Surat Pembaca
Sedayu Indo City PIK 2

Pembatalan Pembangunan Tokyo Sky Tree PIK 2 Tanpa Ada Opsi Pengembalian Dana Tunai

Selasa, 28 Februari 2023 | 10:07 WIB

Pada 7 Juli 2018, sesuai bukti pemesanan saya membeli unit apartement Tokyo Sky Tree 12-27A dengan cicilan 5 tahun ke Sedayu Indo City dengan total harga Rp 604.000.000. Pada 5 Juli 2022, saya menerima informasi dari marketing PIK 2 baik melalui Whatsapp atau secara lisan bahwa pembangunan Tokyo Sky Tree dibatalkan oleh pihak PIK 2.

Hal ini dikonfirmasi juga oleh bagian Collection Agung Sedayu pada 25 Juli 2022, dimana penagihan cicilan dihentikan terkait Tokyo Sky Tree. Saya menanyakan pula kepada Marketing PIK 2 dan collection Agung Sedayu mengenai surat pemberitahuan resmi, namun dinyatakan bahwa hal ini tidak ada dan hanya berupa pernyataan lisan dari Marketing PIK 2 terkait.

Pada saat pemberitahuan ini, saya telah membayar total Rp 504.563.056 untuk unit apartement tersebut. Sehubungan dengan pembatalan tersebut, berdasarkan saran dari Marketing, saya mengirimkan surat pengajuan refund pada 26 Juli 2022 pihak PIK 2, dimana saya meminta pengembalian uang tanpa membebankan bunga kepada pihak PIK 2. Namun hal ini ditolak berdasarkan pemberitahuan dari Marketing, sekali lagi tanpa respon surat resmi atas surat pengajuan yang saya kirimkan.

Berdasarkan informasi dari Marketing, pengembalian atau refund secara tunai bukan merupakan opsi, hanya dapat mengajukan trade unit dengan properti Agung Sedayu Group lainnya, namun dengan menggunakan harga terbaru yang telah mengalami peningkatan tinggi.

Hal ini sangat merugikan nasabah, dimana pembatalan dilakukan oleh pihak developer, bukan pembeli, tetapi pembeli secara tidak langsung dipaksa untuk mengambil unit lain dengan harga 2022 atau 2023 yang telah mengalami peningkatan tinggi dibandingkan harga 2018 pada saat saya memesan unit Tokyo Sky Tree.

Mohon pertanggungjawaban dari pihak Sedayu Indo City atau PIK2 terkait hal ini. (FAP)

Yohanes Julius
Jakarta Utara
Kirimkan Surat Anda
Login atau Register terlebih dahulu untuk mengirim surat Anda. Lihat syarat dan ketentuan di sini.
Surat Pembaca
Lihat Semua
Tanggapan Lain
Lihat Semua
TRAVELOKA & CIMB NIAGA
Kecewa Dengan Pelayanan Traveloka dan CIMB
Lazada Indonesia
Saldo Ditahan dan Toko Ditutup oleh Lazada
Lazada Indonesia
Kecewa Akun Seller Center Lazada Dibatasi, Dikenakan Pelanggaran dan Banding Ditolak
Panin Dai-Ichi Life
Lamanya Proses Klaim Asuransi Kematian Panin Dai-Ichi Life
First Media
Sulitnya Proses Berhenti Layanan Televisi First Media