Surat Pembaca
Pengunjung Tempat Wisata dan Satgas Penanganan Covid-19

Kesadaran Individu Mematuhi Protokol Kesehatan Diperlukan, Terutama di Tempat Wisata Padat Pengunjung

Senin, 12 April 2021 | 08:08 WIB

Pemerintah tidak henti-hentinya mensosialisasikan protokol kesehatan sebagai pencegahan penularan Covid-19, yaitu 3M (memakai masker, mencuci tangan atau menggunakan handsanitizer, menjaga jarak dan menghindari kerumunan).

Namun, tidak jarang hal ini hanya dianggap formalitas belaka. Apalagi di tempat umum dan terbuka, masyarakat terkadang acuh atau melupakan protokol kesehatan, terutama mengenai menjaga jarak.

Selama beberapa bulan kebelakang, masyarakat diminta untuk melakukan kegiatannya dari rumah, misalnya bekerja dan sekolah. Hal ini memang membuat pikiran menjadi penat, karena berada pada suasana dan tempat yang sama setiap harinya.

Hal ini juga yang mungkin menimbulkan keinginan untuk pergi ke tempat wisata saat hari libur, padahal bukan masa liburan.

Akhir pekan panjang lalu, saya melihat antrian panjang kendaraan di jalur tempat wisata di daerah Lembang yang akhirnya menimbulkan kemacetan.

Banyak juga plat nomor kendaraan dari luar kota. Terlihat pula banyak orang yang berlalu lalang di depan dan di dalam tempat wisata tersebut.

Tempat wisata ini menimbulkan kerumunan. Seakan hari normal, para pengunjung biasa saja walaupun tempat itu dipenuhi banyak orang.

Protokol untuk menjaga jarak terabaikan di tempat wisata yang padat pengunjung.

Tempat wisata ini memang menerapkan dan menyediakan fasilitas protokol kesehatan, misalnya pengecekan suhu tubuh pengunjung, petugas dan pengunjung memakai masker, dan menyediakan wastafel untuk mencuci tangan serta menyediakan handsanitizer.

Namun, protokol kesehatan untuk menjaga jarak mungkin agak sulit untuk diterapkan, karena hal ini juga harus timbul dari kesadaran diri para pengunjung.

Kita perlu menumbuhkan lagi kesadaran diri mengenai protokol kesehatan ini. Terlebih lagi jika kita akan bepergian ke tempat umum, dimana bukan hanya keamanan diri kita yang harus dijaga tapi juga orang lain.

Diperlukan juga ketegasan dari pihak pengelola tempat wisata tersebut, dan Satgas Penanganan Covid-19 setempat mengenai hal ini.

Masyarakat perlu diingatkan dan diberi edukasi agar mereka selalu ingat dan menyadari pentingnya protokol kesehatan di masa pandemi. (IRA)

Latifah Hanum
Jl. Cisitu Indah, Kota Bandung
Kirimkan Surat Anda
Login atau Register terlebih dahulu untuk mengirim surat Anda. Lihat syarat dan ketentuan di sini.
Surat Pembaca
Lihat Semua
XL Axiata dan AXIS
Klaim Bundling e-SIM AXIS Untuk Samsung Galaxy A55 5G yang Sangat Membingungkan
Permata Bank
Kekecewaan Pada Permata Bank Dalam Melayani Sanggahan Transaksi Nasabah
J&T Cargo
Sudah Dua Puluh Lima Hari, Paket J&T Cargo Belum Juga Sampai
Shopee Indonesia dan JNE
Barang Dinyatakan Hilang, Shopee dan JNE Lepas Tangan
Bank Mandiri cab. Thamrin Jakarta Pusat
Lamanya Mencairkan Dana di Rekening Nasabah Bank Mandiri yang Sudah Meninggal
Tanggapan Lain
Lihat Semua
TRAVELOKA & CIMB NIAGA
Kecewa Dengan Pelayanan Traveloka dan CIMB
Lazada Indonesia
Saldo Ditahan dan Toko Ditutup oleh Lazada
Lazada Indonesia
Kecewa Akun Seller Center Lazada Dibatasi, Dikenakan Pelanggaran dan Banding Ditolak
Panin Dai-Ichi Life
Lamanya Proses Klaim Asuransi Kematian Panin Dai-Ichi Life
First Media
Sulitnya Proses Berhenti Layanan Televisi First Media