Surat Pembaca
Tokopedia

Penipuan dengan Memanfaatkan Kelemahan Proses Transaksi Tokopedia

Sabtu, 30 September 2017 | 10:01 WIB

Jumat, 29 September 2017, saya membuat order pembelian 1 unit handphone kepada merchant Penguin Gadgets di Tokopedia dengan nomor invoice INV/20170929/XVII/IX/107039900).

Setelah pembayaran dilakukan, merchant menghubungi saya melalui kotak pesan Tokopedia. Mereka menyatakan adanya perubahan kurir yang dipakai dari JNE YES menjadi TIKI. Ada kelebihan pembayaran sebesar Rp 12.000 yang harus dikembalikan ke saya dengan cara melakukan komplain untuk pengembalian dana sebagian di menu yang terdapat di Tokopedia.

Merchant terus meminta saya untuk segera melakukan komplain tersebut sebagai syarat pengiriman yang diminta oleh Tokopedia, yang akhirnya saya lakukan. Permasalahannya ketika komplain tersebut dilakukan dan komplain diterima oleh merchant, status transaksi otomatis menjadi selesai.

Ini merupakan celah yang dimanfaatkan oleh merchant tersebut untuk mengelabui transaksi ini. Permasalahan berlanjut ketika merchant menghubungi saya lagi pada malam hari melalui kotak pesan Tokopedia dan meminta nomor HP saya, kemudian meminta kode unik dari SMS yang dikirimkan Tokopedia.

Ternyata kode unik itu adalah kode untuk merubah account Tokopedia saya dan tidak saya berikan. Menyadari bahwa ini adalah modus penipuan, saya segera membuat laporan melalui aplikasi Tokopedia untuk ditindaklanjuti.

Sayangnya Tokopedia belum punya nomor telepon yang bisa dihubungi untuk melaporkan permasalahan serius seperti ini. Semua komunikasi dengan merchant dapat diperiksa di kotak pesan Tokopedia. Mohon tanggapan, tindakan, dan pengembalian dana segera dari Tokopedia. Terima kasih.

Danny
Jl. Taman Sari 8/11 jatinegara Baru
PT Tokopedia

Penipuan dengan Memanfaatkan Kelemahan Proses Transaksi Tokopedia

Selasa, 24 Oktober 2017 | 18:25 WIB

Berdasarkan pengecekan lebih lanjut atas keluhan Saudara Danny (http://inside.kompas.com/suratpembaca/read/54843/Penipuan-dengan-Memanfaatkan-Kelemahan-Proses-Transaksi-Tokopedia), sistem kami menemukan bahwa ternyata penjual belum mengirimkan barang yang dipesan oleh Saudara Danny dan hanya memasukkan resi palsu.

Per tanggal 1 Oktober 2017, kami berhasil melakukan refund ke limit kartu kredit Saudara Danny sebagai pembeli dan memberikan sanksi kepada penjual tersebut sesuai prosedur yang berlaku.

Atas perhatian dan kerja samanya, kami mengucapkan terima kasih.

Salam,

Antonia Adega - PR Specialist
Tokopedia Tower, Lantai 52 Jalan Prof. Dr. Satrio Kav. 11 Karet Semanggi, Setiabudi, Jakarta Selatan, 12940
Tanggapan Lain
Lihat Semua
TRAVELOKA & CIMB NIAGA
Kecewa Dengan Pelayanan Traveloka dan CIMB
Lazada Indonesia
Saldo Ditahan dan Toko Ditutup oleh Lazada
Lazada Indonesia
Kecewa Akun Seller Center Lazada Dibatasi, Dikenakan Pelanggaran dan Banding Ditolak
Panin Dai-Ichi Life
Lamanya Proses Klaim Asuransi Kematian Panin Dai-Ichi Life
First Media
Sulitnya Proses Berhenti Layanan Televisi First Media
Surat Pembaca
Lihat Semua