingung, bagaimana yang benar? Lolos atau tidak? Terus dimana paketnya kalau tidak lolos? Saya coba tanya melalui email ke JNECare. Tiga kali email tidak ada respon sama sekali (bukti screenshot email tersimpan).

Tidah hanya itu, saya coba DM ke Instagram JNECare, dan tidak ada jawaban juga sampai detik ini (bukti screenshot DM tersimpan).

Saya masih cari  cara bagaimana supaya dibalas. Saya coba DM di Facebook, dan Alhamdulillah ada jawaban. Tapi jawabannya muter-muter, tidak ada kejelasan sama sekali dimana paket saya.

Terakhir chat JNE di DM Facebook, infonya laporan ditunggu sampai 6 hari terhitung dari hari laporan (paket saya berupa ikan, yang tidak bisa tahan lama).

Sampai detik ini, saya cek di aplikasi status masih on process dan belum ada kejelasan di mana paket saya? Sampai kapan saya harus menunggu? Ikan saya keburu mati.

Saya tidak mau ribet dan bertele-tele. Saya cuma minta satu, paket saya di mana? Terima kasih. (IRA)

Arifin
Cipayung, Jakarta Timur
JNE Express

Kecewa dengan Pelayanan Jasa Pengiriman JNE

Senin, 1 Februari 2021 | 17:58 WIB

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di Kompas.com pada tanggal 11 Januari
2021 berjudul “Kecewa dengan Pelayanan Jasa Pengiriman JNE”, kami ingin menyampaikan
permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami oleh Bapak Arifin.

Sebagai bentuk itikad baik dan tanggung jawab JNE kepada pelanggan, kami telah merespon dan menghubungi Bapak Arifin.

Disini kami ingin menginformasikan bahwa permasalahan telah selesai dengan proses pergantian pada tanggal 26 Januari 2021.

Demikian kami sampaikan, terima kasih atas kepercayaannya menggunakan jasa kiriman JNE.
Untuk memberi saran dan kritik mengenai JNE silahkan menghubungi petugas Customer Care:
021-29278888 atau e-mail : customercare@jne.co.id.(SUC)

Hendrianida Primanti - Head Of Media Relations Dept.
Jl. Tomang Raya No. 11, Jakarta Barat.
Tanggapan Lain
Lihat Semua
TRAVELOKA & CIMB NIAGA
Kecewa Dengan Pelayanan Traveloka dan CIMB
Lazada Indonesia
Saldo Ditahan dan Toko Ditutup oleh Lazada
Lazada Indonesia
Kecewa Akun Seller Center Lazada Dibatasi, Dikenakan Pelanggaran dan Banding Ditolak
Panin Dai-Ichi Life
Lamanya Proses Klaim Asuransi Kematian Panin Dai-Ichi Life
First Media
Sulitnya Proses Berhenti Layanan Televisi First Media
Surat Pembaca
Lihat Semua
XL Axiata dan AXIS
Klaim Bundling e-SIM AXIS Untuk Samsung Galaxy A55 5G yang Sangat Membingungkan
Permata Bank
Kekecewaan Pada Permata Bank Dalam Melayani Sanggahan Transaksi Nasabah
J&T Cargo
Sudah Dua Puluh Lima Hari, Paket J&T Cargo Belum Juga Sampai
Shopee Indonesia dan JNE
Barang Dinyatakan Hilang, Shopee dan JNE Lepas Tangan
Bank Mandiri cab. Thamrin Jakarta Pusat
Lamanya Mencairkan Dana di Rekening Nasabah Bank Mandiri yang Sudah Meninggal