Surat Pembaca
Bank OCBC NISP dan CGV Blitz

Pengalaman Pahit Menonton

Sabtu, 13 Mei 2017 | 19:29 WIB

Pada tanggal 28 April 2017, saya membeli tiket CGV Blitz via OCBC NISP mobile banking dan transaksinya telah berhasil. Dapat notifikasi email pertama, http://take.ms/R7oWJ dan email kedua, http://take.ms/KbqH4. Pada hari H, saya tiba 45 menit sebelum film dimulai karena masih harus menukarkan tiket saya ke versi fisik via kiosk di CGV Blitz.

Namun ternyata di email tersebut saya tidak dikirimkan passkey. Saya mengontak manager di lokasi untuk dibantu pengecekkan passkey saya, namun sia-sia karena beliau bilang, "passkey masih dalam keadaan belum terkirim oleh pihak OCBC NISP mobile banking , jadi kami tidak bisa membantu, mungkin Anda bisa coba hubungi call center bank" ujar beliau.

Pada call center saya diminta untuk ke OCBC NISP mobile banking dan ke menu "Layanan Nasabah > Pembelian" untuk mendapatkan passkey. Saya ikuti sarannya namun kondisi http://mobile.ocbcnisp.com di sore hari itu untuk melihat list pembelian selalu saya dihadang error sejenis, saya lupa persisnya.

Info pada tampilan, "Item yang dipilih lebih dari satu, mohon coba kembali (button kembali ke beranda)". Saya klik button itu lalu saya diminta login kembali. Hal ini saya coba hingga tiga kali, tetapi berputar terus dari layanan nasabah dan login. Merasa semakin panik, saya dan istri memutuskan untuk menghubungi kembali staff CGV Blitz bernama Eneng.

Eneng mengaku menghubungi pihak OCBC NISP mobile banking tapi tidak berhasil juga dan beliau mengatakan kursi yang saya pesan sudah terisi orang lain. Dengan hati sangat kecewa karena sudah buang waktu, energi, uang dan ongkos transportasi, akhirnya kami frustasi dan pulang.

Di rumah saya menghubungi call center OCBC NISP mobile banking kembali dan keluhan saya terdaftar di nomor 20170430041 oleh Firman. Lima hari kemudian saya dihubungi pihak OCBC NISP mobile banking  yang kembali menjelaskan saya untuk menuju ke layanan nasabah dan seterusnya via http://mobile.ocbcnisp.com. Lalu saya jelaskan filmnya sudah lewat dan saya tidak bisa menonton. Beliau mengatakan akan menghubungi CGV Blitz dan menanyakan apakah saya setuju bila keluhan saya ditutup? Saya jawab tidak setuju.

Saya jelaskan kalau tidak bisa refund, tolong berikan saya tiket baru karena sistem kalian yang aneh dan salah serta jelas merugikan konsumen. Beberapa hari kemudian saya dikabari lagi oleh OCBC NISP mobile banking bahwa transaksi sudah terjadi dan tidak mungkin di-refund. Pihak CGV Blitz juga tidak bisa bekerjasama lagi.

Saya ditanyakan apakah setuju kalau keluhan ditutup? Karena saya sudah merasa sia-sia saja saya jawab setuju. Ternyata, setelah saya mencoba mengakses email pertama dan email kedua via laptop, passkey-nya nampak pada email, http://take.ms/fMrpr. Kesimpulan menurut saya, pertama, OCBC NISP mobile banking tidak menggunakan standar HTML yang benar untuk format email-nya dan tim IT tidak melakukan cek diberbagai email client khususnya di HP.

Kedua, website OCBC NISP mobile banking kadang mengalami error. Ketiga, sistem CGV Blitz juga sangat aneh tidak bisa memberikan passkey di tempat untuk pelanggan yang tidak membawa passkey. Hati-hati menonton film di CGV Blitz dan hati-hati menggunakan layanan OCBC NISP mobile banking khususnya pembelian. Apabila terjadi masalah, kemungkinan besar kedua pihak tersebut tidak akan bertanggung jawab dan akan merusak hari Anda.

Felix
Gading Griya Lestari B5 No. 1D, Mahoni 2, Cilincing
PT Bank OCBC NISP Tbk

Pengalaman Pahit Menonton

Rabu, 24 Mei 2017 | 16:21 WIB

Menanggapi surat Bapak Felix di Kompas.com yang tayang pada Sabtu, 13 Mei 2017, dengan judul “Pengalaman Pahit Menonton”, Bank OCBC NISP telah menghubungi Bapak Felix terkait hal tersebut. Berdasarkan keterangan yang disampaikan, Bapak Felix telah menerima dengan baik penjelasan dan solusi yang kami sampaikan.

Bank OCBC NISP terbuka atas setiap masukan dan akan selalu menjaga kepercayaan Bapak Felix maupun segenap nasabah setia Bank OCBC NISP sesuai dengan komitmen kami.

Terima kasih atas kepercayaan Bapak Felix kepada Bank OCBC NISP.

Hormat Kami,

Aleta Hanafi - Corporate Communication Division Head
OCBC NISP Tower Jl. Prof. Dr. Satrio Kav.25, Jakarta, 12940
Tanggapan Lain
Lihat Semua
TRAVELOKA & CIMB NIAGA
Kecewa Dengan Pelayanan Traveloka dan CIMB
Lazada Indonesia
Saldo Ditahan dan Toko Ditutup oleh Lazada
Lazada Indonesia
Kecewa Akun Seller Center Lazada Dibatasi, Dikenakan Pelanggaran dan Banding Ditolak
Panin Dai-Ichi Life
Lamanya Proses Klaim Asuransi Kematian Panin Dai-Ichi Life
First Media
Sulitnya Proses Berhenti Layanan Televisi First Media
Surat Pembaca
Lihat Semua