Surat Pembaca
Tokopedia

Tidak Bertanggung Jawab Terhadap Perlindungan Konsumen

Jumat, 18 Januari 2019 | 15:43 WIB

Sabtu, 14 Juli 2018 saya membeli logam mulia 50 gram seharga Rp25.300.800,-. Pengiriman dilakukan di hari yang sama melalui JNE. Keesokan harinya pukul 16:40, saya menerima email dari Tokopedia bahwa pesanan sudah terkonfirmasi selesai padahal barang belum sampai ke rumah saya. Saya segera telepon Tokopedia, namun tidak ada jawaban sama sekali.

Kemudian, saya mengirimkan pesan ke layanan bantuan Tokopedia pada pukul 16:47 untuk meminta supaya dana ditahan, namun mereka menyalahkan kesalahan terjadi di pihak saya. Mereka menuduh saya yang mengklik tombol konfirmasi itu sendiri. Karena tidak puas dengan respon Tokopedia, pada hari Senin (16 Juli) saya pergi ke Tokopedia Tower untuk meminta pertanggungjawaban mereka secara langsung.

Saya dipertemukan dengan Customer Service Ibu Kinanti dan Bapak Sigid Jatmiko selaku Fraud Prevention Specialist Tokopedia. Mereka menyatakan akun penipu sudah diblokir namun tidak menjanjikan uang saya kembali karena tanggal 15 Juli pukul 16:42, uang sudah ditarik dari akun Tokopedia ke nomor rekening penipu.

Tokopedia tidak mau bertanggung jawab terhadap kerugian yang dialami karena sudah tidak ada saldo di akun Tokopedia penipu dan menurut sistem mereka transaksi sudah selesai. Saya tidak memberikan password kepada orang lain sehingga mereka tidak bisa mendapatkan akses ke akun saya.

Setelah itu, saya langsung ke Polda Metro Jaya untuk membuat laporan polisi dan laporan tersebut langsung saya scan ke pihak Tokopedia agar rekening bank penipu bisa diajukan proses pengajuan pemblokiran. Sore harinya datang paket dari JNE dengan nomor resi 140120025806018.

Paket tersebut dibuka hari Selasa, 17 Juli di Tokopedia Tower. Disaksikan oleh Bapak Sigid dan ternyata berisi obat yang tidak jelas asalnya. Sampai saat ini, belum ada pertanggungjawaban apapun dari Tokopedia.

Tokopedia tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang dialami pembeli, dengan bersikeras beralasan bahwa saya memberikan password kepada penipu dan tidak mengakui kelemahan pada sistem keamanannya. Padahal jika melakukan log in di device yang berbeda, Tokopedia akan meminta verifikasi one-time password (OTP) berupa SMS.

Dalam hal ini, si penipu berhasil mengakses akun saya tanpa menggunakan OTP karena saya tidak mendapatkan SMS OTP dari Tokopedia selama tanggal 14 dan 15 Juli. Tokopedia tidak mau memberikan data identitas penipu seperti nama, alamat, dan nomor rekening untuk kepentingan investigasi padahal sudah ada surat laporan polisi. 

Jason Santoso
Jalan K.H.M Mansyur 164C, Jakarta Barat
Kirimkan Surat Anda
Login atau Register terlebih dahulu untuk mengirim surat Anda. Lihat syarat dan ketentuan di sini.
Surat Pembaca
Lihat Semua
Tanggapan Lain
Lihat Semua
TRAVELOKA & CIMB NIAGA
Kecewa Dengan Pelayanan Traveloka dan CIMB
Lazada Indonesia
Saldo Ditahan dan Toko Ditutup oleh Lazada
Lazada Indonesia
Kecewa Akun Seller Center Lazada Dibatasi, Dikenakan Pelanggaran dan Banding Ditolak
Panin Dai-Ichi Life
Lamanya Proses Klaim Asuransi Kematian Panin Dai-Ichi Life
First Media
Sulitnya Proses Berhenti Layanan Televisi First Media