Surat Pembaca
Shopee dan SiCepat

Keterangan Barang Diterima di Teras, Namun Kemudian Barang Dinyatakan Hilang

Sabtu, 6 Februari 2021 | 14:53 WIB

Akhir Desember lalu, saya memesan piyama di Shopee untuk hadiah ulang tahun adik saya. Saya memilih SiCepat untuk jasa ekspedisi. Penjual sudah mengirimkan barang dan menurut data pengiriman barang akan sampai pada 30 Desember.

Namun, barang tidak kunjung datang. Karena pergantian tahun dan sudah ada pemberitahuan bahwa tidak ada pengiriman pada 30 Desember-1 Januari, saya pun tidak cemas. Saya masih menunggu.

Saat saya cek lagi beberapa hari kemudian, barang sudah dikirim SiCepat dan sudah diterima oleh Teras.

Saya tanyakan kepada keluarga di rumah, tetapi tidak ada yang menerima dan di teras tidak ada. Hari itu juga, saya menghubungi pihak Shopee dan diminta untuk menghubungi SiCepat.

SiCepat mengatakan sudah menerima di teras dan menaruhnya di atas kursi. Sayangnya di teras saya tidak ada kursi sama sekali, hanya meja saja. Saya tahu barang dikirimkan ke alamat yang salah.

Saya jelaskan bahwa tidak ada kursi di teras rumah dan SiCepat mengatakan akan melakukan investigasi untuk dua hari ke depan. Saya tunggu, namun tidak ada kabar. Hari ketiga setelah pelaporan, saya hubungi lagi. Katanya masih proses investigasi dan diminta menunggu lagi untuk waktu yang tidak bisa ditentukan.

Tiap saya chat call center atau telepon untuk mengetahui update selalu dikatakan masih dalam tahap investigasi. Akhirnya, tanggal 10 Januari, saya dapat chat via WA, katanya barang dinyatakan hilang dan saya akan dapat penggantian.

Saya tunggu updatenya lagi, tetapi tidak ada. Saya pun menghubungi SiCepat pada 12 Januari. Katanya butuh 14 hari kerja. Saya tanya prosesnya seperti apa, SiCepat mengatakan bahwa itu proses internal SiCepat dan Shopee sehingga saya tidak tahu kejelasannya seperti apa.

Saya tunggu selama lebih dari 14 hari kerja dan tidak ada kabar apapun. Karena sudah satu bulan lebih dari laporan pertama saya, saya pun berinisiatif menghubungi pihak SiCepat pada 6 Februari.

Kata mereka sudah ada penggantian ke Shopee sebesar pembelanjaan saya pada 21-22 Januari (yang saya tidak tahu karena tidak pernah dikabari). Saya pun diminta untuk menghubungi Shopee.

Saya hubungi Shopee dan mereka menyatakan belum menerima dan mendapat bukti transfer. Kejadian terus berulang, dari SiCepat ke Shopee dan begitu seterusnya.

Hingga saat ini, saya tidak menerima barang belanja dan tidak menerima penggantian apapun. Saya juga tidak tahu mana pihak yang benar karena dilempar ke sana sini untuk minta penggantian yang merupakan hak saya sebagai pembeli dan konsumen yang dirugikan. (DND)

Esther Natasia
Taman Osaka, Tangerang
Kirimkan Surat Anda
Login atau Register terlebih dahulu untuk mengirim surat Anda. Lihat syarat dan ketentuan di sini.
Surat Pembaca
Lihat Semua
XL Axiata dan AXIS
Klaim Bundling e-SIM AXIS Untuk Samsung Galaxy A55 5G yang Sangat Membingungkan
Permata Bank
Kekecewaan Pada Permata Bank Dalam Melayani Sanggahan Transaksi Nasabah
J&T Cargo
Sudah Dua Puluh Lima Hari, Paket J&T Cargo Belum Juga Sampai
Shopee Indonesia dan JNE
Barang Dinyatakan Hilang, Shopee dan JNE Lepas Tangan
Bank Mandiri cab. Thamrin Jakarta Pusat
Lamanya Mencairkan Dana di Rekening Nasabah Bank Mandiri yang Sudah Meninggal
Tanggapan Lain
Lihat Semua
TRAVELOKA & CIMB NIAGA
Kecewa Dengan Pelayanan Traveloka dan CIMB
Lazada Indonesia
Saldo Ditahan dan Toko Ditutup oleh Lazada
Lazada Indonesia
Kecewa Akun Seller Center Lazada Dibatasi, Dikenakan Pelanggaran dan Banding Ditolak
Panin Dai-Ichi Life
Lamanya Proses Klaim Asuransi Kematian Panin Dai-Ichi Life
First Media
Sulitnya Proses Berhenti Layanan Televisi First Media