Surat Pembaca
PT. Tri Adi Bersama (AnterAja)

Paket AntarAja Hilang, Tidak Ada Transparansi Data Investigasi Ke Konsumen

Selasa, 21 Juni 2022 | 19:14 WIB

Saya merupakan salah satu penjual di Tokopedia yang mengirimkan paket menggunakan layanan kurir rekomendasi Tokopedia. Pada kasus ini kurirnya adalah AnterAja untuk penerimaan paket dari penjual dan JNE untuk mengantarkan ke alamat pembeli.

Pada 5 Juni 2022, saya mengirimkan paket orderan dengan nomor resi TKP01-19EN4DQ yang berisi sepatu golf di gerai AnterAja.

Pada 10 Juni 2022, paket sampai di Hub AnterAja kota Surabaya. Namun setelah beberapa hari berselang, tidak ada pembaharuan status pelacakan.

Selasa, 14 Juni 2022, saya melaporkan masalah ini kepada pihak AnterAja melalui WhatsApp dan dimohon menunggu 3x24 jam agar ditangani oleh tim resolusi mereka.

Pada 20 Juni 2022, pihak AnterAja menyampaikan bahwa paket dengan nomor resi TKP01-19EN4DQ terindikasi hilang. Kemudian meminta saya untuk melaporkan ini ke Pusat Resolusi Tokopedia.

Pada hari yang sama pihak Tokopedia menyampaikan informasi penggantian dana paket yang hilang kepada penjual adalah senilai 10x ongkos kirim yaitu sebesar Rp240.000 (Rp24.000 x 10) sesuai dengan ketentuan klaim kurir non asuransi, sedangkan paket tersebut seharga Rp1.248.750.

Toko saya memang memberikan kebebasan kepada pembeli untuk memilih menggunakan asuransi pengiriman atau tidak. Namun, jika kasusnya seperti ini tentu saja merugikan saya sebagai penjual.

Setidaknya jika paket hilang data investigasi yang dilakukan pihak Tokopedia dan AntarAja bisa dibagikan kepada saya sebagai konsumen, agar mengetahui apa penyebab paket tersebut bisa diindikasikan hilang. Namun, sampai pada waktu surat ini ditulis saya belum mendapatkan data tersebut. (IRA)

Luna Prabowo
Lingk. Krikil, Temanggung, Jawa Tengah
Kirimkan Surat Anda
Login atau Register terlebih dahulu untuk mengirim surat Anda. Lihat syarat dan ketentuan di sini.
Surat Pembaca
Lihat Semua
Tanggapan Lain
Lihat Semua
TRAVELOKA & CIMB NIAGA
Kecewa Dengan Pelayanan Traveloka dan CIMB
Lazada Indonesia
Saldo Ditahan dan Toko Ditutup oleh Lazada
Lazada Indonesia
Kecewa Akun Seller Center Lazada Dibatasi, Dikenakan Pelanggaran dan Banding Ditolak
Panin Dai-Ichi Life
Lamanya Proses Klaim Asuransi Kematian Panin Dai-Ichi Life
First Media
Sulitnya Proses Berhenti Layanan Televisi First Media