Surat Pembaca
Telkomsel

Lambannya Solusi Perihal Refund Pulsa

Kamis, 1 Februari 2018 | 22:04 WIB

Tanggal 27 Desember 2017 saya membeli saldo OLX melalui smartphone dengan pembayaran melalui Google Payment via pulsa Telkomsel. Setelah transaksi berhasil dan pulsa saya sudah terpotong, pembelian saya di Google untuk saldo OLX pun tidak berhasil dengan keterangan canceled.

Saya kira mungkin ada kesalahan pada server aplikasi OLX atau Google Payment. Saya belum berpikiran buruk kepada Telkomsel saat itu karena ada SMS dari Telkomsel dengan keterangan 'berhasil melakukan pembelian' dan pulsa saya terpotong Rp.112.000,-. Maka dihari yang sama saya langsung telepon Customer Service OLX dan Google Payment.

OLX dengan cepat tanggap merespon laporan saya dan langsung mengecek histori transaksi bahwa kesalahan terjadi pada Telkomsel karena status cancel oleh pihak provider. Begitu juga dengan Google Payment. Kebetulan saya lapor via URL dan email, lalu Google Support membalas email saya dan menyatakan hal yang sama yaitu kesalahan terjadi pada Telkomsel karena status dicancel oleh pihak provider.

Dengan baik hati Google Support membantu saya mengirim email klarifikasi dan permohonan kepada Telkomsel untuk segera merefund pulsa saya yang telah terpotong. Akhirnya setelah mendapatkan klarifikasi lengkap dari OLX dan Google Payment, saya kembali menghubungi Telkomsel, namun anehnya saya diminta untuk menunggu dalam waktu 30 hari untuk dilakukan pengecekan oleh tim IT Telkomsel.

Saya pun bersedia menunggu dengan harapan pulsa saya sudah dikembalikan dalam waktu SATU bulan. Setelah 30 hari, waktu yang sangat lama untuk menunggu refund pulsa, saya pun kembali menelepon Customer Service Telkomsel, kenapa belum ada pulsa refund yang masuk? Customer service pun dengan santainya menjawab akan dikoordinasikan kembali dan dikabari. Ketika itu saya masih sabar dan menunggu keesokan harinya, lalu kembali menelepon dan kesabaran sayapun sudah habis.

Lucunya, saya diminta menunggu lagi 30 hari. Lalu apa saja yang sudah dilakukan tim IT Telkomsel 30 hari kemarin? Saya sudah menunggu satu bulan, kenapa diminta lagi menunggu satu bulan kedepan hanya untuk proses refund pulsa? Saya pun minta agar maksimal 35 hari pulsa saya sudah kembali.

Padahal saya sudah kirim seluruh bukti email statement dari OLX dan Google Payment dari awal laporan saya ke Telkomsel tanggal 27 Desember 2017 yang menyatakan bahwa kesalahan ada pada pihak provider. Hari ini, tanggal 1 Februari 2018 genap sudah 35 hari, terhitung sejak laporan awal saya tanggal 27 Desember 2017, pulsa saya belum juga diproses untuk refundnya oleh Telkomsel.

*tayang tanggal 2 Februari 2018

Monique Arica
Jl. Seruni No.6 Blok CA 54, Jakarta
Kirimkan Surat Anda
Login atau Register terlebih dahulu untuk mengirim surat Anda. Lihat syarat dan ketentuan di sini.
Surat Pembaca
Lihat Semua
XL Axiata dan AXIS
Klaim Bundling e-SIM AXIS Untuk Samsung Galaxy A55 5G yang Sangat Membingungkan
Permata Bank
Kekecewaan Pada Permata Bank Dalam Melayani Sanggahan Transaksi Nasabah
J&T Cargo
Sudah Dua Puluh Lima Hari, Paket J&T Cargo Belum Juga Sampai
Shopee Indonesia dan JNE
Barang Dinyatakan Hilang, Shopee dan JNE Lepas Tangan
Bank Mandiri cab. Thamrin Jakarta Pusat
Lamanya Mencairkan Dana di Rekening Nasabah Bank Mandiri yang Sudah Meninggal
Tanggapan Lain
Lihat Semua
TRAVELOKA & CIMB NIAGA
Kecewa Dengan Pelayanan Traveloka dan CIMB
Lazada Indonesia
Saldo Ditahan dan Toko Ditutup oleh Lazada
Lazada Indonesia
Kecewa Akun Seller Center Lazada Dibatasi, Dikenakan Pelanggaran dan Banding Ditolak
Panin Dai-Ichi Life
Lamanya Proses Klaim Asuransi Kematian Panin Dai-Ichi Life
First Media
Sulitnya Proses Berhenti Layanan Televisi First Media