Surat Pembaca
Bukalapak

Kecewa dengan Pembayaran Kartu Kredit di Bukalapak

Rabu, 27 Februari 2019 | 11:27 WIB

Saya melakukan transaksi untuk pembayaran kartu kredit HSBC sebesar Rp1.720.000,- di Bukalapak pada 12 Februari 2019. Setelah uang tersebut dibayarkan, status transaksi yang tertera adalah “Diproses dengan nomor tagihan BL191287QI4HINV". Status tersebut tidak berubah hingga 13 Februari 2019. Saya pun menghubungi Bukalapak melalui Twitter di akun @BukaBantuan. Tidak lama, saya pun menerima email dari BukaBantuan. Email tersebut berisi informasi "Apabila dalam 1x24 jam setelah pembayaran dan transaksi Anda tidak diproses, maka dana akan kami kembalikan ke BukaDompet Anda”.

Setelah 1x24 jam berlalu, saya kembali mengirim Tweet ke BukaBantuan. Di samping itu, saya juga mengajukan komplain melalui website Bukalapak terkait persoalan saya. Pihak Bukalapak tidak memberikan penjelasan mengenai perkembangan proses penyelesaian maupun solusinya. Pada 16 Februari 2019 pukul 23.01 WIB, saya mendapatkan email dari Bukalapak. Email tersebut berisi pernyataan yaitu “Transaksi berhasil diproses untuk tagihan kartu kredit”. Saya pun berpikir bahwa persoalan ini sudah tuntas dengan adanya email tersebut.

Pada 20 februari 2019, saya memeriksa status terakhir di kartu kredit HSBC milik saya. Saya terkejut ketika mengethaui bahwa tidak ada transaksi pembayaran kartu kredit sejak 13 Februari 2019. Saya pun kembali menghubungi Bukalapak melalui Twitter. Saya menanyakan terkait status pembayaran yang dinyatakan berhasil di aplikasi Bukalapak. Saya juga menanyakan mengapa tidak ada pencatatan pembayaran kartu kredit di pihak Bank. Pihak Bukalapak pun meminta saya untuk menunggu 1x24 jam karena permasalahan sedang ditangani oleh pihak terkait.

Call center Bukalapak menghubungi saya pada 25 Februari 2019 untuk dibuatkan kembali laporan dengan nomor 201902251687. Pihak Bukalapak meminta saya untuk stand by agar mudah dihubungi oleh pihak terkait. Akan tetapi, tidak ada yang menghubungi saya. Keesokan harinya, pada 26 Februari 2019 saya kembali menghubungi call center Bukalapak. Saya pun tetap diminta untuk menunggu. Hingga 27 Februari 2019, Bukalapak tidak kunjung menghubungi saya. Saya sangat kecewa dengan pelayanan Bukalapak karena sudah 2 minggu persoalan ini belum juga selesai. Padahal, jatuh tempo sudah dekat. Hal ini sangat merugikan saya.

Mathius Andi
Jl. Setia Warga 8 No. 28A, Jelambar Baru, Jakarta Barat
Kirimkan Surat Anda
Login atau Register terlebih dahulu untuk mengirim surat Anda. Lihat syarat dan ketentuan di sini.
Surat Pembaca
Lihat Semua
Bank Standard Chartered
Rekening dan Kartu Kredit Ditutup Sepihak
Bukalapak
Buka Dompet dan Akun Dibekukan Tanpa Pemberitahuan
Bank BNI
Saldo yang Terpotong Setelah Gagal Tarik Tunai di ATM Belum Dikembalikan
Sriwijaya Air
Delay Hingga 4 Jam dengan Sriwijaya Air SJ-0085
PALYJA
Laporan Tidak Pernah Mendapat Solusi
Tanggapan Lain
Lihat Semua
OVO
Transfer Saldo OVO Ke Rekening Dinyatakan Gagal, Saldo OVO Malah Berkurang
OVO dan CIMB Niaga
Top Up OVO Dinyatakan Gagal, Saldo CIMB Niaga Tetap Terdebet
PT. XL Axiata
XL Center Lalai dalam Penyimpanan Data Pelanggan
XL Axiata
Layanan RBT Aktif Secara Tiba-Tiba
OVO
Tidak Bisa "Upgrade" OVO Premier karena KTP Sudah Digunakan Oleh Akun Tidak Dikenal