Surat Pembaca
Bank CIMB Niaga

Data Nasabah Go Mobile Bocor ke Pihak luar

Senin, 8 Januari 2018 | 17:37 WIB

Tanggal 23 Agustus 2017 pukul 13.15-13.42, saya menerima telepon dari seorang pria dengan nomor 0811527884 mengaku Customer Service CIMB Niaga. Dia memberi info mengenai rencana perubahan biaya transaksi Go Mobile menjadi 150 ribu per bulan yang didebit dari rekening.

Merasa tidak menggunakan layanan tersebut, saya sudah hampir menutup telepon dan langsung menuding si penelepon mau menipu. Tetapi dia bisa meyakinkan saya dengan adanya notifikasi dilayar HP bahwa telepon tersebut dari Customer Service CIMB Niaga. Customer service itu menanyakan user id dan password, tetapi saya lupa karena tidak pernah sekalipun memanfaatkan layanan tersebut.

Kemudian orang itu menanyakan tanggal, bulan, dan tahun lahir. Orang tersebut akhirnya mengetahui saya juga pemegang kartu kredit CIMB Niaga. Saya share nomor kartu kode rahasia lainnya. Segera setelah itu ada beberapa SMS konfirmasi transkasi dari Traveloka dan Finpay Telkom yang masuk ke handphone.

Sadar telah ditipu, saya langsung menghubungi Customer Service CIMB Niaga untuk membuat penyangkalan transaksi dan mereka berjanji untuk melakukan investigasi selama 45 hari kerja. Bank mengatakan bahwa penelepon bukan dari pihak mereka, bank tidak pernah meminta user id dan password serta sasaran telepon dari customer service abal-abal tersebut random.

Tanggal 12 Desember saya menerima hasil investigasinya yang menyatakan transaksi tersebut sah. Oke, ini memang salah saya karena memberikan data pribadi sehingga transaksi tersebut sah. Saya pun sudah membayar tagihan dikartu kredit. Tetapi yang jadi pertanyaan, bagaimana data saya sebagai nasabah Go Mobile, nama, dan nomor handphone bisa sampai ke pihak luar bank? Kenapa orang luar bisa berkeliaran disistem perbankan yang seharusnya super aman?

Hingga saat ini CIMB Niaga belum menjelaskan bagaimana data saya bocor ke pihak luar.

Alina Mustaidah
Gang 2, Rt.002, Rw.006, Jombang, Jawa Timur
Kirimkan Surat Anda
Login atau Register terlebih dahulu untuk mengirim surat Anda. Lihat syarat dan ketentuan di sini.
Surat Pembaca
Lihat Semua
Tanggapan Lain
Lihat Semua
TRAVELOKA & CIMB NIAGA
Kecewa Dengan Pelayanan Traveloka dan CIMB
Lazada Indonesia
Saldo Ditahan dan Toko Ditutup oleh Lazada
Lazada Indonesia
Kecewa Akun Seller Center Lazada Dibatasi, Dikenakan Pelanggaran dan Banding Ditolak
Panin Dai-Ichi Life
Lamanya Proses Klaim Asuransi Kematian Panin Dai-Ichi Life
First Media
Sulitnya Proses Berhenti Layanan Televisi First Media