Surat Pembaca
PT Global Pay Indonesia / Aplikasi Cashbac

Aplikasi Cashbac Tidak Dapat Digunakan Akibat Kelalaian Manusia

Jumat, 31 Juli 2020 | 13:02 WIB

Pada 30 Juli 2020, saya berbelanja di Alfamart Permai 3, Pamulang. Saya mengalami masalah saat aplikasi Cashbac tidak bekerja dan gagal diproses oleh sistem kasir Alfamart meski telah dicoba empat kali. Keterangan yang muncul adalah kode referal dan data tidak sesuai. Padahal, aplikasi Cashbac saya aktif dengan saldo dana loyalitas sebesar Rp284.925,-.

Atas kegagalan proses transaksi ini, saya tidak berhasil memanfaatkan dana cashbac yang telah dikumpulkan dari program loyalitas, dan terpaksa menggunakan metode pembayaran non-tunai lain.

Pada 30 Juli 2020 saya mengirimkan e-mail keluhan ke support@cashbac.com dan menghubungi via telepon terus menerus selama dua hari. Keluhan saya diterima oleh customer service atas nama Dewi, Dolfi dan Boas yang hanya menerima, mencatat, dan memberikan jawaban berulang.

Akhirnya saya menerima jawaban melalui e-mail, bahwa adanya kelalaian manusia pada proses transaksi saya. Mereka menginformasikan terdapat kekeliruan dari pihak kasir Alfamart yang salah menginput kode barcode pada POS sehingga pembelanjaan tersebut tidak berhasil. Customer service tersebut menambahkan, tidak ada kendala di merchant tersebut dan saat ini bisa digunakan.

Penjelasan ini menegaskan masalah ada pada kasir yang tidak memahami apa yang harus dilakukan saat melakukan proses pembayaran melalui aplikasi Cashbac.

Kemudian saya diinformasikan pada 31 Juli 2020, bahwa ada kunjungan lapangan pada tanggal 30 Juli 2020 sekitar pukul 14.00 WIB.

Masalah lain terjadi saat saya bertransaksi di toko kue Domino Cakes Ciputat pada 16 Juli 2020. Karyawan Domino Cakes menjelaskan, pihak pengelola Cashbac tidak lagi datang, dan melakukan pemeliharaan atau pelatihan. Sehingga saya sebagai konsumen harus membantu mengoperasikan langkah demi langkah proses transaksi.

Saya ingin menggaribawahi bahwa sudah merupakan kewajiban penyedia aplikasi untuk melakukan training atau sosialisasi. Karena penyedia diduga tidak cukup memberikan sosialisasi, dampaknya adalah pada konsumen.

Dalam kesempatan ini saya mehohon pengertian dari Cashbac sebagai pemulihan atas pengalaman buruk yang saya alami saat bertransaksi. (VEN)

Anggana
Tangerang Selatan, Banten
Kirimkan Surat Anda
Login atau Register terlebih dahulu untuk mengirim surat Anda. Lihat syarat dan ketentuan di sini.
Surat Pembaca
Lihat Semua
Tanggapan Lain
Lihat Semua
TRAVELOKA & CIMB NIAGA
Kecewa Dengan Pelayanan Traveloka dan CIMB
Lazada Indonesia
Saldo Ditahan dan Toko Ditutup oleh Lazada
Lazada Indonesia
Kecewa Akun Seller Center Lazada Dibatasi, Dikenakan Pelanggaran dan Banding Ditolak
Panin Dai-Ichi Life
Lamanya Proses Klaim Asuransi Kematian Panin Dai-Ichi Life
First Media
Sulitnya Proses Berhenti Layanan Televisi First Media