Surat Pembaca
BNI Syariah Cabang Bogor

Angka Pelunasan Dipercepat KPR Griya iB Hasanah BNI Syariah Bogor Tidak Sesuai Informasi Awal

Rabu, 9 September 2020 | 08:12 WIB

Saya nasabah Griya iB Hasanah BNI Syariah cabang Pajajaran Bogor. Pada 2015, saya mengajukan KPR rumah pertama. Ketika membandingkan tawaran KPR dari satu bank dengan bank lainnya, saya selalu meminta skema detil mengenai pelunasan dipercepat.

Saya memilih BNI Syariah karena dijanjikan beberapa hal berikut :
1. Pelunasan dipercepat tanpa pinalti. Bank akan memberikan diskon (muqasah) sehingga sisa outstanding sebesar nilai pokok ditambah maksimal 3x margin.
2. Menawarkan skema sliding tanpa menyebutkan persyaratan/ketentuan tambahan. Untuk meyakinkan, BNI Syariah memberikan tabel perhitungan skema sliding yang berisi rincian margin dan pokok dari bulan ke 1 sampai ke 180 dalam format excel berjudul “simulasi fleksibel (new).xls”. Sehingga saya mendapatkan gambaran jumlah sisa pelunasan.

Pada 2018, kami mengajukan pelunasan dipercepat, namun BNI Syariah mensyaratkan 5 (lima) tahun baru dapat dilunasi. Pada 2020 saya terkena PHK sebagai efek pandemi Covid 19. Tanpa kepastian penghasilan tetap, saya berniat menyelesaikan pelunasan dipercepat di BNI Syariah. Namun, alangkah kagetnya saya ketika BNI Syariah memberikan angka pelunasan jauh lebih tinggi dari yang dijanjikan.

Proses negosiasi terus saya upayakan dengan membuat surat permohonan diskon muqasah bermaterai, maupun bertemu pihak bank meski tanpa hasil memuaskan. Proses pelunasan dipercepat di BNI Syariah rasanya jadi berbelit-belit dan begitu melelahkan.

Kami memilih Griya iB Hasanah BNI Syariah karena percaya bahwa prinsip syariah menawarkan keadilan dan ketentraman bagi nasabah. Saya mohon BNI Syariah Pusat dan pimpinan cabang Bogor yang dikepalai Bapak Ichsan Mahyudi sebagai Branch Manager dapat menengahi masalah ini. Terima kasih. (IRA)

Hastomi
Jalan Beo, Tanah Sareal, Bogor
BNI Syariah

Angka Pelunasan Dipercepat KPR Griya iB Hasanah BNI Syariah Bogor Tidak Sesuai Informasi Awal

Senin, 12 Oktober 2020 | 20:56 WIB

Sehubungan dengan surat pembaca berjudul, “Angka Pelunasan Dipercepat KPR Griya iB Hasanah BNI Syariah Bogor Tidak Sesuai Informasi Awal”, kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami oleh Bapak Hastomi.

Keluhan tersebut sudah kami tindaklanjuti.

BNI Syariah sudah berkomunikasi dengan nasabah pada 10 September 2020 dan menjelaskan mengenai kebijakan pembiayaan BNI Syariah sesuai dengan perjanjian akad pembiayaan yang disepakati antara kedua belah pihak.

Hal ini menjadi masukan yang berharga bagi BNI Syariah untuk terus meningkatkan layanan kepada nasabah.

Apabila nasabah memerlukan penjelasan tambahan, kami mohon kesediaan nasabah untuk datang ke outlet BNI Syariah terdekat.

Demikian kami sampaikan, terima kasih telah menggunakan produk perbankan syariah BNI Syariah. Semoga semakin berkah dan hasanah. (DND)  

Bambang Sutrisno - Pemimpin Divisi Kesekretariatan dan Komunikasi
Gedung Tempo, Kuningan, Jakarta Selatan
Kirimkan Surat Anda
Login atau Register terlebih dahulu untuk mengirim surat Anda. Lihat syarat dan ketentuan di sini.
Surat Pembaca
Lihat Semua
Tanggapan Lain
Lihat Semua
TRAVELOKA & CIMB NIAGA
Kecewa Dengan Pelayanan Traveloka dan CIMB
Lazada Indonesia
Saldo Ditahan dan Toko Ditutup oleh Lazada
Lazada Indonesia
Kecewa Akun Seller Center Lazada Dibatasi, Dikenakan Pelanggaran dan Banding Ditolak
Panin Dai-Ichi Life
Lamanya Proses Klaim Asuransi Kematian Panin Dai-Ichi Life
First Media
Sulitnya Proses Berhenti Layanan Televisi First Media