Surat Pembaca
Susi Air

Refund Memakan Waktu Satu Bulan

Kamis, 23 Agustus 2018 | 08:28 WIB

Saya membeli tiket Susi Air 2 Way (pulang pergi) dengan kartu kredit BRI tujuan Samarinda-Balikpapan-Samarinda keberangkatan tanggal 17 Agustus 2018 dan kepulangan tanggal 22 Agustus 2018. Kemudian tanggal 15 Agustus 2018 saya ditelepon bahwa penerbangan tanggal 17 cancel dengan alasan maintenance pesawat.

Saya tidak komplain banyak saat ditelepon dan hanya minta uang tiket dikembalikan. Kabarnya akan ditransfer setelah saya memberikan nomor rekening. Keesokan harinya dana ditransfer. Kemudian tanggal 22 saya tiba di Balikpapan. Saat saya baru mendarat dari Jakarta saya langsung menuju counter checkin Susi Air 2 jam sebelum keberangkatan BPP-SMD.

Saya menunggu sampai 50 menit sebelum jadwal keberangkatan tiket Susi Air, tapi saya tidak melihat adanya petugas. Lalu saya turun ke kantor Susi Air di airport Balikpapan, tidak ada petugas sama sekali dikonter tersebut, lalu saya menelepon call centre Balikpapan yang ada nomor kontaknya dikonter tersebut.

Saat saya telepon, dikabarkan bahwa penerbangan cancel. Sangat disayangkan penumpang tidak dikabarkan sama sekali. Kemudian saya telepon call centre di Jakarta untuk proses refund dan dikabarkan akan dikembalikan dalam empat minggu kedepan.

Mengapa Susi Air harus mengembalikan dana saya empat minggu ke depan? Sedangkan refund sebelumnya pihak Susi Air bisa langsung transfer ke saya satu hari setelah pihak Susi Air cancel penerbangan?

Saya merasa dirugikan baik waktu saya dan keadaan ekonomi saya dimana saya harus mengembalikan dana ke pihak kantor dengan dana pribadi saya terlebih dahulu sedangkan uang saya tertahan lama di Susi Air. Nominal tersebut nilainya sangat besar untuk keperluan saya sehari-hari dan keluarga kecil saya.

Ronald Chandra
Jl. A.Yani No.28, Sungai Pinang Dalam, Samarinda
Kirimkan Surat Anda
Login atau Register terlebih dahulu untuk mengirim surat Anda. Lihat syarat dan ketentuan di sini.
Surat Pembaca
Lihat Semua
Ninja Express
Paket via Ninja Express Tak Kunjung Datang
Rosewood Living Furniture
Kecewa dengan Rosewood Living
CBN
Kecewa! CBN Tidak Berkomitmen
JD.ID
Layanan Pengiriman dan Customer Service JD.ID Sangat Mengecewakan
Telkomsel
Kesalahan Aplikasi MyTelkomsel, Telkomsel Tidak Bertanggung Jawab
Tanggapan Lain
Lihat Semua
Grab, OVO, dan Mandiri
Pengalaman Buruk Mengisi Saldo OVO di Aplikasi Grab via ATM Mandiri
CIMB NIAGA
Sudah Berganti Tahun, Redeem Poin Xtra CIMB Niaga Belum Juga Terselesaikan
OVO
Kecewa dengan Pelayanan OVO
Bank Negara Indonesia (BNI)
Tarik Tunai Tidak Berhasil, Saldo Berkurang
Bank Danamon
Bank Danamon Tidak Profesional