Surat Pembaca
IKEA Sentul City

Kecewa dengan Proses Pengiriman Barang IKEA yang Hingga Saat Ini Belum Sampai

Kamis, 23 Juni 2022 | 09:35 WIB

Pada 1 Juni 2022, saya membeli beberapa furniture di IKEA Sentul City senilai hampir Rp 17.000.000 dengan nomor pesanan 6102201XXXX. Karena jumlahnya banyak, saya meminta pihak IKEA mengirimkan ke rumah, untuk jadwal pengiriman yang telah disepakati yaitu pada 6 Juni 2022.

Namun hingga 6 Juni 2022 tidak ada informasi apapun, akhirnya saya menghubungi CS IKEA dan disampaikan bahwa IKEA sedang perbaikan sistem gudang sehingga pengiriman akan terlambat, CS IKEA juga tidak memberi kejelasan sampai kapan masalah ini akan teratasi.

Setiap selang beberapa hari saya email dan telepon, tapi karena Customer Service berbeda-beda saya harus menjelaskan dari nol permasalahan yang terjadi. Jawaban yang saya terima pun tidak pernah memuaskan, karena tidak jelas posisi barang yang saya pesan sudah berada di mana.

Pada 11 Juni 2022, saya mendapatkan email jawaban "Untuk senantiasa meningkatkan pengalaman berbelanja Anda bersama IKEA Indonesia, saat ini kami tengah melakukan peningkatan pada sistem logistik. Kami memahami bahwa hal ini telah menyebabkan keterlambatan dalam pengiriman pesanan Anda dari waktu yang seharusnya. Namun, kami dapat mengkonfirmasikan bahwa pesanan Anda saat ini sudah masuk dalam prioritas proses pengiriman kami."

Baiklah, saya cukup senang karena ada istilah "dalam prioritas" dan berharap dalam satu dua hari ada progres terkait pengiriman barang saya. Namun itu hanya harapan saja, buktinya hingga hari ini barang yang saya pesan tidak sampai ke tangan saya.

Pada 13 Juni 2022, saya kembali menghubungi CS IKEA dan mendapatkan informasi bahwa ada dua item yang tidak tersedia, maka saya putuskan untuk membatalkan pesanan dua item tersebut.

Saya diminta mengirimkan KTP dan kartu pembayaran, saat itu juga saya kirimkan email sebagaimana yang diminta pihak IKEA. Namun, hingga kini email tidak dibalas bahkan saya tidak mengetahui hasil keputusan atas proses refund tersebut.

Pada 18 Juni 2022, saya mendapatkan informasi bahwa barang saya sudah dikemas dan siap kirim dan diinformasikan akan dikirim dalam kurun waktu maksimal 3 hari.

Sampai saat ini, saya belum juga menerima barang yang saya pesan sejak 1 Juni tersebut. Bahkan, untuk proses refund 2 item yang saya batalkan juga tidak mendapatkan respon dan kepastian.

Padahal, barang yang saya beli adalah barang-barang urgent untuk pindahan seperti ranjang anak-anak, meja belajar, meja kantor, meja tamu, kursi dan lain-lain. 

Saya sangat menyesal telah berbelanja di IKEA karena hal ini, semoga kejadian ini tidak menimpa konsumen lain. Semoga dapat segera ditindaklanjuti oleh pihak yang bertanggung jawab.

Terima kasih. (SUC)

Aditia Gunawan
Perum Permata Asri, Depok.
IKEA Indonesia

Kecewa dengan Proses Pengiriman Barang IKEA yang Hingga Saat Ini Belum Sampai

Minggu, 26 Juni 2022 | 21:08 WIB

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di Kompas.com pada Kamis, 23 Juni 2022 berjudul, “Kecewa dengan Proses Pengiriman Barang IKEA yang Hingga Saat Ini Belum Sampai”, kami ingin menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami oleh Bapak Aditia Gunawan.

Tim Customer Service kami telah merespon dan menghubungi Bapak Aditia Gunawan untuk menjelaskan terkait keluhan yang disampaikan. Bapak Aditia Gunawan juga sudah menerima penjelasan kami dengan baik. Saat ini produk yang dipesan sudah diterima seluruhnya sehingga permasalahan ini telah selesai.

Di IKEA, kami senantiasa berpedoman pada nilai-nilai kami untuk terus menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi banyak orang. Kami menyampaikan terima kasih atas perhatian dan kepercayaan Bapak Aditia Gunawan untuk membeli produk di IKEA Indonesia.

Kami menghargai setiap masukan dan saran yang diberikan demi meningkatkan kualitas layanan IKEA Indonesia. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, silahkan menghubungi kami melalui telepon di 021 - 2985 3900, layanan chat WhatsApp 0811-1300-2242 dan email cs@ikea.co.id. 

Demikian kami sampaikan. Terima kasih atas dimuatnya tanggapan ini. (IRA)

Salam hangat, 

Customer Relations
Jl. Jalur Sutera Boulevard, Tangerang, Banten
Tanggapan Lain
Lihat Semua
PT. Visionet Internasional (OVO)
Cashback Penyesuaian OVO Point Tidak Diterima Dengan Alasan Kuota Promo Mencapai Limit
Divisi Kartu Kredit UOB Indonesia
Belum Terima dan Aktifkan Kartu Kredit UOB, Namun Tagihan Iuran Tahunan Sudah Muncul
Bank CIMB NIAGA
KPR Lunas, Dana Deposit Selama 15 Tahun Belum Cair
IKEA
Beli Barang di Online Store IKEA, Sudah Satu Bulan Barang Tidak Kunjung Tiba
Permata Bank Divisi Kartu Kredit
Kinerja Divisi Kartu Kredit Bank Permata Tidak Profesional
Surat Pembaca
Lihat Semua
Telkom / IndiHome
Lamanya Penanganan Layanan IndiHome
Bank Mandiri
Bank Mandiri Menagih Transaksi yang Sudah Dibatalkan Merchant
Provider Tri
Sudah Membeli Paket Home Tetapi Kuota Tidak Masuk
PT. KEMBANG SARI BUANA
Pembayaran Tidak Sesuai Dengan yang Dijanjikan
JNT / J&T
Isi Paket Hilang Sebagian, namun Hingga Kini Keluhan Tidak Ditindaklanjuti
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.