Surat Pembaca
Hewlett Packard Indonesia

Berkali-kali Datang ke Service Center, Laptop Masih Mengalami Masalah

Senin, 15 Maret 2021 | 12:03 WIB

Saya mendapatkan pengalaman yang kurang baik saat menggunakan produk HP laptop di service center Surabaya.

Pada 7 Agustus 2020, saya membeli laptop HP Pavilion Gaming 15 EC1016AX seharga Rp 12 juta sekian dengan masa garansi 2 tahun.

Semua berjalan normal, untuk bermain game maupun edit video. Saya sempat review juga di channel YouTube saya.

Pada 22 Desember 2020, unit mengalami overheat di bagian CPU, bisa mencapai 100 derajat celsius lebih saat running game. Saya mendapat konfirmasi untuk penggantian heatsink.

Menurut keterangan pihak service center, harus ganti heatsink dan menunggu sparepart dari Jakarta. Saya drop laptop saya di service center.

Pada 20 Januari 2021, laptop saya selesai diservis. Saat saya gunakan untuk bermain game, CPU dan GPU overheat hingga 90 derajat celcius lebih.

Sebelum diservis, suhu GPU saya normal dikisaran 60 derajat celcius.

Pada 21 Januari 2021, saya bawa kembali ke service center beserta cara untuk test suhu saat running game dengan kondisi laptop menggunakan adapter (charger). Saya drop laptop dan charger di service center.

Pada 27 Januari 2021, saya menanyakan status laptop. Tanpa konfirmasi dari saya, service center order mainboard (motherboard) baru.

Saya baru mendapatkan info setelah saya tanyakan by WA. Jawaban tetap sama, saya diminta menunggu untuk sparepart dari Jakarta.

Pada 4 Februari 2021, saya kembali menanyakan status laptop saya by WA, tapi tidak ada balasan. Sehingga saya harus mendatangi service center di Surabaya.

Posisi saya saat itu masih domisili di Gresik.

Pada 23 Februari 2021, setelah diganti motherboard, unit laptop saya tetap bermasalah. Oleh teknisi disarankan untuk install ulang Windows.

Saya backup data di laptop, lalu saya serahkan kembali ke service center.

Pada 5 Maret 2021, saya mendatangi service center, unit saya masih mengalami kendala software. Menurut keterangan customer service akan diorderkan kembali motherboard dari Jakarta.

Pada 11 Maret 2021, saya diberitahu jika laptop saya rusak di bagian wifi, masih diorderkan spare part dari Jakarta dan diminta menunggu.

Saya sudah ke service center berkali-kali hanya untuk service laptop saya dari Desember 2020 hingga Maret 2021 tapi masih belum menemukan titik terang.

Dari pihak service center hanya bisa menjanjikan penggantian sparepart, yang entah sampai kapan baru selesai diperbaiki.

Total sudah tiga bulan saya tidak bisa menggunakan laptop tersebut untuk beraktifitas. Laptop saya masih tergolong baru dan masih dalam masa garansi.

Saya butuh kejelasan kapan unit saya akan selesai diperbaiki. Jika memang ada opsi untuk diganti unit baru yang setipe karena unit saya defect dari pabriknya, saya bersedia.

Daripada harus menunggu service yang tidak jelas kapan selesainya. Laptop saya bermasalah di CPU yang overheat. Tetapi setelah saya serahkan di service center, bukannya masalah selesai, tapi malah bertambah.

GPU overheat, replace heatsink, replace motherboard, dan saat ini proses replace wifi.

Apakah service center HP memang tidak kompeten, hingga masalah CPU overheat harus merembet ke pergantian berbagai sparepart dan memakan waktu 3 bulan lebih?

Saya sangat membutuhkan laptop tersebut untuk pekerjaan dan hobi saya, apalagi di masa pandemi seperti ini. Mohon perhatiannya dari pihak HP. (DND)

Budi Agung
Jalan Kutisari Selatan XV, Surabaya
HP Inc. Indonesia

Berkali-kali Datang ke Service Center, Laptop Masih Mengalami Masalah

Selasa, 20 April 2021 | 12:35 WIB

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan kepada HP Indonesia oleh konsumen atas nama Budi Agung pada hari Senin, 15 Maret 2021 di Kompas.com, kami telah menyelesaikan isu terkait dengan konsumen.

Kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang telah dialami konsumen.

Perwakilan HP Service Center kami di Surabaya telah menghubungi konsumen dan mengganti unit dengan yang baru pada 5 April 2021.

Kami ucapkan terima kasih atas perhatian Kompas.com untuk perhatiannya. (DND)

Salam hangat,

HP Indonesia
Jl. Casablanca Raya Kav. 88, DKI Jakarta, 12870
Tanggapan Lain
Lihat Semua
TRAVELOKA & CIMB NIAGA
Kecewa Dengan Pelayanan Traveloka dan CIMB
Lazada Indonesia
Saldo Ditahan dan Toko Ditutup oleh Lazada
Lazada Indonesia
Kecewa Akun Seller Center Lazada Dibatasi, Dikenakan Pelanggaran dan Banding Ditolak
Panin Dai-Ichi Life
Lamanya Proses Klaim Asuransi Kematian Panin Dai-Ichi Life
First Media
Sulitnya Proses Berhenti Layanan Televisi First Media
Surat Pembaca
Lihat Semua
XL Axiata dan AXIS
Klaim Bundling e-SIM AXIS Untuk Samsung Galaxy A55 5G yang Sangat Membingungkan
Permata Bank
Kekecewaan Pada Permata Bank Dalam Melayani Sanggahan Transaksi Nasabah
J&T Cargo
Sudah Dua Puluh Lima Hari, Paket J&T Cargo Belum Juga Sampai
Shopee Indonesia dan JNE
Barang Dinyatakan Hilang, Shopee dan JNE Lepas Tangan
Bank Mandiri cab. Thamrin Jakarta Pusat
Lamanya Mencairkan Dana di Rekening Nasabah Bank Mandiri yang Sudah Meninggal