Surat Pembaca
Traveloka

Pelayanan Tim Preflight Traveloka Lambat dan Tidak Profesional

Jumat, 22 Januari 2021 | 21:21 WIB

Selama pandemi Covid-19, hampir semua negara menutup negaranya bagi para pendatang atau turis. Demikian halnya dengan Australia, yang menutup negaranya (kecuali untuk keluarga citizen dan PR).

Kami yang sudah membeli tiket pesawat SIA ke Sydney (Australia) terpaksa harus menunda penerbangan tersebut. Tiket pesawat ini kami beli melalui Traveloka beberapa bulan sebelumnya di tahun 2020 (Booking ID: 640569356 ).

Jauh hari sebelum tanggal penerbangan yakni 13 Januari dan 24 Januari, kami sudah mencoba untuk melakukan proses refund melalui aplikasi Traveloka. Sayangnya setiap kami menekan tombol “Submit”, keluar error message, sehingga proses refund gagal.

Setelah beberapa kali mencoba dan gagal terus, akhirnya terpaksa kami menelpon Call Center Traveloka, untuk minta bantuan mereka melakukan proses refund hotel dan tiket pesawat tersebut.

Setiap kali menelpon ke Call Center Traveloka, jawabannya selalu masih dalam proses pengajuan ke pihak terkait (hotel dan maskapai).

Hingga akhirnya pada 14 Januari, kami menerima inbox masuk, bahwa proses refund untuk hotel telah berhasil, sayangnya belum ada jawaban untuk tiket pesawat.

Setelah kami menelpon kembali beberapa kali ke call center, pada 16 Januari kami menerima inbox, bahwa tiket pesawat tidak dapat di-refund, dan ditawarkan reschedule dengan harus membayar “no show penalty”sebesar Rp4,5 juta per penumpang.

Sungguh jawaban yang mengejutkan, mengingat bahwa kami tidak dapat terbang karena force majeure pandemic Covid-19.

“No show penalty” juga tidak bijaksana, mengingat kami sudah mengajukan proses refund jauh hari sebelum tanggal penerbangan pesawat.

Seolah tim Preflight Traveloka tidak memproses refund ke pihak maskapai, sehingga pihak maskapai menerapkan “no show penalty,” dan yang lebih mengejutkan seolah tim Preflight Traveloka mau lepas tangan setelah mengirimkan inbox tersebut. Padahal kami masih mempunyai tiket pesawat lainnya, yakni tiket untuk tanggal 24 Januari.

Akhirnya kami menelpon Call Center Traveloka kembali untuk proses refund tiket pesawat tanggal 24 Januari tersebut. Namun, hingga surat ini kami tulis, jawaban dari pihak Traveloka masih sama, bahwa masih dalam proses pengajuan ke pihak maskapai.

Dengan respon yang lambat dan kurang profesional oleh tim Preflight Traveloka, kami sudah pesimis dengan proses refund tiket yang kedua tersebut.

Mohon pihak managemen Traveloka bisa menindaklanjuti proses refund kami, dan lebih bijaksana dalam merespon dan memberi jawaban kepada customer-nya. Terima kasih. (IRA)

Empy
Orlin Arcade Serpong Jaya, Tangerang Selatan
PT Trinusa Travelindo (Traveloka)

Pelayanan Tim Preflight Traveloka Lambat dan Tidak Profesional

Kamis, 11 Februari 2021 | 11:28 WIB

Pertama-tama, kami ingin mengucapkan rasa terima kasih atas dukungan yang telah diberikan Kompas.com kepada Traveloka selama ini.

Menanggapi surat yang ditujukan kepada Traveloka mengenai permintaan pengembalian dana tiket pesawat yang terbit di Kompas.com pada 22 Januari 2021, kami ingin menyampaikan bahwa tim internal kami telah menghubungi Bapak Empy guna berkoordinasi lebih lanjut serta memberikan solusi terbaik terkait situasi yang Bapak Empy alami. Adapun solusi tersebut telah diterima dengan baik oleh Bapak Empy.

Demikian informasi ini kami sampaikan. Atas pengertian dan kerja sama yang baik kami ucapkan terima kasih. (IRA)

Hormat kami, 

Citra P. - Tim Customer Care Traveloka
Wisma 77 Tower, Jakarta
Tanggapan Lain
Lihat Semua
Surat Pembaca
Lihat Semua
Taspen Semarang
Keluhan ke Taspen Semarang yang Tidak Memberikan Informasi Perubahan Rekening
Thai Airways
Thai Airways Menolak Permintaan Konsumen untuk Cash Refund
Bank CIMB Niaga
Tarik Tunai dengan Kartu Kredit Tidak Berhasil, Nasabah Tetap Ditagih Pembayaran
PT.Kumala Cemerlang Abadi (Dealer Wuling Gorontalo)
Sudah Dua Bulan, Pengembalian Uang Tanda Jadi Belum Juga Dikembalikan
halodoc
Sudah Dua Kali Mendaftar Test Lab di Halodoc, Namun Ditolak Tanpa Konfirmasi