Surat Pembaca
JD.ID

Manajemen Logistik dan Pelayanan Pelanggan JD.ID yang Mengerikan

Jumat, 28 Desember 2018 | 10:54 WIB

Saya memutuskan untuk membuat surat terbuka ini setelah merasakan bagaimana buruknya pelayanan pelanggan yang JD.ID berikan, terutama terkait manajemen logistik.

Pada 12 Desember 2018, saya melakukan pemesanan SONICGEAR Speaker Titan 5 BTMI - Black dengan Nomor Pesanan: 245614806. Menurut tracking, pesanan selesai disorting pada  12 Desember 2018 pukul 21:00 WIB. Jarak antara Distribution Central dengan kota tujuan cukup dekat, Jakarta-Yogyakarta. Dengan jarak sedekat itu, pesanan saya baru sampai di kota tujuan (belum dikirim ke alamat tujuan) pada 16 Desember 2018 Pukul 09:36 WIB. Sampai surat ini dibuat, Jumat, 28 Desember 2018, pesanan saya belum juga ada kejelasan sama sekali.

Saya sudah melakukan berbagai usaha. Saya sudah m engirim email keluhan yang ditujukan kepada customer service JD.ID, dan tidak ada tanggapan. Saya juga mengirim email keluhan yang ditujukan kepada customer service J-Express (layanan logistik dari JD.ID), juga tidak ada tanggapan. Saya pun menelpon customer service JD.ID, tetap tidak ada tanggapan. Kemudian dengan usaha lebih, saya menelpon customer service J-Express, dan akhirnya tersambung. Namun pihak J-Express sama sekali tidak memberikan solusi berarti.

Hal-hal yang membuat saya kecewa sebagai pelanggan ialah bahwa dalam situsnya, JD.ID menjanjikan bahwa estimasi pesanan sampai ditangan pelanggan berkisar antara 2 - 4 hari dari tanggal order. Namun ternyata, orderan saya baru dikirim ke kota tujuan (belum sampai ke penerima) 4 hari setelah tanggal order. Sampai surat ini dibuat, saya belum juga menerima pesanan tersebut. Jika dihitung sampai hari ini, 28 Desember 2018, sudah 16 hari pesanan tersebut tidak ada kejelasan sama sekali. Sangat berbeda dengan apa yang dijanjikan JD.ID di situsnya, bahwa estimasi pesanan sampai setelah 2 - 4 hari dari tanggal order. 

Selain itu, dalam menanggapi keluhan pelanggan, JD.ID sama sekali tidak menunjukkan keseriusan dalam memberikan pelayanan. Di satu sisi, JD.ID terus menerus memberikan informasi promo via media sosial. Disisi lain, sangat banyak pelanggan yang terkendala pengirimannya dan tidak diberi solusi apapun. Yang bisa customer service JD.ID berikan adalah nasihat untuk bersabar dan terus menunggu tanpa ada kejelasan.

Demikian surat terbuka ini dibuat, semoga menjadi pelajaran bagi JD.ID dan juga pelanggannya. Semoga pihak JD.ID segera menunjukkan itikad baiknya dengan solusi yang menyelesaikan masalah

Manaarul
Jl. Bimokurdo Gang Joyo No. 32A, Sapen, Yogyakarta
Kirimkan Surat Anda
Login atau Register terlebih dahulu untuk mengirim surat Anda. Lihat syarat dan ketentuan di sini.
Surat Pembaca
Lihat Semua
Tanggapan Lain
Lihat Semua
TRAVELOKA & CIMB NIAGA
Kecewa Dengan Pelayanan Traveloka dan CIMB
Lazada Indonesia
Saldo Ditahan dan Toko Ditutup oleh Lazada
Lazada Indonesia
Kecewa Akun Seller Center Lazada Dibatasi, Dikenakan Pelanggaran dan Banding Ditolak
Panin Dai-Ichi Life
Lamanya Proses Klaim Asuransi Kematian Panin Dai-Ichi Life
First Media
Sulitnya Proses Berhenti Layanan Televisi First Media