Surat Pembaca
Bank CIMB Niaga

CIMB Niaga Menghitamkan Nama Saya

Senin, 2 Oktober 2017 | 20:14 WIB

Pada bulan Juni 2017 ada penagihan CIMB tiba-tiba telepon dan menagih hutang yang sudah tidak saya bayarkan selama dua bulan lebih. Mereka menjelaskan bahwa saya pernah mengajukan atau apply program Cash Plus yang mereka miliki senilai Rp.10.000.000,- yang  harus dibayarkan selama enam kali angsuran dan dana tersebut ditransfer pada tanggal 21 April 2017. Padahal saya sama sekali tidak pernah apply.

Saya kaget mendengarnya dan sedikit marah. Kemudian saya konfirmasi ke Call Center BCA pada tanggal tersebut dan tidak ditemukan transaksi Cash Plus dari CIMB. Kemudian saya klarifikasi kepada pihak Call Center CIMB. Saya kesal sekali kenapa tiba-tiba memiliki tagihan yang tertunggak hingga nama saya sekarang sudah masuk blacklist BI Checking.

Ternyata alamat surat menyurat pun salah. Sungguh terlalu. Saya minta agar dibantu diselesaikan tetapi tak kunjung selesai sampai sekarang. Mutasi rekening yang mereka maksud tanggal 21-25 April 2017 telah saya berikan. Mereka telah mengakui ada kesalahan dan kelalaian yang terjadi pada bagian marketing. Mereka minta saya untuk menunggu hasil pemeriksaan.

Saya juga minta untuk dikirimkan billing statment yang tidak pernah saya peroleh selama ini, tetapi tak ada pihak yang mengklarifikasi atau memberikan kabar lagi. Bulan Agustus saya pergi ke Bank BCA untuk menutup salah satu rekening yang sudah tidak aktif. Kebetulan rekening tersebut adalah rekening yang CIMB akui ada dana masuk. Saya kira permasalahan CIMB sudah selesai. Tidak lama kemudian pihak CIMB mulai kembali meneror.

Saya lelah menanggapi teror itu, akhirnya saya blokir nomor tersebut. Bulan September kembali saya ditelepon oleh seorang wanita bagian penagihan yang kasar, sinis, dan berani menyumpahi. Satu minggu kemudian datanglah salah satu staff Collection CIMB ke rumah untuk verifikasi masalah tagihan yang tidak saya bayarkan, tapi dia tidak bertemu dengan saya. Lalu saya membuat jadwal ulang.

Saya bertemu dengan leader dibagian Collection Pak Gerry yang berkantor di Mampang. Kami saling memperlihatkan data. Saya minta mereka untuk mengeluarkan bukti dasar mereka menagih tagihan kepada saya. Mereka memperlihatkan sebuah kertas kecil yang berisi nama dan data saya bahwa saya telah menunggak pembayaran, tetapi tanggal dan bulan transfer tidak ada.

Lalu saya perlihatkan data saya kepada mereka berupa billing statement pencairan uang yang ditagihkan kepada saya senilai Rp.10.000.000,- pada tanggal 21 April 2017 dan mutasi di waktu yang sama tanggal 21-25 April 2017. Saya juga telepon Call Center CIMB di depan mereka untuk sekali lagi mengklarifikasi tanggal pencairan dana. Jelas mereka mendengarkan dana tersebut cair ditanggal 21 April 2017.

Kemudian mereka pulang sambil membawa data tersebut. Tidak lama satu staf datang dengan membawa bukti percakapan via email antara bagian Collection dengan bagian yang bertanggung jawab dimana isinya uang tersebut telah ditransfer pada tanggal 25 April 2017 dan tulisan sistem kecil yang mengatakan uang telah ditransfer ke rekening dengan nama saya tetapi tanggal dan jam tidak ada.

Saya pergi ke kantor CIMB Mampang agar saya dapat menyelesaikan masalah ini dengan harapan bisa bertemu orang yang memiliki wewenang karena masalah ini sudah menyita banyak waktu dan pikiran saya. Di sana saya kembali bertemu Pak Gerry. Mereka berjanji untuk segera menyelesaikan. Saya minta untuk mengeluarkan bukti rekaman percakapan jika memang saya pernah apply dan saya minta mereka untuk mengeluarkan bukti transfer yang jelas dan mudah saya pahami. Tetapi mereka tidak bisa mengeluarkan bukti tersebut.

Jujur saja saya sangat kecewa karena nama baik saya sudah rusak karena masalah ini.. Harapan saya agar Direktur CIMB Niaga atau siapa saja yang memiliki wewenang dapat memutihkan kembali nama baik saya yang telah rusak di BI dan bersedia membantu saya untuk membereskan masalah ini. 

*tayang tanggal 4 Oktober 2017

Ivan Prima Kosalim
Jalan Tole Iskandar, Perum. Taman Manggis Indah Blok N14, Depok
PT Bank CIMB Niaga Tbk

CIMB Niaga Menghitamkan Nama Saya

Senin, 6 November 2017 | 17:48 WIB

Sehubungan dengan surat Bapak Ivan Prima Kosalim yang berjudul: “CIMB Niaga Menghitamkan Nama Saya” (Kompas.com, 4 Oktober 2017), dengan ini kami sampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami Bapak Ivan Prima Kosalim.

Sebagai tindak lanjut dari keluhan tersebut, kami telah menghubungi Bapak Ivan Prima Kosalim untuk menjelaskan permasalahan yang terjadi.

Dapat kami sampaikan juga bahwa untuk masukan dan keluhan atas pelayanan CIMB Niaga dapat menghubungi Phone Banking 14041 atau melalui email: 14041@cimbniaga.co.id. 

Demikian kami sampaikan. Atas kerjasama dan dimuatnya tanggapan ini, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Slamet Sudijono - Head of Marketing, Brand & Communications
Menara Sentraya Lantai 32 Jl. Sultan Iskandarsyah II No. 2 Jakarta Selatan
Tanggapan Lain
Lihat Semua
TRAVELOKA & CIMB NIAGA
Kecewa Dengan Pelayanan Traveloka dan CIMB
Lazada Indonesia
Saldo Ditahan dan Toko Ditutup oleh Lazada
Lazada Indonesia
Kecewa Akun Seller Center Lazada Dibatasi, Dikenakan Pelanggaran dan Banding Ditolak
Panin Dai-Ichi Life
Lamanya Proses Klaim Asuransi Kematian Panin Dai-Ichi Life
First Media
Sulitnya Proses Berhenti Layanan Televisi First Media
Surat Pembaca
Lihat Semua