Surat Pembaca
Bank Bukopin

Tagihan Kartu Kredit Bukopin Tidak Sesuai

Rabu, 10 Januari 2018 | 11:52 WIB

Saya pemegang dua kartu kredit Bukopin. Masalah awal terjadi pada billing tagihan cetak tanggal 5 Desember 2017. Seharusnya tidak ada tagihan karena pembayaran lebih yang saya lakukan sebelum cetak tagihan.

Seharusnya dikedua kartu tersebut kelebihan bayar masing-masing visa 20.277.089 dan master 6.972.249, tapi bagaimana bisa muncul tagihan untuk kartu visa 7.572.911 dan master 47.047.751 ?

Saya sudah menghubungi Halo Bukopin tanggal 7 Desember 2017 dan customer service saat itu juga membantu menghitung manual dan menyatakan bahwa benar terjadi kesalahan cetak tagihan yang seharusnya tidak ada tagihan. Jika dilihat dari pemakaian berjalan saat itu ataupun sisa limit sudah benar saya tidak ada tagihan tetapi ada kelebihan bayar.

Saat itu juga dibantu dibuatkan laporan komplain ke pihak terkait dengan nomor laporan calc0111 dan dijanjikan saya akan dihubungi, tapi hingga hari ini tidak ada satupun dari Bank Bukopin yang menghubungi saya. Beberapa hari sekali saya menghubungi Halo Bukopin dan tidak ada penyelesaian.

Akhirnya saya diminta membayar tagihan tersebut dan dijanjikan billing berikutnya masalah akan selesai. Pada cetak tagihan 5 Januari 2018 betapa terkejutnya saya melihat billing tagihan tidak sesuai yang berlanjut lagi. Seharusnya tagihan 5 Januari 2018 untuk visa 4.753.716, master 11.724.992, tetapi dari mana bisa muncul angka untuk visa 23.096.284 dan master 65.744.992 ?

Saya sudah lelah menghubungi Halo Bukopin. Lebih dari empat puluh kali saya telepon dan dibuatkan nomor laporan baru. Merasa masalah tidak akan selesai jika hanya komplain lewat telepon, akhirnya saya mendatangi Card Center di Graha Bukopin lantai 3, Surabaya. Dibantu oleh Ibu April. Beliau juga bingung dari mana bisa muncul tagihan sebesar itu sedangkan pemakaian berjalan atau sisa limit sudah sesuai dengan yang saya informasikan.

Disampaikan bahwa proses penyelesaian butuh waktu yang lama, sampai billing cetak bulan berikutnya dan saya diharuskan untuk membayar tagihan yang sudah tercetak. Saya sungguh keberatan jika diminta membayar tagihan sebesar itu dan jika saya bayar maka akan menjadi saldo kredit sekitar 80 juta. Sistem billing Bukopin yang bermasalah tapi mengapa saya yang dirugikan?

Sebagai catatan untuk kartu master sudah saya bayar sejumlah pemakaian saya atau pemakaian sudah 0. Saya mohon untuk permasalahan ini dapat diselesaikan sebelum jatuh tempo tagihan. Mohon tanggapan segera dari Bank Bukopin. Terima kasih.

Rahman Kosasih
Jl. Ngaglik Kuburan No.28, Rt.001/Rw.007, Surabaya
Kirimkan Surat Anda
Login atau Register terlebih dahulu untuk mengirim surat Anda. Lihat syarat dan ketentuan di sini.
Surat Pembaca
Lihat Semua
Standard Chartered Bank
Tidak Ada Pemberitahuan Ketentuan Baru
Shopee
Data Kartu Kredit Dibobol
OVO
CS OVO Tidak Solutif, Pelayanan Lambat dan Mengecewakan
Telkom
Puluhan Ribu SMS Berulang
JNE
Layanan JNE Sangat Mengecewakan
Tanggapan Lain
Lihat Semua
Tiket.com
Refund Tidak Sesuai dengan yang Dijanjikan
BFI FINANCE
Sudah 2 Bulan Kontrak BFI Finance Belum Diterima
Bank Mandiri
Saldo Terdebit, Uang Tidak Keluar
Bank BNI
Setor Tunai di ATM BNI Bermasalah, Saldo Ditarik Kembali
Permata Bank
Rekening Permata Me Tak Kunjung Aktif