Surat Pembaca
Standard Chartered Bank

Tidak Ada Pemberitahuan Ketentuan Baru

Rabu, 18 Juli 2018 | 11:43 WIB

Tanggal 11 Juni 2018 saya mendapatkan tagihan kartu kredit Standard Chartered Bank. Dalam rincian tagihan, saya dikenakan biaya untuk penggunaan Airport Lounge Concordia Jakarta. Kartu kredit yang saya miliki adalah Standard Chartered World Miles master card dan memang awalnya Standard Chartered memberikan gratis airport lounge.

Kebetulan saya cukup sering menggunakan Airport Lounge, termasuk Airport Lounge Concordia. Namun yang membuat saya kaget adalah adanya perubahan ketentuan mengenai penggunaan airport lounge di mana per Januari 2018 jika ingin menggunakaan akses airport lounge secara gratis, nasabah wajib melakukan transaksi sebesar 3 juta (sebelumnya tidak ada ketentuan minimum transaksi ini).

Informasi ini pun saya dapatkan ketika saya komplain ke call center Standard Chartered setelah saya menerima tagihan bulan Juni 2018 ini. Saya sebagai nasabah tidak pernah merasa menerima pemberitahuan ini via email atau pun SMS. Ketika CS yang saya hubungi pada bulan Juni tersebut saya tanya kapan diinformasikan via email, CS hanya ngotot menginfokan kalau hal tersebut sudah pernah diinformasikan melalui email.

Saya cek email Standard Chartered mulai dari bulan September 2017 sampai Juni 2018 pun tidak ada sama sekali pemberitahuan tersebut. CS bersikeras bahwa hal tersebut sudah pernah dipublikasikan ke nasabah dan CS hanya bisa mengira-ngira antara bulan Oktober, November, Desember 2017 atau Januari 2018. Sebagai informasi, CS Standard Chartered pun tidak bisa menginfokan email tersebut dipublikasikan ke nasabah tanggal berapa dengan alasan sudah lama diinfokan.

Karena saya tidak mau pusing, saya bayar tagihan tersebut. Bulan Juli 2018, saya mendapatkan tagihan lagi untuk penggunaan Airport Lounge Concordia Jakarta sebanyak 2 kali, di mana tanggal penagihannya 28 Juni 2018. Saya telepon kembali ke call center Standard Chartered dan CS menginfokan bahwa tagihan ini baru masuk di bulan Juli 2018 karena merchant terlambat memasukkan tagihan.

Setelah dicek oleh CS, ternyata penggunaan airport lounge tersebut malah sebelum saya menerima tagihan bulan Juni, yaitu tanggal 6 Mei dan tanggal sekian (saya lupa tanggal berapa). Betapa geramnya saya sebagai nasabah merasa dirugikan karena tidak ada pemberitahuan sama sekali mengenai hal ini. Bahkan saya cek email Standard Chartered satu persatu pun tidak ada.

Saya sangat kecewa dan akan saya bayar tagihan penggunaan airport lounge ini, setelah itu kartu kredit akan saya tutup. Terima kasih.

Teddy Su
Jl. Kalongan V/6, Surabaya
Kirimkan Surat Anda
Login atau Register terlebih dahulu untuk mengirim surat Anda. Lihat syarat dan ketentuan di sini.
Surat Pembaca
Lihat Semua
JNE
Proses Klaim Lama dan Tidak Ada Respon
Best Denki
Kecewa Layanan Best Denki AEON Mall Jakarta Garden City
Air Asia
Uang Tiket Tidak Dikembalikan
JD.ID
Kecewa Pelayanan yang Buruk
HONDA MOBIL
Kecewa dengan Proses Pengembalian Booking Fee
Tanggapan Lain
Lihat Semua
Bank BNI
Perbaikan Internet Banking BNI Tak Kunjung Selesai
JD.ID
Kecewa Pelayanan yang Buruk
OVO
CS OVO Tidak Solutif, Pelayanan Lambat dan Mengecewakan
Tiket.com
Refund Tidak Sesuai dengan yang Dijanjikan
BFI FINANCE
Sudah 2 Bulan Kontrak BFI Finance Belum Diterima