Surat Pembaca
Bukalapak

Uang Belum Dikembalikan

Selasa, 11 Juli 2017 | 06:53 WIB

Tanggal 3 Juli 2017, saya memesan barang di Bukalapak dengan nomor transaksi 170450746087 dan nomor tagihan #BL17113QM79IINV. Pembayaran via transfer bank sukses dan dikonfirmasikan barang segera dikirim. Tanggal 3 Juli 2017, saya mendapat konfirmasi bahwa pesanan dikembalikan atau ditolak pelapak.

Sesuai konfirmasi dari Bukalapak bahwa dana pembelian telah dikembalikan sejumlah Rp.511.187 ke saldo Buka Dompet saya, akan tetapi hingga hari ini pengembalian dana saya belum juga masuk ke saldo Buka Dompet saya. Saya sudah coba menghubungi Call Centre Bukalapak berhari-hari.

Saya coba kontak dengan menghabiskan banyak pulsa, tetapi tidak pernah bisa terhubung. Kemudian kirim email ke Customer Support Bukalapak dijawab dan diarahkan ke bantuan Bukalapak dan hubungi Bukalapak. Saya sudah coba login ke hubungi Bukalapak tapi selalu gagal karena dibilang nomor transaksi dan nomor tagihan saya "tidak valid".

Saya tidak mengerti dan bingung kenapa saat pembayaran nomor transaksi dan nomor tagihan valid, tapi saat ada permasalahan refund dana nomor transaksi dibilang "tidak valid". Hingga hari ini, saya belum mendapat tanggapan dan jawaban dari Bukalapak perihal keluhan saya. Hampir setiap hari saya kirim email ke Bukalapak untuk memperoleh konfirmasi dan jawaban Bukalapak, tapi tidak juga ada jawaban dan tanggapan.

Saya sangat tidak respect dan sangat kecewa dengan Bukalapak yang sangat lamban dan cenderung tidak tanggap dengan keluhan pelanggan. Hanya sekali tanggal 7 Juli 2017 mendapat konfirmasi dari team Fraud Bukalapak bahwa pengaduan saya akan segera ditindaklanjuti. Sampai sekarang tidak ada action dari pihak Bukalapak.

Untung Gunawan
Jln. Gajah Mada II/1, Seririt, Singaraja, Bali
PT Bukalapak.com

Uang Belum Dikembalikan

Kamis, 13 Juli 2017 | 10:51 WIB

Terima kasih atas hubungan yang terjalin dengan baik antara Bukalapak dan Kompas.com selama ini. Sehubungan dengan dimuatnya Surat Pembaca di Kompas.com tertanggal 11 Juli 2017 yang ditulis oleh Bapak Untung Gunawan perihal transaksi di Bukalapak dengan artikel yang berjudul "Uang Belum Dikembalikan", izinkanlah kami untuk membantu memberikan penjelasan.

Perihal keluhan yang dialami oleh Bapak Untung Gunawan, kami telah menghubungi Bapak Untung via telepon perihal proses refund dana dari transaksi nomor 170450746087. Kami telah menyampaikan bahwa pada transaksi tersebut Bapak Untung melakukan transaksi sebagai Quickbuyer atau tanpa membuat akun Bukalapak terlebih dahulu, sehingga dana dari transaksi tersebut ketika dilakukan refund, tidak akan masuk ke saldo BukaDompet Bapak Untung, yang mana Bapak Untung telah membuat akun di Bukalapak setelah melakukan transaksi nomor 170450746087. Saat ini dana dari transaksi tersebut sudah kami bantu cairkan ke rekening Bapak Untung dan statusnya sudah diproses pencairan dana pada tanggal 12 Juli 2017.

Bukalapak akan selalu berkerja sama dengan para Pelapak dan Pembeli kami, demi kenyamanan mereka selama bertransaksi berjualan dan juga berbelanja. Kami percaya bahwa transparansi penting untuk memastikan kepercayaan konsumen kami di Bukalapak.

Demikian surat tanggapan ini kami buat dan kami mohon kerja sama yang baik untuk dapat dimuat sebagai tanggapan resmi.

Salam,

Evi Andarini - Public Relations Manager
Plaza City View Lt. 1 Jl. Kemang Timur No. 22 Pasar Minggu, Pejaten Barat Jakarta, Indonesia 12510
Tanggapan Lain
Lihat Semua
TRAVELOKA & CIMB NIAGA
Kecewa Dengan Pelayanan Traveloka dan CIMB
Lazada Indonesia
Saldo Ditahan dan Toko Ditutup oleh Lazada
Lazada Indonesia
Kecewa Akun Seller Center Lazada Dibatasi, Dikenakan Pelanggaran dan Banding Ditolak
Panin Dai-Ichi Life
Lamanya Proses Klaim Asuransi Kematian Panin Dai-Ichi Life
First Media
Sulitnya Proses Berhenti Layanan Televisi First Media
Surat Pembaca
Lihat Semua