Surat Pembaca
Telkomsel

Kuota Belajar Telkomsel Tidak Bisa Lagi Digunakan Untuk Google Meet

Rabu, 8 September 2021 | 18:30 WIB

Saya adalah guru sekolah yang sejak pandemi mengajar dari rumah dan sangat bergantung pada kuota belajar yang saya beli di Telkomsel. Hal ini karena kuota dari kementerian sangat jauh dari cukup, tapi saya bersyukur masih dapat kuota.

Dengan laptop yang sama (laptop milik sekolah) dan aplikasi yang sama (Google Chrome), saya selalu menggunakan Google Meet untuk mengajar.

Namun sejak Senin, 6 September 2021, saya mengalami kekecewaan karena saat saya menggunakan Google Meet ternyata yang terpotong adalah kuota utama saya.

Saya sempat menghubungi Customer Service Telkomsel sebanyak 5 kali dan mendapat 4 tiket pelaporan. Akan tetapi respon yang diberikan sangatlah tidak memuaskan dan lambat.

Telkomsel seolah-olah menyalahkan saya, bahwa saya menggunakan atau membuka aplikasi lain ketika saya mengajar.

Padahal saya sudah katakan bahwa saya adalah gurunya, sehingga saya tidak mungkin mengajar sambil menonton Youtube atau tontonan online lainnya.

Oleh karena kuota utama saya semakin menipis, maka saya menghubungi Customer Service Telkomsel lagi. Lalu salah satu agen mereka mengatakan bahwa hal itu disebabkan karena saya menggunakan hotspot dari handphone saya ke laptop.

Padahal di https://my.telkomsel.com/app/package-details/68c4b16ef346a8d08b4650e2155c2d0b pada item #4 dikatakan bahwa, "Apabila pelanggan melakukan tethering dan mengakses aplikasi atau web tersebut di atas, maka akan mengurangi Kuota Belajar." dan salah satu aplikasi atau web yang dimaksud adalah Google Meet.

Akhirnya mereka mengatakan bahwa yang saya akses kebanyakan adalah Google Hangout dan bukanlah Google Meet.

Padahal kalau dicari di internet, dikatakan bahwa Google Hangout dan Google Meet adalah sama. (Silahkan coba google "Google Hangout" maka akan tampil hasil pencarian yang paling pertama yang berkata "Hangouts is now Google Meet - Google Meet.")

Saya sudah menggunakan kuota belajar ini selama berbulan-bulan dan baru mulai minggu ini mengalami hal yang buruk.

Untuk teman-teman guru dan adik-adik siswa, bersiap-siaplah dengan kuota utama juga apabila kalian menggunakan kuota belajar Telkomsel untuk Google Meet, karena sudah tidak bisa lagi sekarang.

Terima kasih dan tetap semangat. (IRA)

Natalie
Jl. Lengkeng, Rawa Buaya
PT Telekomunikasi Selular

Kuota Belajar Telkomsel Tidak Bisa Lagi Digunakan Untuk Google Meet

Kamis, 23 September 2021 | 15:12 WIB

Merujuk pada surat pembaca di Kompas.com pada tanggal 8 September 2021 oleh Ibu Natalie mengenai kuota belajar Telkomsel tidak bisa lagi digunakan untuk Google Meet.

Dapat kami sampaikan bahwa Telkomsel telah menghubungi pelanggan secara langsung dan melakukan pemeriksaan terhadap kendala yang dialami oleh pelanggan. Telkomsel juga telah mengupayakan solusi terbaik atas kendala yang dihadapi.

Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami dan terima kasih atas kritik serta saran yang disampaikan kepada Telkomsel.

Beragam informasi produk, fitur, serta layanan self care dari Telkomsel dapat diakses tanpa biaya melalui browser interaktif *111# untuk kartuHalo, *999# untuk simPATI, *100# untuk Kartu As dan *567# untuk LOOP.

Pelanggan dapat menghubungi Call Center 188, dimana pelanggan kartuHalo tidak dikenakan biaya, sedangkan pelanggan simPATI, Kartu As dan LOOP dikenakan biaya Rp 300 per panggilan. Selain itu pelanggan dapat mengunjungi berbagai channel digital Telkomsel, mulai dari web https://my.telkomsel.com dan aplikasi myTelkomsel, email ke cs@telkomsel.co.id, TselCHAT, serta akun Facebook dan Twitter Telkomsel.

Demikian disampaikan, terima kasih atas perhatian dan kepercayaan Ibu Natalie dalam menggunakan beragam produk dan layanan Telkomsel.

Kepuasan ataupun masukan pelanggan adalah inspirasi bagi kami untuk selalu melakukan inovasi baru dan secara konsisten memberikan layanan yang terbaik.(SUC)

Kurnia Purwanto - Manager Media Relations
Telkom Landmark Tower 1, Jakarta.
Tanggapan Lain
Lihat Semua
IndiHome
Pelanggan Dikenai Denda Meski Kesalahan Terjadi Pada Sistem Pembayaran IndiHome
Bank Danamon
Kecewa dengan Layanan Bank Danamon
Bank Danamon
Kecewa dengan Kartu Kredit Danamon Amex
Customer Service Kartu Kredit BCA
Sulitnya Mengurus Surat Lunas Kartu Kredit BCA
Tunaiku - Amar Bank
Tagihan Sudah Lunas, Tunaiku Amar Bank Tidak Kunjung Memperbaharui Status SLIK OJK
Surat Pembaca
Lihat Semua
PT Telkom Indonesia
Sudah 10 hari Indihome Mengatakan Sedang Perbaikan Central
Bagian Pelayanan dan Teknisi Telkomsel
Jaringan Internet Jelek, Optimasi Hanya Janji
Bank Danamon
Kecewa dengan Kartu Kredit Danamon Amex
Shopee
Transaksi QRIS Gagal, Tapi Saldo ShopeePay Malah Terpotong
Pemimpin Cabang Pembantu Bank BSI KCP Jakarta Pangkalan Jati 1
Respon Cepat dan Tindak Lanjut Solusi oleh Pihak BSI