Surat Pembaca
Bukalapak

Untuk Pertama Kalinya Kecewa Berbelanja di Bukalapak

Kamis, 21 Maret 2019 | 10:53 WIB

Saya adalah pelanggan setia Bukalapak sejak tahun 2015. Selama ini, tidak ada kendala yang berarti dalam bertransaksi di Bukalapak sampai dengan 27 Februari 2019 lalu. Untuk pertama kalinya, saya kecewa melakukan transaksi di Bukalapak. Transaksi tersebut dilakukan pada 27 Februari 2019 dengan nomor transaksi 191758781096. Pada awalnya, Pelapak menginformasikan bahwa sedang terjadi masalah pengiriman dari Batam, sehingga pengiriman dialihkan melalui Pekanbaru. Saya pun memilih jasa ekspedisi TIKI Reguler dengan estimasi pengiriman selama 5 hari dan biaya sebesar Rp258.000,-.

Sampai dengan 6 Maret 2019, barang yang saya beli belum juga dikirimkan dari Batam. Saya pun menghubungi pihak Pelapak dan diinformasikan bahwa barang akan dikirimkan melalui Pekanbaru. Pada hari yang sama, nomor resi pengiriman pun berubah. Status keberadaan barang belum juga berubah sampai dengan 9 Maret 2019 yaitu barang masih berada di Batam. Saya pun menghubungi pihak Pelapak dan meminta agar barang pesanan saya segera dikirimkan. Pada 14 Maret 2019 saya kembali melacak barang yang saya beli. Lagi-lagi, barang tersebut masih tertahan di Batam. Pihak TIKI menginformasikan bahwa Pelapak telah membatalkan pengiriman pada 14 Maret 2019. Saya pun menghubungi Pelapak terkait hal tersebut. Setelah itu, disepakati bahwa barang akan dikirimkan kembali pada 16 Maret 2019. Pada 18 Maret 2019 saya lacak kembali status pengiriman barang tersebut. Pengiriman barang tersebut dinyatakan telah dibatalkan di TIKI Pekanbaru.

Terkait persoalan yang saya alami, saya pun menghubungi pihak Bukalapak melalui BukaBantuan. Tanggapan yang diberikan adalah saya diminta untuk menunggu barang tersebut datang. Padahal, barang tidak dapat dilacak dan pengiriman dinyatakan telah dibatalkan. Saya pun kembali menghubungi pihak Bukalapak. Customer Service Bukalapak menyatakan bahwa pihaknya sudah menghubungi pihak ekspedisi. Diinformasikan pula bahwa laporan saya akan segera ditangani oleh pihak terkait. Pihak Customer Service Bukalapak pun menyampaikan bahwa persoalan ini akan diselesaikan dalam 1x24 jam. Akan tetapi, hingga surat pembaca ini dibuat, pihak Bukalapak belum memberikan solusi terkait persoalan ini. Saya hanya menginginkan pihak Bukalapak membatalkan transaksi tersebut dan mengembalikan dana saya ke saldo BukaDompet. Pelapak tersebut saya anggap telah melakukan tindakan wanprestasi.

Deka Djakarta
Jl. Mangga 1, RT.001/014, Mantung, Sanggrahan
PT. Bukalapak.com

Untuk Pertama Kalinya Kecewa Berbelanja di Bukalapak

Senin, 25 Maret 2019 | 14:52 WIB

Dengan Hormat,

Terima kasih atas hubungan yang terjalin dengan baik antara Bukalapak dan Kompas.com selama ini. Sehubungan dengan dimuatnya Surat Pembaca di Kompas.com tertanggal 21 Maret 2019 yang ditulis oleh Bapak Deka Djakarta perihal transaksi di Bukalapak dengan artikel yang berjudul "Untuk Pertama Kalinya Kecewa Berbelanja di Bukalapak", izinkanlah kami untuk membantu memberikan penjelasan.

Menindaklanjuti keluhan yang dialami Bapak Deka, kami sudah melakukan konfirmasi secara langsung kepada Bapak Deka. Setelah dilakukan pengecekan lebih lanjut, terjadi kendala pengiriman pada transaksi Bapak Deka dengan nomor 191758781096. Saat ini kendala tersebut sudah diselesaikan dengan dana dikembalikan ke saldo Bukalapak Bapak Deka. Kami sampaikan permohonan maaf kami atas ketidaknyamanan ini.

Bukalapak akan selalu berkerja sama dengan para Pelapak dan Pembeli kami, demi kenyamanan mereka selama bertransaksi berjualan dan juga berbelanja. Kami percaya bahwa transparansi penting untuk memastikan kepercayaan konsumen kami di Bukalapak.

Demikian surat tanggapan ini kami buat dan kami mohon kerja sama yang baik untuk dapat dimuat sebagai tanggapan resmi.

Salam,

Evi Andarini - Public Relations Manager Bukalapak
Jl. Ampera Raya Nomor 22, Cilandak Timur Jakarta Selatan
Tanggapan Lain
Lihat Semua
Telkomsel
Pelayanan & Apps Telkomsel Sangat Tidak Memuaskan
JNE
Dijanjikan Sehari Sampai, Hingga Kini Belum Ada Informasi
Bank BNI
Tagihan Transaksi Kartu Kredit Terlambat 9 bulan
XL Axiata
Sinyal XL dan Axis Hilang
XL Axiata
Hati-Hati dengan Penawaran Promo Telemarketer
Surat Pembaca
Lihat Semua
Bank BNI
Lebih dari 14 Hari Uang Tertelan Saat Setor Tunai, Hingga Kini Belum Ada Kabar
J&T express
Kiriman Barang Sesama di Surabaya Tak Kunjung Sampai
Indosat
Sudah 2 Minggu Sim Card Masih Belum Aktif
LinkAja
Belum Diberikan Cash Back dari Festival LinkAja
PT. Benelli Anugerah Motor Pusaka
Kecewa Plat Nomor dan STNK Belum Diterima