Surat Pembaca
Tokopedia

Dana Penjualan Toko Saya Dipotong Secara Sepihak

Jumat, 9 Juni 2017 | 07:15 WIB

Pada tanggal 22 Maret 2017, saya menerima email dari Tokopedia yang berisi, "Sistem kami menginformasikan bahwa transaksi Anda terindikasi sebagai transaksi manipulasi dengan memanfaatkan metode pembayaran kartu kredit dan promo di platform kami sebagai sarana untuk mendapatkan uang tunai".

Saya lalu membalas email ke Tokopedia untuk menyangkal transaksi tersebut yang berisi, "Saya ingin menginformasikan bahwa transaksi yang terjadi di Tokopedia selama ini adalah transaksi real dan barang yang saya jual seluruhnya adalah ready stock. Kami bersedia melampirkan foto nota dan produk yang dibeli serta resi pengiriman untuk membuktikan transaksi penjualan adalah".

Namun Tokopedia tidak pernah memberikan jawaban atau bukti atas tuduhan transaksi manipulasi tersebut. Hingga akhirnya pada tanggal 26 April 2017, dana sebesar Rp24.550.160 diambil secara sepihak oleh Tokopedia dan melakukan penutupan permanen pada toko saya.

Hal ini sangat merugikan para penjual karena penjual tidak mengetahui cara pembayaran pembeli dengan kartu kredit atau debit dan jika dianggap transaksi mencurigakan maka dana akan dipotong sepihak oleh Tokopedia.

 

 

Christopher
Jln Prapanca 23, Surabaya
PT Tokopedia

Dana Penjualan Toko Saya Dipotong Secara Sepihak

Jumat, 16 Juni 2017 | 12:41 WIB

Berdasarkan investigasi yang dilakukan oleh tim kami, terdapat pelanggaran syarat dan ketentuan dalam transaksi yang dimaksud oleh Saudara Christopher (https://www.tokopedia.com/terms.pl#CC). 

Apabila terdapat transaksi pembelian barang dengan menggunakan kartu kredit yang melanggar ketentuan hukum dan/atau syarat ketentuan Tokopedia, maka Tokopedia berwenang untuk:

- membatalkan transaksi;

- menahan dana transaksi selama diperlukan oleh Tokopedia, pihak Bank, maupun mitra payment gateway terkait untuk melakukan investigasi yang diperlukan, sekurang-kurangnya 28 hari kerja;

- melakukan pemotongan dana sebesar 15% (lima belas persen) dari nilai transaksi, dan juga menarik kembali nilai subsidi sehubungan penggunaan kartu kredit.

Saat ini, kami menghimbau Saudara Christopher untuk bersikap kooperatif dalam menyelesaikan kasus melalui email yang dikirimkan oleh Tim Fraud Tokopedia. Kami juga menghimbau kepada seluruh pengguna untuk selalu menaati syarat dan ketentuan dalam bertransaksi melalui platform kami demi keamanan dan kenyamanan bersama.

Atas perhatian dan kerja sama Rekan Media, kami mengucapkan terima kasih.

Salam,

Siti Fauziah - Communications Lead
Tokopedia Tower, Lantai 52 Jalan Prof. Dr. Satrio Kav. 11 Karet Semanggi, Setiabudi, Jakarta Selatan, 12940
Tanggapan Lain
Lihat Semua
TRAVELOKA & CIMB NIAGA
Kecewa Dengan Pelayanan Traveloka dan CIMB
Lazada Indonesia
Saldo Ditahan dan Toko Ditutup oleh Lazada
Lazada Indonesia
Kecewa Akun Seller Center Lazada Dibatasi, Dikenakan Pelanggaran dan Banding Ditolak
Panin Dai-Ichi Life
Lamanya Proses Klaim Asuransi Kematian Panin Dai-Ichi Life
First Media
Sulitnya Proses Berhenti Layanan Televisi First Media
Surat Pembaca
Lihat Semua