Surat Pembaca
JD.ID

Layanan Purna Jual JD.ID Sangat Mengecewakan

Senin, 12 Februari 2018 | 09:41 WIB

Pada tanggal 6 Januari 2018 saya melakukan pembelian beberapa item produk di JD.ID dengan nomor pesanan 224637959. Salah satu produk yang saya beli yaitu Downy Antibacteria Refill 1 L sebanyak 5 buah.

Setelah saya buka dan gunakan sebanyak satu buah, ternyata cairan Downy tersebut sudah sangat kental, tidak normal seperti cairan pewangi biasanya. Kemudian saya mencoba untuk mengecek tanggal produksi pada kemasan. Tanggal produksi yang tertulis yaitu bulan 2 tahun 2017. Artinya sudah melewati batas pemakaian maksimal, yaitu 10 bulan dari tanggal produksi.

Setelah menemukan hal tersebut, kemudian saya mengajukan layanan purna jual dengan harapan produk tersebut ditukar dengan produk yang masih bagus atau belum kedaluwarsa. Saya mengajukan layanan purna jual pada tanggal 13 Januari 2018, kemudian pada tanggal 15 Januari 2018 pengajuan saya diterima.

Pada tanggal 17 Januari 2018, saya mengirimkan Downy Antibacteria Refill 1 L sebanyak 4 buah ke alamat yang diinstruksikan yaitu Jl. Biak No. 46, Cideng, Jakarta Pusat. Saya mengirimkan produk tersebut melalui Pos Indonesia layanan ekspress dengan nomor pengiriman 16133472596.

Menurut status pengiriman dari Pos Indonesia bahwa barang telah diterima pada tanggal 18 Januari 2018 oleh pegawai bernama Deni S. Namun sampai dengan saat ini, saya belum menerima produk pengganti.

Pada tanggal 30 Januari 2018 saya menerima notifikasi bahwa pihak JD.ID belum menerima paket dan apabila dalam waktu 15 hari sejak permohonan purna jual disetujui JD.ID tidak menerima pengiriman tersebut maka layanan purna jual tersebut batal.

Saya pun mencoba untuk menghubungi JD.ID baik melalui chat yang ada pada aplikasi mobile maupun email. Saya sudah mencoba menghubungi JD.ID melalui email sebanyak enam kali dengan nomor case iduadcaseid800227392036di dan iduadcaseid800244222020di.

Sampai dengan saat ini status layanan purna jual tersebut seperti tidak ada kemajuan dan selalu proses menindaklanjuti ke pihak terkait. Sudah hampir satu bulan proses layanan purna jual tersebut dan ini sangat mengecewakan.

Andra
Pilar Asri Residence 1 No. C4 Jalan Al Hidayah, Tanah Baru Depok
PT Jingdong Indonesia Pertama

Layanan Purna Jual JD.ID Sangat Mengecewakan

Senin, 19 Februari 2018 | 15:59 WIB

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan pada kami oleh Bapak Andra pada12 Februari 2018 di halaman ini, kami dari JD.ID telah menghubungi konsumen untuk menjelaskan kondisi yang sebenarnya.

Perlu kami informasikan bahwa adanya kesalahan dalam pencantuman nomor pesanan pada produk yang diretur membuat pihak after sales membutuhkan waktu lebih untuk menemukan produk milik konsumen. Kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanannya. Per Kamis (15/2) produk pengganti telah diterima langsung oleh konsumen. Konsumen juga telah kami hubungi langsung untuk mengonfirmasi hal ini. Dengan demikian permasalahan ini dianggap selesai.

Kami ucapkan terima kasih atas perhatiannya. JD.ID selalu berkomitmen menghadirkan pengalaman berbelanja daring yang menyenangkan dan memberikan layanan prima kepada para pelanggan JD.ID di seluruh Indonesia.

Terima kasih.

Iwan Arigayota - Head of Customer Service
RDTX Tower, 8th floor, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. E-4 No. 6, Kuningan Timur, South Jakarta, 12950
Surat Pembaca
Lihat Semua
Bank DBS Indonesia
Mempermainkan Pengajuan Nasabah
Telkomsel
Tertipu Bonus Isi Pulsa Lewat T-cash
Bank Mandiri
Saldo Terdebit, Uang Tidak Keluar
XL
Pelayanan XL Prioritas Sangat Buruk
Bank CIMB Niaga
Pengembalian Dana Belum Diselesaikan
Tanggapan Lain
Lihat Semua
Bank UOB Indonesia
Tidak Lagi Menjadi Nasabah tapi Masih Ditelepon Penawaran
Telkom - Indihome
Komplain Pelayanan Indihome
Bank CIMB Niaga
Pengembalian Dana Belum Diselesaikan
PT. XL Axiata Tbk
Pulsa Terpotong Akibat Banner Iklan
JNE
Kecewa dengan Pelayanan Klaim