Surat Pembaca
Tokopedia

Tokopedia Sangat Mengecewakan

Senin, 3 Juli 2017 | 23:06 WIB

Saya sangat kecewa kepada Tokopedia sebagai penyedia layanan e-commerce atas transaksi saya. Pada 3 Juni 2017, saya melakukan transaksi pembelian dengan nomor 030068694564. Barang tiba dengan cepat, sayangnya ada komponen yang tidak lengkap. Penjual lantas meminta saya untuk mencari sendiri.

Karena saya membeli barang tersebut sesuai kebutuhan saya, sehingga mau tidak mau saya cari sendiri. Tidak ada pernyataan penyesalan dari penjual atas hal ini. Lalu kemudian barang tersebut saya pakai saat cuti bersama. Ternyata barang tersebut memiliki defect, sangat mudah kemasukan air hujan, sehingga saya harus memperbaikinya selama liburan di sepanjang jalan. Jelas saya sangat kecewa.

Pada 30 Juni 2017, di tengah liburan saya mendapatkan pesan di email saya (yang jarang saya buka sejak liburan panjang) dari Tokopedia yang menyatakan bahwa saya tidak merespon pernyataan penjual bahwa yang bersangkutan akan mengirimkan barang pengganti. Saya cek ternyata penjual memang menawarkan mengirimkan barang pengganti dengan catatan menunggu sampai karyawannya datang karena karyawannya lah yang lalai.

Aneh menurut saya, mengirimkan barang kecil saja harus menunggu orang lain. Lagipula dalam pesan penjual tidak tampak itikad baik atas kekurangannya, dan anehnya Tokopedia justru mem-push saya untuk segera menyelesaikan masalah ini sebelum 1 Juli 2017 atau akan dianggap selesai bila tidak ada tanggapan dari saya.

Saya belanja online bukan baru sekali di Tokopedia, bisa dicek di-history saya. Saya juga belanja online di portal lain, tapi tidak pernah ada kasus seperti ini yaitu pihak ketiga yakni penyedia portal (dalam hal ini Tokopedia) meminta saya untuk memberikan respon tanpa melakukan pengecekan di mana letak masalahnya dan bagaimana kondisi sebenarnya.

Ingat, saya membeli karena memang saya butuh dan sudah membayar. Saat saya tidak mendapatkan barang dengan lengkap dan kemudian penjual tidak menunjukkan itikad baik, maka wajarkah Tokopedia mem-push saya untuk merespon? Tolong fair. Saya tidak pernah temukan hal seperti ini di tempat lain, yang menjadi portal favorit saya. Setiap masalah langsung diselesaikan oleh penjual dan didukung oleh portal. 

Alexander Priyo
Jl Jingganagara 23, Kotabaru, Parahyangan
PT Tokopedia

Tokopedia Sangat Mengecewakan

Rabu, 19 Juli 2017 | 00:41 WIB

Berdasarkan pengecekan lebih lanjut atas keluhan Saudara Alexander Priyo (http://inside.kompas.com/suratpembaca/read/54310/Tokopedia-Sangat-Mengecewakan) pada transaksi INV/20170603/XVII/VI/86128767, kami informasikan pihak penjual ternyata sudah mengirim komponen barang pesanan Saudara Alexander yang tidak lengkap, yaitu baut untuk produk lampu LED. Barang tersebut sudah diterima dengan baik oleh Saudara Alexander pada tanggal 7 Juli 2017. Tim Pusat Resolusi Tokopedia juga sudah menelepon Saudara Alexander untuk melakukan konfirmasi bahwa Saudara Alexander bersedia menerima komponen barang tanpa melanjutkan komplain tentang ketahanan produk terhadap air (waterproof).

Per tanggal 11 Juli 2017, komplain telah diselesaikan dan dana telah diteruskan kepada penjual.

Akhir kata, kami ingin mengucapkan terima kasih atas kesediaan Saudara Alexander dalam mengamati proses transaksi online yang terjadi melalui platform kami. Catatan dari pengguna akan sangat berguna bagi perjalanan Tokopedia ke arah yang lebih baik.

Atas perhatian dan kerja samanya, kami mengucapkan terima kasih.

Salam,

Siti Fauziah - Communications Lead
Tokopedia Tower, Lantai 52 Jalan Prof. Dr. Satrio Kav. 11 Karet Semanggi, Setiabudi, Jakarta Selatan, 12940
Tanggapan Lain
Lihat Semua
TRAVELOKA & CIMB NIAGA
Kecewa Dengan Pelayanan Traveloka dan CIMB
Lazada Indonesia
Saldo Ditahan dan Toko Ditutup oleh Lazada
Lazada Indonesia
Kecewa Akun Seller Center Lazada Dibatasi, Dikenakan Pelanggaran dan Banding Ditolak
Panin Dai-Ichi Life
Lamanya Proses Klaim Asuransi Kematian Panin Dai-Ichi Life
First Media
Sulitnya Proses Berhenti Layanan Televisi First Media
Surat Pembaca
Lihat Semua