Surat Pembaca
Bank Danamon bagian Kartu Kredit

Mendapat Tagihan Kartu Kredit yang Bukan Transaksi Saya

Selasa, 14 Juni 2022 | 13:05 WIB

Saya adalah pengguna kartu kredit Danamon sejak tahun 2020. Pada tagihan bulan Mei, saya mendapatkan tagihan yang bukan transaksi saya senilai Rp 1.820.835 dari merchant PAYSSION yang saya pun tidak mengetahuinya. Saya cek di internet, ini merupakan website luar negri. Saya sudah melakukan sanggahan dan mendapatkan balasan dari pihak Bank Danamon bahwa ini merupakan transaksi saya karena saya mendapat kode OTP.

Memang benar saya mendapat kode OTP namun saya tidak pernah memberikan kode OTP kepada pihak manapun, dan sayapun selama ini banyak SMS yang masuk pun tidak terbaca di Handphone dan saya jarang sekali buka SMS. Biasanya jika saya menggunakan kartu kredit, ada notifikasi transaksi berhasil di email, namun untuk transaksi ini, tidak ada notifikasi di email saya. Saya sudah mengajukan komplain berulang kali ke HelloDanamon namun jawaban dari Customer Service menjawab berulang kali transaksi ini menjadi tanggung jawab saya karena saya menerima kode OTP. Jaman sekarang kode OTP pun sudah bisa diretas oleh oknum hacker untuk pencurian data.

Dari pihak HelloDanamon menyampaikan bahwa transaksi ini sebenarnya masih bisa dibatalkan, namun tagihan ini tetap menjadi tanggung jawab saya. Saya meminta kejelasan mengenai merchant PAYSSION ini, pihak HelloDanamon juga tidak bisa menjawab, hanya bilang PAYSSION. Saya mengecek IP address dari pelaku dimana alamatnya bukanlah alamat IP kantor, HP, ataupun IP rumah saya. Tidak ada bantuan dan penjelasan mengenai nama merchant ini tetapi Danamon tetap mengharuskan saya untuk membayar.

Saya telah membayar seluruh tagihan kartu kredit ini dan memblokir kartunya. Untuk biaya bunga atas tagihan ini dari pihak Danamon bisa menghapuskan, tapi untuk transaksi ini tetap saya harus membayar, diberikan keringanan dengan cicilan. Jika nominal kecil, saya bisa membayar.

Tapi jika nilai sudah jutaan? Saya pasti membayar jika transaksi ini adalah tagihan saya, tapi ini jelas-jelas malware, pencurian data dari kode OTP, transaksi kartu kredit yg bukanlah transaksi saya. Saya akan membayar, jika pihak investigasi dari Danamon menjelaskan merchant apa Payssion itu? Transaksi apa senilai Rp 1.820.835? Saya minta kepada pihak kartu kredit Bank Danamon agar dapat membantu menyelesaikan masalah ini. Terima kasih. (FAP)

Rita Septavia
Jakarta
PT Bank Danamon Indonesia, Tbk

Mendapat Tagihan Kartu Kredit yang Bukan Transaksi Saya

Rabu, 15 Juni 2022 | 11:11 WIB

Sehubungan dengan pengaduan dari Ibu Rita Septavia melalui redaksi Inside kompas.com, 14 Juni 2022 Keluhan dengan judul ”Mendapat Tagihan Kartu Kredit yang Bukan Transaksi Saya” dapat kami sampaikan bahwa pengaduan tersebut telah ditindaklanjuti dengan mengirimkan surat kepada Ibu Rita Septavia pada tanggal 22 Juni 2022. Hal ini dikarenakan kami menghubungi Ibu Rita Septavia beberapa kali, namun tidak terjawab.

Demikian klarifikasi ini kami sampaikan. Atas perhatian dan kerjasama redaksi Inside Kompas.com untuk memuat hak jawab ini, kami ucapkan terima kasih. (IRA)

Hormat kami,

Kishartomo Purnomo - (PJS) Contact Center Head
Menara Bank Danamon, Jakarta
Tanggapan Lain
Lihat Semua
PT. Visionet Internasional (OVO)
Cashback Penyesuaian OVO Point Tidak Diterima Dengan Alasan Kuota Promo Mencapai Limit
Divisi Kartu Kredit UOB Indonesia
Belum Terima dan Aktifkan Kartu Kredit UOB, Namun Tagihan Iuran Tahunan Sudah Muncul
Bank CIMB NIAGA
KPR Lunas, Dana Deposit Selama 15 Tahun Belum Cair
IKEA
Beli Barang di Online Store IKEA, Sudah Satu Bulan Barang Tidak Kunjung Tiba
Permata Bank Divisi Kartu Kredit
Kinerja Divisi Kartu Kredit Bank Permata Tidak Profesional
Surat Pembaca
Lihat Semua
Telkom / IndiHome
Lamanya Penanganan Layanan IndiHome
Bank Mandiri
Bank Mandiri Menagih Transaksi yang Sudah Dibatalkan Merchant
Provider Tri
Sudah Membeli Paket Home Tetapi Kuota Tidak Masuk
PT. KEMBANG SARI BUANA
Pembayaran Tidak Sesuai Dengan yang Dijanjikan
JNT / J&T
Isi Paket Hilang Sebagian, namun Hingga Kini Keluhan Tidak Ditindaklanjuti
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.