Surat Pembaca
JD.ID

Refund Dana Tidak Sesuai Keterangan

Selasa, 6 Maret 2018 | 14:11 WIB

Saya ingin menyampaikan keluhan mengenai refund dana JD.ID yang tidak sesuai keterangan website dan janji dari customer service yang menyatakan 3-5 hari dana akan dikembalikan. Tanggal 27 Februari 2018 saya melakukan pembayaran order dengan nomor pesanan 225844421 sebesar Rp.1.699.000 dengan nama produk XIAOMI Redmi 5 (2/16GB) garansi resmi warna hitam.

Tanggal yang sama saya mendapatkan SMS dan email pembayaran sudah diterima. Saya cek melalui web maupun aplikasi bahwa tanggal 28 Februari 2018 jam 17:49:15 dengan status “Paket keluar DC Marunda, kirim ke Semarang, operator JX-Indonesia”.

Lalu tanggal 1 Maret 2018 saya cek pesanan masih dengan status yang sama, yaitu “Paket keluar DC Marunda, kirim ke Semarang, operator JX-Indonesia". Tanggal 2 Maret 2018 atau selama 3 hari setelahnya status paket tidak berubah.

Saya menghubungi Customer Service JD.ID menanyakan perihal tersebut, alahkah kagetnya ternyata pesanan tersebut ter-cancel karena tidak memenuhi syarat ketentuan JD.ID dan akan dilakukan pengajuan “refund dana” hari itu juga dengan estimasi waktu 3-5 hari dan meminta data rekening saya.

Tanggal 3 Maret 2018 saya kembali menghubungi Customer Service JD.ID dan jawabannya tidak pasti. Hanya diminta cek berkala mutasi rekening. Tanggal 4 - 6 Maret 2018 saya cek mutasi rekening dan dana tersebut belum masuk. Setiap hari saya selalu menghubungi Customer Service JD. ID dan hanya mendapat jawaban “menunggu”.

Sampai saat ini tanggal 6 Maret 2018 diminta menunggu lagi 2x24 jam dan akan diproses kembali 3-5 hari jam kerja. Saya mulai ragu karena banyak ulasan kurang bagus tentang refund JD.ID karena saya sendiri tidak mendapat jawaban yang pasti dari pihak Customer Service JD.ID. 

Agus Nurruddin
Jl. Sidorejo No.16, Kalijaran, Rt.01/Rw.02, Brangsong, Kendal
PT Jingdong Indonesia Pertama

Refund Dana Tidak Sesuai Keterangan

Rabu, 14 Maret 2018 | 17:52 WIB

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan pada kami oleh Bapak Agus Nurruddin pada 6 Maret 2018 di halaman ini, kami dari JD.ID telah menghubungi konsumen untuk menjelaskan kondisi yang sebenarnya.

Sebelumnya kami mohon maaf atas penjelasan CS yang kurang akurat. Perlu kami informasikan bahwa sesuai standard prosedur pengembalian dana, kami harus menunggu pesanan kembali ke gudang terlebih dahulu, baru bisa dilakukan proses refund. Saat ini refund telah diproses pada Jumat (9/3) melalui rekening milik konsumen. Kami telah menghubungi langsung konsumen untuk mengonfirmasi bahwa refundnya telah diterima. Dengan demikian permasalahan ini dianggap selesai.

Kami ucapkan terima kasih atas perhatiannya. JD.ID selalu berkomitmen menghadirkan pengalaman berbelanja daring yang menyenangkan dan memberikan layanan prima kepada para pelanggan JD.ID di seluruh Indonesia.

Terima kasih.

Iwan Arigayota - Head of Customer Service
RDTX Tower, 8th floor, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. E-4 No. 6, Kuningan Timur, South Jakarta, 12950
Surat Pembaca
Lihat Semua
Bank DBS Indonesia
Mempermainkan Pengajuan Nasabah
Telkomsel
Tertipu Bonus Isi Pulsa Lewat T-cash
Bank Mandiri
Saldo Terdebit, Uang Tidak Keluar
XL
Pelayanan XL Prioritas Sangat Buruk
Bank CIMB Niaga
Pengembalian Dana Belum Diselesaikan
Tanggapan Lain
Lihat Semua
Bank BNI
Setor Tunai di ATM BNI Bermasalah, Saldo Ditarik Kembali
Permata Bank
Rekening Permata Me Tak Kunjung Aktif
Blibli.com
Tertipu Pembelian iPhone 6S
Bank UOB Indonesia
Tidak Lagi Menjadi Nasabah tapi Masih Ditelepon Penawaran
Telkom - Indihome
Komplain Pelayanan Indihome