Surat Pembaca
JD.ID

Refund Dari JD.ID Tidak Sesuai dengan Jumlah Seharusnya

Senin, 11 Februari 2019 | 13:40 WIB

Pada tanggal 9 Januari 2019, saya melakukan pembelian produk di JD.ID dengan nomor pesanan 249333694. Sebagian pembayarannya saya lakukan menggunakan saldo Go-Pay dan sebagian yang lain menggunakan voucher yang saya beli dengan harga penuh. Pesanan saya dibatalkan oleh sistem pada tanggal 16 Januari 2019. Akan tetapi, dana refund kurang dari total biaya yang saya bayarkan di awal. Total biaya yang saya bayar adalah sebesar Rp157.000 sedangkan dana refund hanya sebesar Rp21.100. Hal itu disebabkan karena sebagian biaya dibayarkan menggunakan voucher. Padahal, voucher tersebut bukan hadiah, melainkan saya membelinya sendiri. Voucher tersebut senilai Rp135.900.

Saya melaporkan hal tersebut pada tanggal 22 Januari 2019 melalui telepon dan customer service JD.ID. pihak JD.ID menyatakan bahwa voucher yang hilang akan segera diganti dalam waktu 5x24 jam. Karena tidak ada kejelasan, saya kembali menghubungi call center JD.ID pada 1 Februari 2019. Pihak JD.ID menjanjikan akan segera mengirimkan voucher pengganti dalam waktu 2x24 jam. Akan tetapi, tidak ada kejelasan lagi.

Saya kembali mengajukan komplain melalui Twitter pada tanggal 3 Februari 2019 kemudian diminta untuk menunggu selama 2x24 jam. Saya mengikuti saran tersebut. Tetapi, tetap tidak ada kejelasan dan voucher pengganti tidak juga dikirimkan. Saya berharap dengan adanya surat pembaca ini, JD.ID bisa segera menyelesaikan persoalan ini.

Bimadanta
Jl. Menteri Supeno I No. 3, Mugasari, Semarang
PT Jingdong Indonesia Pertama

Refund Dari JD.ID Tidak Sesuai dengan Jumlah Seharusnya

Senin, 18 Februari 2019 | 10:27 WIB

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan pada kami oleh Bapak Bimadanta pada 11 Februari 2019 di halaman ini, kami dari JD.ID telah menghubungi konsumen untuk menjelaskan kondisi yang sebenarnya.

Kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyaman yang dialami. Perlu kami informasikan bahwa terdapat kesalahan pada sistem yang mengakibatkan pembelian pesanan konsumen tidak dapat terkonfirmasi. Kami tetap bertanggung jawab agar refund dapat diproses sesegera mungkin, dan saat ini refund voucher pengganti telah diproses pada 15 Februari 2019. Konsumen juga telah kami hubungi kembali untuk mengonfirmasi bahwa semua refund-nya telah diterima. Dengan demikian permasalahan ini dianggap selesai.

Kami ucapkan terima kasih atas perhatiannya. JD.ID selalu berkomitmen menghadirkan pengalaman berbelanja daring yang menyenangkan dan memberikan layanan prima kepada para pelanggan JD.ID di seluruh Indonesia.

Terima kasih.

Iwan Arigayota - Head of Customer Service
RDTX Tower, Kuningan Timur, South Jakarta, 12950
Surat Pembaca
Lihat Semua
XL Prioritas
Fasilitas yang Diterima Tidak Sesuai dengan Fasilitas yang Ditawarkan
Bank CIMB Niaga
Kecewa dengan Pelayanan CIMB Niaga
PT Bank DBS Indonesia
Kecewa Pembukaan Rekening
JNE
Layanan YES Tidak Sehari Sampai
Bukalapak
Barang Dagangan Mendadak Diblokir
Tanggapan Lain
Lihat Semua
JNE
Layanan YES Tidak Sehari Sampai
OVO
Transfer Antar OVO Gagal
Bukalapak
Pembayaran Tidak Dikonfirmasi Bukalapak
JD.ID
Status Pesanan Gantung, Mohon Solusinya
XL Axiata
Pulsa XL Terpotong Karena Iklan RBT yang Tidak Pernah Diikuti