Surat Pembaca
Bukalapak

Belanja di Bukalapak, Barang Belum Tiba Uang Sudah Diteruskan ke Pelapak

Senin, 5 Oktober 2020 | 23:25 WIB

Saya adalah pelanggan setia Bukalapak. Kali ini saya merasa kecewa dan dirugikan secara materi. Ditambah lagi respon admin seakan melempar kesalahan kepada saya sebagai pembeli.

Jumat, 18 September 2020, saya melakukan order barang dengan nomor transaksi 202949132261. Proses pembayaran melalui transfer m-banking. Senin, 21 September 2020, transaksi baru diproses pelapak.

Kamis, 1 Oktober 2020, barang sampai ke saya. Namun, tercantum di paket bahwa pembayaran menggunakan cash on delivery (COD). Artinya saya harus membayar harga barang dan ongkos kirimnya.

Tentu saja saya tidak terima, karena saya sudah melakukan pembayaran di Bukalapak. Selain itu, harga yang tercantum di paket dua kali lipat dari harga di Bukalapak.

Hari itu juga saya klik “komplain barang” di sistem Bukalapak. Paket saya tolak, lalu dibawa kembali oleh pihak ekspedisi JNE.

Saya juga konfirmasi ke pelapak, apakah barang itu dari pelapak?

Jumat, 2 Oktober 2020, pelapak memberikan jawaban bahwa, barang tersebut bukan dari pelapak. Saya masih berpikir positif dan maklum dengan kekeliruan yang terjadi.

Namun, Sabtu, 3 Oktober 2020, saat saya melakukan pengecekan chat "komplain barang" Bukalapak, ternyata transaksi telah selesai dan uang telah diteruskan ke pelapak.

Saya kaget, karena masalah belum selesai tapi transaksi sudah dianggap selesai. Padahal biasanya uang baru akan diteruskan ke pelapak, jika komplain sudah ditutup.

Saya juga merasa kecewa dengan admin Bukalapak, karena di akhir respon menjawab bahwa kesalahan di pihak pembeli karena mengklik terima barang pada 1 Oktober 2020.

Padahal saya mengeklik tombol "komplain barang". Buktinya saya terhubung di komplain itu dan masih berlangsung.

Berkali-kali saya telepon Customer Care Bukalapak. Pulsa saya habis banyak untuk tahu kejelasan solusi dari masalah ini, dan customer care hanya bilang, akan diteruskan ke bagian terkait.

Selain itu customer care mengatakan bahwa, saya kan di telepon pada hari Senin jam 12.00. Namun, sampai saat ini tidak ada konfirmasi apapun ke saya.

Masalahnya bukan hanya uang, tapi saya juga kecewa disalahkan terkait klik terima barang. Padahal chat komplain itu sendiri masih terbuka, dan saya klik "komplain barang" dan bukan terima barang. (IRA)

Maman
Komplek Serpong Lagoon, Tangerang
Kirimkan Surat Anda
Login atau Register terlebih dahulu untuk mengirim surat Anda. Lihat syarat dan ketentuan di sini.
Surat Pembaca
Lihat Semua
Tanggapan Lain
Lihat Semua
TRAVELOKA & CIMB NIAGA
Kecewa Dengan Pelayanan Traveloka dan CIMB
Lazada Indonesia
Saldo Ditahan dan Toko Ditutup oleh Lazada
Lazada Indonesia
Kecewa Akun Seller Center Lazada Dibatasi, Dikenakan Pelanggaran dan Banding Ditolak
Panin Dai-Ichi Life
Lamanya Proses Klaim Asuransi Kematian Panin Dai-Ichi Life
First Media
Sulitnya Proses Berhenti Layanan Televisi First Media